Senin, 29 Februari 2016

7 Hal Yang Bisa Kamu Hemat Agar Uang Bulananmu Tak Selalu Kurang

7 Hal yang Bisa Kamu Hemat Agar Uang Bulananmu Tak Selalu Kurang - Mengatur keuangan bulanan terkadang membuat kita merasa pusing tujuh keliling. Apalagi buat kamu anak kos yang masih mengandalkan 'gaji' dari orang tua, atau yang sudah bekerja tapi penghasilan masih minim, tentunya perlu strategi untuk bertahan hidup dengan sejumlah uang di tangan. Akan lebih baik lagi jika kamu berusaha untuk mendapatkan pemasukan tambahan, sehingga dapat menutupi biaya-biaya yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga bisa mulai melakukan penghematan agar uang bulananmu tak selalu kurang.

Berikut ini 7 Hal yang Bisa Kamu Hemat Agar Uang Bulananmu Tak Selalu Kurang. Ini juga merupakan tips agar kamu bisa mengendalikan diri untuk tidak menggunakan uangmu secara berlebihan atau membelanjakannya untuk hal-hal yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Apa sajakah itu? Yuk simak bareng-bareng!

Bangun Lebih Pagi, Berangkat Kuliah/Kerja dengan Jalan Kaki

Jika jarak antara kos-kosan dan kampus/tempat kerjamu tidak terlalu jauh, cobalah untuk berjalan kaki saat berangkat. Usahakan untuk bangun lebih pagi sehingga kamu bisa berangkat dengan tenang. Kamu bisa sekalian olahraga pagi juga, lumayan demi menghemat beberapa rupiah yang biasanya kamu pakai beli bensin atau naik angkutan. Alternatif lainnya adalah naik sepeda atau nebeng teman. Apapun itu asalkan bisa mengirit pengeluaran.

Bawa Bekal Makanan dan Air Mineral dari Rumah

Menghindari budaya jajan di kantin atau kafe yang sudah pasti mahal, mulailah untuk membawa bekal makanan dan air mineral dari rumah. Anggaran untuk makan di luar bisa kamu tekan habis-habisan dengan bekal makanan yang kamu bawa. Jangan ragu untuk menolak jika ada teman yang mengajakmu makan, kecuali temanmu benar-benar ingin menraktirmu makan. Keselamatan isi dompetmu lebih penting dari sekedar gengsi!

Tidak Perlu Beli Kosmetik Mahal-Mahal

Buat kamu para cewek, insaflah untuk tidak lagi membeli aneka jenis kosmetik yang mahal. Merawat kecantikan itu penting, tapi sewajarnya saja. Jangan gampang tergoda membeli kosmetik keluaran terbaru padahal kosmetik bulan lalu masih banyak. Atau ingin beli warna lipstik baru, padahal lipstik warna lama jarang kamu pakai. Belilah yang kamu butuhkan, misalnya peralatan untuk mandi, kosmetik dasar seperti bedak, lipstik, hand and body, dll. Intinya boleh tetap tampil cantik dengan biaya yang seminimal mungkin.

Baca Juga : 15 Perbedaan Orang Cantik & Orang Yang Benar-benar Indah

Manfaatkan Penawaran Diskon Saat Membeli Baju

Urusan baju, pastinya menjadi kebutuhan dasar. Tapi, kalau selalu ingin tampil up to date dengan fashion terbaru, lain ceritanya. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Untuk menghemat pengeluaran, pakailah koleksi baju yang kamu miliki di lemari. Tinggal mix and match saja, jadi tidak perlu sering membeli baju. Manfaatkan penawaran diskon yang ada, baik di mall atau toko online banyak kok yang menjual baju dengan harga diskon yang lumayan murah.

Jangan Kebanyakan Beli Paketan Internet, Cobalah Berburu Wi-Fi Gratisan

Jaman sekarang, banyak orang yang rela tidak makan asalkan ada paket internetan! Internet seolah menjadi kebutuhan dasar buat mereka yang sehari-hari memegang smartphone atau laptop untuk mengakses internet. Kebutuhan bulanan paket internet ini menjadi pos yang terkadang membengkak jika tidak disiasati. Belilah paket internet secukupnya, mulailah berburu wifi gratisan di spot-spot yang menyediakan layanan free wifi. Misalnya, di kampus, kantor, cafe, perpustakaan maupun ruang publik lainnya.

Berhenti Langganan Koran atau Majalah

Jaman sekarang sudah canggih, kamu bisa membaca berita terupdate dengan sekali klik di laman mesin pencarian. Jadi, untuk menghemat pengeluaran bulanan, mulailah beralih ke koran/majalah digital dan berhenti berlangganan koran/majalah cetak yang harganya juga lumayan mahal apalagi sistem langganan yang menguras kantong. Kamu bisa baca berita atau artikel sepuasnya di internet secara gratis. Be smart guys!

Jangan Sering-Sering Ke Swalayan

Terakhir, kendalikan dirimu untuk tidak sering-sering pergi ke swalayan. Meski awalnya hanya ingin membeli minuman kaleng, pasti nantinya merembet ke cemilan, mi instan, pulsa, dst sehingga kamu harus mengeluarkan uang lebih banyak! Mending uangnya kamu simpan untuk ditabung. Cobalah untuk menerapkan sistem belanja bulanan misalnya di awal bulan langsung ke swalayan besar atau grosir yang harganya jauh lebih hemat.

Baca Juga : 9 Tips Menghemat Belanja Dapur Anda

Nah, Sobat Izwie itulah 7 Hal yang Bisa Kamu Hemat Agar Uang Bulananmu Tak Selalu Kurang. Penghematan kecil berefek besar. Selamat mencoba!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: