Kamis, 01 Juni 2017

14 Manfaat Bawang Putih Yang Wajib Kamu Ketahui

Tanaman yang sekaligus menjadi bumbu untuk masakan ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini tak lain adalah bawang putih. Sejak dulu, bawang putih memang telah dipercaya baik bagi kesehatan tubuh dan mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bawang putih mempunyai beragam bahan yang mengandung sulfur dimana hal ini menjadi alasan atas mengapa aromanya begitu khas. Salah satu kandungannya adalah allicin dimana allicin ini dikenal sebagai anti oksidan, anti jamur, anti virus dan anti bakteri. Khasiat allicin ini didapatkan bila bawang putih dipotong, diperas dan ditumbuk halus lalu dibiarkan sejenak.

Detail Kandungan Bawang Putih / 100 gram
  • Kalori (kcal) 148
  • Jumlah Lemak 0,5 g
  • Natrium 17 mg, Kalium 401 mg
  • Jumlah Karbohidrat 33 g
  • Serat pangan 2,1 g
  • Gula 1 g, Protein 6 g
  • Kalsium 181 mg, Zat besi 1,7 mg, Magnesium 25 mg
  • Vitamin A 9 IU, Vitamin C 31,2 mg, Vitamin B6 1,2 mg
Nah, inilah sejumlah manfaat bawang putih bagi kesehatan mengagumkan yang perlu anda ketahui:

1. Mengurangi Tekanan Darah

Inilah manfaat bawang putih bagi kesehatan yang cukup penting. Ada protein yang membantu kontraksi pembuluh darah yakni angiotensin II sehingga membuat tekanan darah meningkat. Nah, kandungan allicin yang terkandung pada bawang putih memblokir kegiatan angiotensin II serta mengurangi tekanan darah. Selain itu, kandungan polisulfida yang ada di dalam bawang putih diubah menjadi gas oleh sel darah merah yang disebut dengan hydrogen sulfide. Hydrogen sulfide ini berfungsi untuk memperbesar pembuluh darah serta membantu untuk mengontrol tekanan darah.

2. Mengobati Infeksi Kulit

Manfaat bawang putih bagi kesehatan salah satunya adalah untuk menyembuhkan infeksi yang sering terjadi pada kulit. Infeksi di kulit ini umumnya disebabkan akibat jamur dan kurap. Dengan mengkonsumsi bawang putih maka alternatif penyembuhan bisa dilakukan.

3. Sebagai Anti Virus & Anti Bakteri

Dengan kandungan anti virus dan anti bakteri, bawang putih dapat membantu untuk mengontrol jamur, virus, ragi serta infeksi cacing. Bawang putih yang segar dianggap bisa mencegah keracunan makanan dengan melawan dan membunuh bakteri seperti E. Coli, salmonella enteritidis dan sebagainya.

4. Menurunkan Berat Badan

Para ilmuwan mempercayai bahwa obesitas atau berat badan berlebih adalah keadaan dimana inflamasi tingkat rendah dalam jangka panjang telah terjadi. Menurut penelitian terkini, bawang putih bisa membantu untuk meregulasi sel lemak yang tersusun di dalam tubuh.

Melalui aktivitas sistem inflamasi, pra adipocytes telah dikonversi menjadi sel lemak atau adipocytes. Zat yang terkandung di dalamnya yakni temuan zat anti-inflammatori 1, 2-DT (1, 2-vinyldithiin) yang ada di dalam bawang putih bisa membantu untuk mencegah konversi tersebut terjadi. Hal tersebutlah yang membantu untuk mencegah berat badan menjadi bertambah.

5. Mengentalkan Darah

Pada bawang putih terdapat fungsi anti pembekuan dari ajoene yang membantu untuk mencegah pembentukan darah beku di dalam tubuh. Manfaat ini adalah karena pembekuan darah bisa meningkatkan risiko pendarahan usai dilakukannya operasi.

6. Melindungi Jantung

Seiring usia bertambah pembuluh arteri memiliki kecenderungan untuk kehilangan kemampuan meregang. Dengan mengambil manfaat bawang putih bagi kesehatan akan hal tersebut, maka jantung akan terlindungi dari efek radikal bebas yang merusak.

Kandungan sulfur yang dimiliki oleh bawang putih mencegah risiko penyumbatan pada pembuluh darah serta memperlambat pengerasan yang terjadi di arteri atau atherosclerosis.

7. Menurunkan Kolesterol

Manfaat bawang putih bagi kesehatan selanjutnya adalah membantu mengurangi kolesterol dan kadar trigleserida. Selain itu, bawang putih juga dapat membantu untuk mengurangi pembentukan plak di arteri.

8. Mencegah Alergi

Terdapat khasiat inflamasi untuk membantu melawan tubuh untuk melawan alergi. Bawang putih memang telah terbukti dapat mengurangi alergi. Cara membuatnya bisa dengan membuat jus bawang putih untuk mengobati gatal-gatal secara cepat yang diakibatkan oleh ruam serta gigitan serangga.

9. Mengobati Diabetes

Ternyata bawang putih juga berkhasiat untuk membantu meningkatkan pelepasan insulin serta meregulasi gula darah pada penyakit diabetes. Manfaat bawang putih bagi kesehatan untuk mengobati diabetes ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang menderita penyakit diabetes.

10. Mengobati Sesak Nafas

Manfaat bawang putih bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengobati masalah pernafasan dan frekuensi demam.

Kandungan antibakterinya juga membantu mengobati radang tenggorokan dan masalah pernafasan termasuk masalah paru-paru seperti asma.

11. Mengobati Bisul & Kutil

Cara mengambil manfaat bawang putih bagi kesehatan adalah dengan mengoleskan ekstrak bawang putih pada bagian yang terserang bisul atau kutil. Pemakaian secara teratur dapat mempercepat upaya penyembuhannya.

12. Mencegah Kanker

Inilah manfaat bawang putih bagi kesehatan yang tak kalah pentingnya yakni untuk mencegah risiko penyakit kanker. Dengan setiap hari mengkonsumsi bawang putih maka hal ini terbukti dapat mengurangi risiko dalam jenis kanker apapun.

Alasan bawang putih bisa bermanfaat sebagai makanan anti kanker karena zat kandungan anti kanker yang disebut dengan allylsulphides.

13. Meningkatkan Metabolisme Zat Besi

Ferroportin adalah protein yang membantu untuk menyerap serta melepas zat besi. Nah, diallylsulphides yang terkandung pada bawang putih ternyata dapat meningkatkan produksi ferroportin serta meningkatkan metabolisme zat besi.

14. Mengobati Sakit Gigi

Manfaat bawang putih bagi kesehatan yang terakhir adalah untuk mengobati sakit gigi. Sakit gigi memang sangat menyiksa bagi siapapun yang menderitanya baik anak-anak maupun orang dewasa sekalipun. Nah, bawang putih ini adalah sebagai bahan alami yang mengandung analgesic dan antibakteri yang membantu untuk mengurangi rasa sakit.

Manfaat bawang putih bagi kesehatan seperti yang telah dijabarkan tadi sekaligus sebagai wacana bagi anda untuk tidak menyepelekan bahan alami sebagai obat-obatan yang satu ini. Dengan mengkonsumsi bawang putih maka kesehatan tubuh anda dapat terjaga dan sejumlah penyakit juga dapat diobati dengan memanfaatkanya. Tanaman yang baik ini sebaiknya harus anda di dapur anda karena setiap saat anda butuhkan terutama untuk mengobati penyakit.
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: