Minggu, 28 Agustus 2016

Konsumsi 11 Makanan Ini Secara Seimbang, Niscaya Jantungmu Akan Lebih Sehat

Saat ini tidak dipungkiri banyak penyakit mematikan yang menghantui kita. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari gaya hidup, hingga asupan makanan yang kita konsumsi. Semua itu akan berdampak pada kesehatan tubuh kita.

Salah satu penyakit yang ditakuti oleh banyak orang adalah penyakit jantung. Pola hidup yang tidak sehat menjadi penyebab utama serangan jantung. Tidak hanya pada orang yang sudah lanjut usia, penyakit ini juga siap menyerang siapa saja yang pola hidupnya memicu resiko penykit jantung.

Kita dapat melakukan upaya untuk menghambat resiko penyakit jantung dengan cara memperbaiki pola hidup kita menjadi pola hidup yang sehat. Batasi konsumsi makanan yang memicu penyakit jantung seperti makanan cepat saji dan makanan berkolesterol tinggi. Diet garam juga harus kita lakukan jika ingin jantung kita lebih sehat.

Berikut ini Izwie akan sajikan ulasan mengenai makanan yang harus kita konsumsi secara seimbang agar jantung kita lebih sehat. Makanan yang sehat untuk jantung umumnya kaya akan fitonutrien dan anti oksidan. Selamat menyimak!

Biji-bijian Utuh

Makanan Sehat
Mengonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, jagung serta beras merah akan membuat jantungmu lebih sehat karena makanan ini mengandung serat, protein, antioksidan, vitamin B serta mineral. Penuhi kebutuhan karbohidratmu dengan biji-bijian utuh ketimbang makan beras putih (nasi).

Kacang Merah

Kacang-kacangan memang baik untuk kesehatan jantung. Lemak nabatinya dapat melawan kolesterol jahat yang membahayakan jantung. Campurlah kacang merah pada masakanmu sehari-hari, untuk mendapatkan manfaat baiknya.

Kacang Almond

Vitamin B2, vitamin E, magnesium dan zinc adalah kandungan kacang almond yang dapat menyehatkan jantungmu. Konsumsilah beberapa gram almond sebagai cemilan atau campuran oatmeal untuk sarapan pagimu. Ini lebih sehat daripada ngemil keripik kentang.

Bawang Putih

Membatasi asupan garam adalah hal yang wajib dilakukan agar tekanan darah menjadi stabil. Gunakan bawang putih untuk memberi rasa gurih pada masakan sehingga kamu bisa mengurangi penggunaan garam.

Buah Apel

Seperti yang kita ketahui, mengonsumsi sebuah apel per hari dapat menjadi “dokter” alami bagi tubuh kita. Karena apel mengandung banyak vitamin dan serat yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan kadar gula sehingga baik sekali untuk kesehatan jantung.

Buah Anggur

Hampir sama dengan apel, mengonsumsi anggur juga bisa menyehatkan pembuluh darah agar tidak tersumbat, sehingga baik untuk jantung kita.

Buah Berry

Blueberry
Mengonsumsi blueberry, blackberry, strawberry dan raspberry yang kaya akan serat dan antioksidan baik untuk mengurang resiko serangan jantung.

Kubis

Perbanyaklah konsumsi kubis sehari-hari karena sayuran ini mengandung fitonutrien dan vitamin yang baik untuk jantungmu.

Teh Hijau

Penelitian di jepang menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dpat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Teh hijau dikenal mengandung antioksidan yang tinggi. Namun, imbangilah dengan konsumsi air putih supaya tidak membebani ginjal.

Ikan Laut

Ikan laut terkenal megandung berbagai macam vitamin, asam lemak omega 3, dan kaya akan protein. Konsumsi ikan laut untuk lauk sehari-hari akan menormalkan tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Brokoli dan Sayuran Berdaun Hijau Lainnya

Kandungan utama brokoli adalah vitmin B dan asam folat yang berfungsi sebagai penutun kecemasan. Hal ni sangat baik untuk jantung karena kecemasan dan stress juga kerapkali menjaid pemicu serangan jantung. Jangan lupa konsumsi juga sayuran berdaun hijau lain untuk memperbaiki mood.

Nah, itulah 11 makanan yang akan menurunkan resiko penyakit jantung. Semoga bermanfaat!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: