Rabu, 01 Februari 2017

Inilah Manfaat Mengejutkan Buah Bit untuk Diet dan Kanker

Sobat Izwie pasti sudah sering mendengar tentang buah bit. Ya, buah yang berwarna merah keunguan ini seringkali digunakan untuk bahan campuran makanan sebagai pewarna. Hal ini dikarenakan buah bernama latin Beta vulgaris ini memiliki kandungan pigmen yang cukup pekat, sehingga dapat diolah sebagai pewarna alami makanan.

Tanaman yang berasal dari Amerika Utara dan Inggris ini juga dikenal sejak dulu sebagai sumber penghasil gula. Saat ini, buah bit sudah tersebar ke seluruh dunia, termasuk juga kawasan Asia seperti di Indonesia ini, Guys. Beruntung sekali, karena banyak sekali manfaat dari buah bit antara lain untuk diet dan kanker.

Buah bit sangat baik untuk kesehatan. Kandungan karbohidrat dari buah bit hanya sedikit sekali. Buah bit lebih banyak mengandung zat yang bermanfaat bagi diet dan pengobatan penyakit seperti kanker. Selengkapnya, Izwie sudah merangkumnya dalam artikel berikut ini. Selamat menyimak!

Kandungan Nutrisi Buah Bit

Buah Bit
Buah bit mengandung zat bermanfaat seperti asam folat (34%), serat (13,6%), zat besi (7,4%), kalium (14,8%), vitamin C (10,2%), magnesium (9,8%), anthocyanin, betasianin dan caumarin. Zat-zat mineral tersebut bermanfaat bagi metabolisme tubuh, agar organ-organ tubuh dapat bekerja secara maksimal.

Buah Bit untuk Diet

Jika kamu sedang menjalankan proram diet, ada baiknya kamu melirik buah yang satu ini. Buah bit mengandung zat bernama anthocyanin, dimana zat ini merangsang hormon adiponektin yang dapat meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan.

Kamu bisa mengonsumsi segelas jus buah bit sehari untuk mendapatkan manfaat dari buah bit ini. Resepnya: kupas buah bit dan wortel, potong kecil-kecil. Masukkan ke blender bersama stroberi dan tambahkan 50ml air. Haluskan dan jus buah bit siap dinikmati. Rasanya, hmmm…. yummy, lho!

Buah Bit untuk Obat Antikanker

Seperti yang telah disebutkan tadi, buah bit mengandung zat betasianin yang berfungsi sebagai obat antikanker. Betasianin merupakan pigmen dalam buah bit, yang bermanfaat sebagai pencegah penyakit kanker. Zat ini dapat menghancurkan sel tumor dan kanker sehingga penyakit ini tidak berkembang semakin parah.

Buah bit juga mengandung antioksidan yang baik sekali untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas inilah yang menjadi sumber penyakit kanker, sehingga, jika kamu rutin mengkonsumsi buah bit kemungkinan untuk terserang penyakit kanker menjadi lebih kecil.

Manfaat Buah Bit Lainnya Bagi Kesehatan

Selain untuk diet dan antikanker, buah bit juga dapat mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, kolesterol tinggi, mengobati infeksi dan radang, serta menetralkan racun. Kandungan vitamin C dalam buah bit dapat memperkuat imunitas tubuh sehingga kita tidak gampang sakit. Kandungan asam folat dalam buah bit yang tinggi, bermanfaat untuk perkembangan otak janin. Oleh karena itu, buah bit ini juga baik sekali dikonsumsi oleh ibu hamil.

Cara Mengonsumsi Buah Bit

Buah bit paling banyak dikonsumsi dengan jalan dijadikan olahan jus. Karena, jika dimakan langsung, rasa dari buah bit ini tidak begitu nikmat. Saat mengolahnya menjadi jus, jangan lupa kupas dan cuci bersih dengan air mengalir, kemudian potong-potong dan haluskan dengan blender. Bisa ditambahkan sedikit gula jika suka, atau dicampurkan dengan buah-buahan yang lain misalnya apel, stroberi, wortel, atau sayuran lainnya.

Nah, itulah manfaat mengejutkan buah bit untuk diet dan kanker. Jangan lupa untuk mengatur pola hidup dan pola makan seimbang agar kesehatanmu senantiasa terjaga. Selamat mencoba!
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: