Selasa, 18 Oktober 2016

Jangan Mudah Stress! Berikut Cara Asyik Menikmati Bisnis di Rumah

Perkembangan dunia bisnis nampaknya sudah mencapai titik di mana siapapun dan di mana pun dia bertempat tinggal, orang bisa membuka bisnis di rumah. Ada yang menjalankan bisnis di dunia nyata (offline) ada pula yang mengandalkan jempol untuk meraup keuntungan usaha (online).

Bisnis Di Rumah
Baik yang offline maupun online, yang namanya bisnis di rumah pastinya akan lebih mudah dan leluasa. Kamu tidak perlu keluar rumah, paling banter hanya keluar ke pasar untuk kulakan, seringan ada sales yang bisa ke rumah, atau kirim barang lewat jasa ekspedisi ya? Atau antar paket ke ekspedisi (bisnis online). Namun, jika pengelolaan bisnis di rumah ini tidak baik, maka yang terjadi kamu malah nggak bisa enjoy.

Mulai dari mencari barang, produksi, memasarkan, packing, kirim barang, kirim resi ke customer, dan mengelola uang hasil usaha semuanya membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Rutinitas bisnis yang melelahkan akan berlipat ganda jika kamu tidak punya asisten atau admin, atau jika kamu adalah ibu rumah tangga kamu memiliki bayi yang harus di urus. Dobel deh, lelahnya!

Baca Juga : 15 Tanda Bahwa Kamu Sudah Siap Untuk Memulai Usaha Sendiri

Nah, supaya kehidupanmu tetap seimbang, mulailah untuk mengatur ulang bisnismu agar tidak bikin stress. Izwie akan kasih tips tentang mengelola bisnis di rumah yang menyenangkan dan tetap menghasilkan. Kali ini Izwie akan fokus ke bisnis online karena bisnis online ini lagi banyak digandrungi orang karena kemudahannya. Selamat membaca!

Niatkanlah untuk Bersenang-senang Sambil Cari Uang

Tetapkan niat bahwa kamu berbisnis di rumah adalah untuk memberikan manfaat kepada banyak orang, dan konsekuensinya adalah kamu dapat penghasilan. Jika kamu sudah mulai tidak enjoy, maka segera perbaiki niatmu. Jangan sampai kamu menderita, uang pun tak dapat!

Baca Juga : 30 Hal Yang Hanya Pengusaha Yang Akan Mengerti

Jika Memungkinkan, Hindari Produksi!

Bagian produksi itu menyita waktu, tenaga, dan modal. Jika kamu berbisnis sampingan di rumah, usahakan untuk memilih jalur pemasaran daripada memproduksi suatu barang. Kecuali bisnis yang kamu geluti memang sesuai keahlianmu yakni memproduksi sesuatu misalnya kerajinan tangan.

Perhatikan Skala Bisnismu

Skala Bisnis
Bisnis online yang besar tentu membutuhkan curahan perhatian yang besar pula. Jika kamu cukup kewalahan menangani pesanan, kamu bisa memikirkan untuk menggaji asisten atau admin untuk membantumu. Jangan sampai kamu terlalu sibuk mengurus masalah teknis sehingga waktu untuk keluarga jadi minim.

Tentukan SOP dan Jam Kerja Online Shop-mu

Setiap online shop harus memiliki SOP untuk memudahkan transaksi dan pengelolaan usaha. Jika kamu termasuk toko semi online, tentunya kamu tidak bisa melayani pelanggan 24/7. Semua bisa kamu atur dengan menetapkan jam kerja, format order, sistem pembayaran, dll. Jadi, tidak ada ceritanya kamu balas BBM pelanggan jam 12 malam jika kamu buka toko online jam 08.00-17.00.

Baca Juga : 7 Modal Utama Yang Harus Kamu Ketahui Ketika Ingin Menjadi Pengusaha Sukses

Belajar Tentang Bisnis Online Penting, Tapi Jangan Over Dosis!

Fenomena yang terjadi sekarang ini adalah banyak yang menawarkan ilmu berbisnis yang hebat-hebat. Namun, prakteknya nggak ada. Boleh-boleh saja kamu meng-upgrade kemampuan berbisnismu, namun fokus mengelola bisnis tentunya tidak boleh teralih dengan kesibukanmu mempelajari semua ilmu jualan online yang banyak bertebaran di internet. Kalau gagal, bisa stress. Mendingan kamu ambil dua atau tiga lmu dan terapkan dengan sungguh-sungguh. Setelah berhasil, baru beranjak ke yang lain. Okey?

Baca Juga : 8 Cara Menjaring Ide Bisnis Bagi Kamu yang Sama Sekali Tak Tahu Cara Memulainya

Nah, itulah beberapa cara agar kamu semakin enjoy dalam berbisnis di rumah. Kembali ke poin satu, tujuan kita bukanlah mempersulit diri, namun membahagiakan diri dengan aktivitas yag kita jalani. Jika ada untung rugi, semuanya adalah bonus. Selamat berbisnis!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: