Senin, 22 Agustus 2016

7 Cara Menghindari Kerusakan Mata Akibat Sering Menatap Layar Laptop

Saat ini, banyak profesi yang mengandalkan teknologi komputer untuk mempermudah pengerjaan tugas-tugas seperti menulis, membaca data, mendesain gambar, mengedit foto, dan sebagainya. Semuanya mengharuskan kita untuk menatap layar komputer seharian. Tidak tanggung-tanggung, bukan hanya satu atau dua jam saja. Bahkan hingga belasan jam!

Buat kamu yang sering bekerja di depan komputer atau laptop, waspadai kerusakan mata yang mengintaimu. Mata adalah salah satu organ yang penting bagi manusia. Tanpa mata yang sehat, kita tidak bisa melihat indahnya dunia dan tidak bisa melakukan aktivitas dengan lancar.

Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk menjaga mata dari berbagai hal yang bisa merusak mata. Kali ini Izwie punya 7 cara menghindari kerusakan mata buat kamu yang sering bekerja di depan layar laptop. Simaklah!

1. Perhatikan Jarak Antara Mata dengan Layar Laptop

Cara Menghindari Kerusakan Mata Buat Kamu Para Laptop Mania
Jarak yang ideal antara mata dengan layar laptop adalah 50-70cm. Usahakan jangan terlalu dekat agar matamu tidak mudah lelah. Selain itu, posisi yang baik saat mengetik juga bisa menolongmu untuk menjaga agar matamu tidak gampang tegang.

2. Aturlah Pencahayaan Layar Laptopmu. Awas, Jangan Terlalu Terang!

Selain jarak, pengaturan pencahayaan layar laptop juga diperlukan utnuk mengamankan kesehatan mata. Jangan terlalu terang, karena cahaya yang terlalu mencolok dapat membuat matamu menjadi tidak nyaman nantinya. Apalagi jika kamu menatapnya dalam jangka waktu yang lumayan lama.

3. Gunakanlah Kacamata Antiradiasi Bila Perlu

Penggunaan kacamata antiradiasi diperlukan bagi kamu yang berjam-jam menatap layar komputer. Hal ini akan menghindarkan kamu dari kerusakan mata akibat radiasi layar komputer. Pilih kacamata berkualitas baik supaya mata kamu terlindungi sempurna.

4. Istirahatkan Matamu. Jangan Terlalu Lama Fokus Pada Layar

Idealnya, setiap 25 menit sekali kamu harus istirahat dan berpaling dari layar laptop. Kamu bisa minum air putih, atau berdiri mengambil cemilan di kulkas agar fokusmu tidak hanya pada layar saja.

5. Lakukan Latihan Otot Mata Sesering Mungkin

Saat jenuh, cobalah untuk melakukan banyak gerakan mata seperti berkedip atau memutar-mutar bola mata. Lakukan latihan otot mata lainnya seperti melihat benda jarak dekat, kemudian beralih fokus ke benda yang agak jauh. Lakukan berulang-ulang sampai mata kamu jadi rileks. Bisa juga dengan mencoba keluar sebentar dan melihat dedaunan yang hijau.

6. Kompreslah Matamu dengan Mentimun atau Sendok Dingin

Jika mata sudah terlalu lelah, cobalah untuk menempelkan irisan mentimun dingin pada kedua matamu. Hal ini dapat menyegarkan mata yang lelah. Jika tidak ada, gunakan cara yang praktis seperti mendinginkan sendok di dalam kulkas dan tempelkan pada matamu. Niscaya matamu akan bebas mata panda dan rasanya jadi segar!

7. Berolahraga dan Perbanyak Makanan yang Mengandung Vit. A Serta Betakaroten

Biasanya, orang yang sering bekerja di depan layar laptop malas untuk melakukan olahraga. Padahal, olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Termasuk organ mata, supaya tidak gampang lelah. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan zat betakaroten yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

Itulah 7 cara menghindari kerusakan mata yang dapat kamu lakukan untuk melindungi aset berhargamu yang tak bisa dibeli dengan uang berapapun. Jangan sampai menyesal karena kehilangan penglihatan yang normal hanya karena kamu mengabaikan kesehatan matamu. Semoga bermanfaat ya, Sob!
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: