Jumat, 12 Agustus 2016

Jangan Remehkan! Inilah 9 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari yang Perlu Kamu Ketahui

Buat kamu yang ingin memiliki sebuah kebiasaan sederhana yang bisa membuatmu lebih sehat, bugar, dan energik. Jalan kaki di pagi hari secara rutin adalah jawabannya. Olahraga yang murah meriah dan bisa dilakukan siapa saja tanpa memandang jenis kelamin dan usia ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Banyak yang menyangka bahwa memiliki tubuh yang sehat harus mengeluarkan banyak biaya, perlu banyak usaha, waktu dan tenaga, serta sulit untuk dilakukan. Nyatanya, jika kamu mau secara rutin meluangkan waktu di pagi hari selama 30-60 menit saja, kamu akan mendapatkan manfaat yang setara dengan olahraga yang mahal.

Ya, butuh sedikit usaha untuk rutin bangun lebih pagi, menyiapkan beberapa peralatan untuk jalan kaki seperti baju olahraga, sepatu jogging, handuk, minuman dan timer. Jika kamu melakukannya dengan sukacita, maka tidak akan ada banyak kendala kecuali kamu benar-benar malas dan banyak alasan untuk melakukannya. Jika dibandingkan dengan manfaat yang akan kamu dapatkan, niscaya kamu akan lebih semangat saat melakukan olahraga rutin jalan kaki di pagi hari.

Nah, jika kamu penasaran apa saja manfaat berjalan kaki di pagi hari secara rutin, kamu bisa menyimak ulasannya dalam artikel berikut ini.

1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari yang Perlu Kamu Ketahui
Peredaran darah yang tidak lancar dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit. Dengan melakukan olahraga jalan kaki, peredaran darahmu akan menjadi lancar berkat meningkatnya aktivitas detak jantung, serta menghirup udara yang kaya akan oksigen di pagi hari sangatlah baik bagi paru-paru dan tubuhmu.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ yang sangat penting untuk kehidupan kita. Ia harus dirawat dengan baik, dijaga kesehatannya agar bisa berfungsi dengan normal. Jalan kaki di pagi hari dapat melancarkan kinerja jantung sehingga jantung Anda lebih sehat dan optimal dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

3. Melatih Kekuatan Otot

Saat kamu berjalan kaki, otot paha, pantat, dan pinggul akan terlatih dengan sendirinya. Berjalan kaki secara teratur dapat menjadi latihan yang baik untuk mendapatkan otot dan persendian yang kuat.

4. Menurunkan Berat Badan, Cocok untuk Kamu yang Sedang Diet

Jika kamu termasuk orang yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas), maka kamu butuh latihan rutin berjalan kaki untuk membakar kalori. Dengan berjalan kaki secara rutin, kamu bisa terhindar dari efek samping obesitas dan berbagai penyakit kronis yang bisa saja sewaktu-waktu menyerang.

5. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit pengeroposan tulang. Selain memenuhi bisa ditanggulangi dengan memenuhi kebutuhan kalsium, osteoporosis bisa dicegah dengan cara melakukan gerakan seribu langkah per hari dan mendapat paparan sinar matahari pagi selama kurang lebih 15 menit. Hal itu akan mendukung tulangmu agar tidak terserang penyakit osteoporosis.

6. Membuat Paru-paru Bersih dan Sehat

Udara di pagi hari sangat bersih dan sehat untuk dihirup, sehingga dapat membersihkan paru-paru dari polusi yang terhirup sepanjang hari.

7. Mengurangi Kadar Kolesterol

Saat ini, penyakit kolesterol banyak diderita oleh masyarakat karena pola makan dan pola hidup yang tidak seimbang. Banyak mengkonsumsi gorengan, dan makanan dengan kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat membuat badan kita sakit. Oleh karena itu, netralkan dengan olahraga ringan jalan kaki di pagi hari.

8. Mengontrol Gula Darah

Selain kolesterol, jalan kaki juga bisa mengontrol gula darah tetap stabil. Selain berolahraga jalan kaki, imbagi juga dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur yang cukup.

9. Mencegah Jerawat dan Melembabkan Kulit

Wajah yang bersih dari jerawat tentunya sangat diidam-idamkan para wanita. Kamu dapat memetik manfaat lain dari jalan kaki di pagi hari yakni kulit yang bebas jerawat serta lembab karena kuiltmu bisa bernafas dan mendapat paparan udara bersih untuk detoksifikasi kulitmu.

Nah, itulah 9 manfaat yang bisa kamu rasakan setelah rutin melakukan olahraga jalan kaki di setiap pagi. Ayo biasakan hidup sehat dengan cara yang mudah dan murah ini!
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar:

  1. ini cocok banget bagi orang yang peduli dengan kesehatan dan juga berat badamn, kalau saya sih jarang ya paling kalau sempet seminggu sekali :)

    BalasHapus