Sabtu, 10 Oktober 2015

Jika Kamu Merasa Hidupmu Berantakan, Praktekkan 5 Cara Berikut Supaya Waktumu Lebih Produktif

Beraktivitas rutin sepanjang hari membuat hidup kadang stagnan di keadaan yang itu-itu saja. Akibatnya, rasa jenuh melanda. Kalau sudah bosan, biasanya kita cenderung malas-malasan dan kurang bergairah dalam melakukan pekerjaan. Buat kamu yang masih kuliah, jadwal yang padat dan tugas menumpuk jadi hambatan untuk beraktivitas secara enjoy.

Kemalasan bisa membuat jadwalmu jadi berantakan, sehingga hidup jadi terasa berantakan. Nah, saatnya kamu simak tips dari Izwie berikut ini supaya waktumu jadi lebih produktif setiap hari. Jangan sia-siakan waktu berhargamu dengan melakukan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu produktivitasmu ya, Guys!

1. Tetapkan Big Picture-mu

Bayangkan esok adalah satu hari yang menyenangkan dan kamu sukses menjalankan apa yang ingin kamu capai. Siapkan visi yang jelas, gambar besar (big picture) yang akan membawamu sampai kepada tujuanmu di masa yang akan datang. Ingat, kesuksesan adalah akumulasi dari tindakan-tindakan kecil setiap hari. Karena itu, siapkan gambar besarmu, goal bulanan atau tahunan (bahkan mungkin 10 tahunan) yang ingin kamu capai supaya kamu memiliki target yang jelas dalam hidupmu. Manfaatkan hari-harimu semaksimal mungkin dan seproduktif mungkin.

2. Buat To Do List Harian yang Jelas

Orang yang sukses biasnya dimulai dari jadwal hariannya yang rapi. Selalu sempatkan untuk membuat to do list harian untuk esok saat malam hari. Ibaratnya, kita akan melakukan sebuah perjalanan. Tentu kita harus melakukan persiapan sejenak supaya bisa sampai tujuan dengan selamat. To do list akan menyelamatkanmu dari kegiatan yang sia-sia dan menghindari ketidakfokusan. So, jangan malas untuk sekedar mencoret-coret di atas selembar kertas atau notes smartphone-mu apa saja yang akan kamu kerjakan esok hari. Buat secara singkat, jelas dan detail. To do list adalah penjabaran dari big picture yang telah kamu buat.

3. Jangan Menunda Hal yang Penting

Kunci untuk bisa mencapai hal besar adalah dengan tidak menunda hal penting, sekecil apapun itu. Upayakan untuk menapaki satu per satu anak tangga dengan penuh kesabaran untuk mencapai puncak kesuksesan. Jangan pernah menunda hal yang penting untuk dilakukan, dan melakukan hal yang tidak sesuai dengan goal-mu. Dengan begitu, waktu dan tenagamu bisa lebih efisien.

4. Batasi Waktu Tidur dan Waktu Bermalasanmu Santaimu

Istirahat yang cukup memang penting, namun jika tidurmu terlalu banyak, maka kamu tidak akan bisa produktif. Manfaatkan jam tidur malam semaksimal mungkin (pssst, kamu bisa mengurangi waktu tidur dengan tidur 1 jam lebih awal dan bangun 2 jam lebih awal pula. Cobalah!). Dengan memangkas waktu tidurmu, maka kamu bisa melakukan hal yang produktif seperti menulis, melakukan pekerjaan rumah, mengerjakan tugas, atau membuat karya lainnya. Ingat, jangan jadikan capek sebagai alasan untuk bermalas-malasan sepanjang hari, terlebih saat hari minggu tiba.

Baca Juga : 9 Hal Yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Mereka Tidur

5. Berikan Reward and Punishment Pada Diri Sendiri

Cara ampuh untuk bisa lebih produktif adalah menerapkan hukuman dan imbalan pada setiap pekerjaanmu. Jika kamu melanggar aturan, kamu bisa “menghukum” dirimu sendiri (misalnya dengan memotong anggaran nonton dan jalan-jalan). Sebaliknya, bila kamu sukses melakukan suatu pekerjaan, berikan reward untuk menyemangatimu. Segelas susu cokelat hangat, atau sehelai jaket baru mungkin terlihat sepele, namun hal itu bisa memberikan efek yang positif bagi produktivitasmu.

Baca Juga : Tips Mengatur Waktu Agar Hidupmu Makin Teratur

Nah, itulah 5 cara supaya kamu lebih produktif dan hidupmu jadi teratur kembali. Satu pesan untukmu, bekerjalah dengan hati yang ikhlas, maka kamu akan mendapatkan hasil terbaik. Selamat mencoba ya, Guys! Be a productive generation!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: