Selasa, 08 November 2016

Manfaat Tersembunyi Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh

Cokelat adalah makanan yang mudah ditemukan di sekitar kita. Banyak yang menyukai makanan ini karena setelah ditambahkan pemanis rasanya bikin ketagihan. Apalagi jika dibuat olahan lain seperti kue, minuman, eskrim, dan lain-lain.

Bagi pecinta cokelat, ada kabar baik untuk kamu karena ternyata cokelat mengandung berbagai manfaat tersembunyi yang bisa meningkatkan kesehatanmu. Kandungan utama dari cokelat yang bermanfaat bagi kesehatan adalah zat flavoniod, yakni senyawa antioksidan yang berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat cokelat, kamu bisa mengonsumsi cokelat yang berjenis dark chocolate. Hal ini karena cokelat akan benar-benar bermanfaat bagi kesehatan jika tidak dicampur dengan susu dan banyak gula. Khususnya bagi yang ingin diet dengan cokelat. Berikut ini beberapa manfaat dari cokelat bagi kesehatan tubuh.

Mencegah Diabetes

Manfaat Tersembunyi Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh
Pada sebuah penelitian di Italia, orang yang mengonsumsi 300 gram cokelat hitam yang mengandung phytochemical flavonoid menunjukkan peningkatan produksi insulin sehingga dapat mencegah resiko diabetes dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi cokelat putih yang tidak mengandung phytochemical flavonoid.

Memperlancar Peredaran Darah

Masih ada kaitannya dengan penelitian di atas, ditemukan juga hasil tekanan darah lebih rendah pada pengonsumsi cokelat hitam. Hal ini karena cokelat mengandung antioksidan yang berfungsi memperlancar peredaran darah.

Menyehatkan Jantung

Cokelat membuat jantung semakin sehat karena kandungan dalam cokelat dapat memperlambat pembekuan trombosit sehingga aliran darah ke jantung menjadi lancar. Zat flafonoid berfungsi memperlancar sirkulasi darah sehingga bermanfaat untuk mengurangi resiko serangan jantung.

Baik untuk Diet

Buat kamu yang sedang dalam program diet, biasanya cokelat menjadi makanan yang dihindari. Padahal, cokelat baik untuk diet, lho! Cokelat mengandung zat yang mengenyangkan, sehingga cocok untuk kamu yang sedang diet. Pilih cokelat yang rendah kalori untuk menunjang diet kamu.

Melindungi Kulit dari Sinar UV

Seperti yang sudah kita singgung tadi, cokelaat mengandung zat flavonoid yang dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV. Orang yang rajin makan cokelat, kulitnya lebih kebal terhadap serangan sinar UV yang dapat merusak kulit.

Menghaluskan Kulit dan Antipenuaan Dini

Orang bilang memakan cokelat dapat menimbulkan jerawat. Hal itu tidaklah benar. Campuran dalam cokelat seperti gula dan lemak pada kacang-kacangan adalah pemicu munculnya jerawat.

Kandungan alami cokelat justru dapat menghaluskan kulit dan menjadi antipenuaan dini karena kandungan antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang merugikan sel kulit.

Mengobati Diare

Saat diare, konsumsi cokelat dapat menyembuhkannya dengan jalan mengikat protein yang mengatur proses sekeresi cairan dalam usus kecil dan hal ini dapat mempercepat penghentian diare.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Karena zat flavonoid dapat memperlancar aliran darah, bukan hanya jantung saja yang semakin sehat. Akan tetapi aliran darah ke otak juga semakin lancar. Suplai darah yang cukup akan meningkatkan kecerdasan, mempercepat proses berpikir, dan meningkatkan memori otak.

Baik untuk Relaksasi dan Sebagai Zat Antidepresi

Jika kamu sering dilanda stress karena pekerjaan atau pelajaran, cobalah untuk ngemil cokelat hitam supaya perasaan kamu lebih baik. Cokelat mengandung zat yang dapat meningkatkan serotonin dalm otak sehingga menimbulkan perasaan bahagia, menurunkan depresi dan kecemasan. Kamu akan semakin rileks dengan memakan sebatang cokelat saat sedang suntuk.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan setelah mengonsumsi cokelat. Ingat, pilih cokelat dengan kadar kalori yang rendah supaya kamu tidak cepat gemuk. Segera bersihkan gigi setelah memakan cokelat untung menghindari kerusakan pada gigi.

Baca Juga : Ini Dia 7 Makanan Pembangkit Kreativitas Yang Perlu Kamu Ketahui

Cokelat dengan campuran seperti raisin, kacang tanah, mede, dan almond umumnya memberikan manfaat lebih dari kandungan masing-masing campuran tersebut. Selamat menikmati cokelat!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: