Selasa, 10 Februari 2015

6 Cara Bangkit Ketika Kamu Kehilangan Motivasi

Sobat Izwie, tak peduli siapapun kamu pasti pernah mengalami masa-masa di mana Anda kehilangan motivasi sampai-sampai tak ingin melakukan apapun. Bahkan, buat orang-orang yang telah sukses sekalipun pasti mengalami saat ia merasa tidak ada motivasi untuk bangkit. Namun, tak perlu khawatir. Izwie punya beberapa cara efektif buat kamu mengatasi situasi ini dan sangat membantu untuk mencapai hal-hal besar.

Motivasi merupakan salah satu kunci yang akan mendorong Anda untuk mengambil tindakan dan bergerak setiap hari. Jika Anda tak memiliki motivasi, Anda akan cenderung menunda-nunda pekerjaan. Inilah yang terjadi pada kebanyakan orang, apakah itu termasuk kamu? So, jangan gampang untuk menyerah. Yuk simak tips berikut ini, 6 Cara Bangkit Saat Kamu Kehilangan Motivasi.

1. Ingatlah Niat Awalmu

Cara Bangkit Ketika Kamu Kehilangan Motivasi
Jika kamu merasa kurang motivasi, cobalah untuk mengingat niat awal mengapa kamu ingin melakukannya. Alasan Anda melakukan sesuatu akan menjadi kekuatan yang mendorong Anda untuk bersemangat dalam menjalankannya. Jangan hanya melakukannya dengan terpaksa karena harus menyelesaikan tugas. Namun, kamu harus meyakini bahwa apa yang kamu lakukan benar-benar bermanfaat bagimu. Pastikan Anda memiliki alasan yang kuat dan tujuan saat kamu melakukan sesuatu untuk membangkitkan motivasi dalam dirimu.

2. Bayangkan Kesuksesan yang Akan Kamu Raih

Visualisasi. Yups, dengan membayangkan kesuksesan yang akan raih akan membuat kamu lebih termotivasi untuk menjalani prosesnya. Kamu bisa membayangkan apapun yang kamu inginkan, di manapun dan kapanpun kamu mau. Masih tidak percaya?

Jika kamu berpikir bahwa visualisasi tidak bekerja, coba bayangkan dengan jelas bahwa kamu berjalan ke dapur, membuka pintu kulkas, kamu melihat lemon kuning besar dan Anda membawanya keluar. Setelah itu Anda mengambil pisau dan memotong lemon kuning besar menjadi setengah. Bayangkan ini jelas dan rinci. Setelah memotong lemon, mengambil setengah dan memeras lemon yang tetes jus ke dalam mulutmu. Merasakan tekanan tanganmu, mendengar suara perasan dan bayangkan jus lemon asam masuk ke mulutmu. Sekarang, apakah kamu merasa lebih air liur dalam mulutmu atau tidak?

Kemungkinannya adalah, jika kamu mengikuti melalui dan memvisualisasikan dengan jelas, kamu akan memiliki lebih banyak air liur di mulutmu. Ayo, ini hanya visualisasi dan itu tidak nyata, tapi mengapa terdapat lebih banyak air liur di mulutmu? Hal ini karena pikiranmu tidak bisa membedakan apa yang nyata dan apa yang tidak. Pikiran hanya bisa melihat itu, tetapi tidak bisa mengatakan jika itu nyata.

Inilah yang membuat visualisasi menjadi cara yang ampuh. Intinya adalah ketika Anda membayangkan dan memvisualisasikan suatu hal dalam pikiran Anda, Anda akan merasa termotivasi untuk melakukannya. Ketika Anda bermimpi tentang mobil yang Anda inginkan, Anda akan menciptakan motivasi dari dalam. Cobalah melakukan hal ini ketika Anda merasa seperti menunda-nunda dan tidak memiliki motivasi apapun.

3. Ciptakan Lingkungan yang Mendukung

Ciptakan Lingkungan yang Mendukung
Lingkungan dapat mempengaruhi suasana hatimu. Secara tidak langsung, kamu akan menjadi seperti teman sepergaulan kamu. Jika kamu bergaul dengan orang-orang yang bersemangat, hidupmu juga akan semakin berenergi. Sebaliknya, jika kamu berada di lingkungan orang yang negatif, kamu akan semakin kehilangan motivasi. Jadi, cobalah mencari lingkungan yang akan membangkitkan motivasimu.

4. Biarkan Orang Lain Memotivasi Kamu

Cobalah untuk membaca buku motivasi, mengunjugi situs-situs motivasi seperti izwie.com, mendengarkan musik yang semangat, atau menonton tayangan yang inspiratif. Lakukan kegiatan tersebut minimal 30 menit di pagi hari agar membuat hidupmu lebih bersemangat. Dengan cara ini, kamu akan lebih bersemangat menjalani hari-harimu meskipun menghadapi persoalan yang cukup berat.

Video dan audio juga sangat membantu. Semangat yang ditularkan lewat ceramah orang hebat ataupun musik yang kamu dengar akan memompa semangatmu untuk bersiap menghadapi situasi hari ini. Jadikan sebagai mood booster untuk menjalani hari yang luar biasa hari ini.

5. Dream Big, Start Small and Act Now

Dream Big, Start Small and Act Now
Ini adalah sebuah prinsip yang sangat kuat jika kamu mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Saat kamu bermimipi, bermimpilah yang besar dan dapat menginspirasimu untuk mencapainya. Dalam prosesnya, kamu harus memulainya dari yang kecil jka ingin membuatnya menjadi kebiasaan. Sehingga kamu dapat menjalaninya secara otomatis dan konsisten setiap hari.

Lakukan langkah-langkah kecil secara bertahap. Sebagai contoh, jika kamu ingin latihan dan latihan lima kali dalam seminggu, cobalah untuk jadwal dan memulai dari yang kecil. Bahkan jika itu hanya lima menit sehari, berkomitmenlah untuk itu dan hanya melakukannya. Kuncinya adalah untuk membangun momentum dan membuatnya mudah bagi Anda untuk memulai. Setelah Anda mendapatkan polanya, secara bertahap tingkatkanlah dan lanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi.

6. Istirahat

Kadang-kadang kamu hanya butuh beristirahat. Ingat, sukses bukanlah tujuan; itu adalah sebuah perjalanan yang harus kamu lewati untuk jangka waktu yang panjang. Ini bukan seperti lari jarak pendek, tapi maraton. Banyak orang mengira sukses sebagai melakukan sesuatu yang besar dan kesuksesan yang akan datang lebih semalam. Yang benar adalah benar-benar sebaliknya.

Hampir semua orang sukses yang telah mencapai hasil yang luar biasa mampu melakukannya karena mereka bertahan cukup lama, melakukan tindakan yang cukup konsisten dan tentu saja, mereka tidak pernah menyerah. Sukses bukan sesuatu yang dapat dibuat dalam beberapa hari, beberapa minggu ataupun bulan. Keberhasilan nyata membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membangunnya.

Oleh karena itu, pastikan kamu beristirahat dengan cukup. Kamu perlu memahami kemampuanmu sendiri dan seberapa banyak yang dapat kamu lakukan. Jika selesai dalam suatu pekerjaan, kamu dapat memanjakan diri dan beristirahat. Setelah istirahat, kamu akan merasa lebih energik, lebih termotivasi dan siap untuk menghadapi dunia lagi.

Nah, itulah 6 Cara Bangkit Saat Kamu Kehilangan Motivasi dalam mengejar kesuksesanmu. Tetap semangat selalu ya!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: