Sabtu, 06 Februari 2016

5 Tips Asyik Berbelanja di Toko Buku Agar Lebih Menyenangkan

Buat kamu penggila buku atau yang demen banget membaca, pastinya selalu meluangkan waktu untuk melihat perkembangan terbaru seputar buku salah satunya dengan mengunjungi toko buku. Kamu rela menyisihkan budget khusus untuk membeli buku-buku terbaru favoritmu. Bahkan, kamu akan tetap ke toko buku meskipun sekedar melihat-lihat saja. Hayo ngaku!

Toko buku memang surga-nya bagi kaum pecinta buku. Ada sensasi tersendiri saat kamu melihat, membolak-balik buku, membaca beberapa blurb buku yang menarik, bahkan dengan menghirup armoma buku baru saja sudah membuatmu bahagia. Apalagi saat memasukkan beberapa buah buku di kantong belanja-mu untuk dibawa pulang. Membeli buku tidak boleh asal, agar kamu tidak merasa kecewa saat terlanjur membelinya. Lalu, bagaimana sih tips supaya belanja buku jadi lebih menyenangkan?

Nah, berikut ini Izwie punya 5 Tips Asyik Berbelanja di Toko Buku Agar Lebih Menyenangkan. Sobat Izwie tentu ingin menjadikan agenda ke toko buku menjadi menyenangkan, bukan? So, langsung aja simak tips selengkapnya. Selamat membaca!

1. Siapkan Budget yang Cukup Agar Gak Gigit Jari Pas Keluar Dari Toko Buku

Tips Asyik Berbelanja di Toko Buku Agar Lebih Menyenangkan
Jika kamu terbiasa berbelanja bulanan, pastinya gak akan kesulitan dengan tips yang pertama ini. Karena kamu tau banget apa yang bener-bener ingin kamu beli saat memasuki toko. Nah, begitu juga saat hendak pergi ke toko buku. Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah budget! Seringkali kita gak benar-benar mempersiapkan anggaran khusus untuk berbelanja buku. Ujung-ujungnya kecewa buku favorit tidak bisa terbeli karena duit gak nyampe. Hiks! Nah, sebelum ke toko buku, ada baiknya kamu persiapkan budget khusus jauh-jauh hari. Nabung 2000-5000 per hari, satu bulan sudah lumayan dapat 3-5 buku!

2. Cari Referensi Buku Bagus, Baca Resensi Untuk Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Isi Buku

Saat memasuki toko buku, ada baiknya kamu mengetahui referensi judul buku yang ingin kamu beli. Kamu bisa browsing terlebih dahulu judul buku terbaru atau buku yang bagus. Misalnya dengan membuka toko-toko buku online atau resensi buku yang banyak ditulis para pecinta buku di blog/website mereka. ini penting sebagai pertimbangan apakah buku tersebut layak kamu beli atau lebih baik memilih judul lain. Jadi, kamu gak akan kebingungan untuk mengubek-ngubek isi toko buku untuk menemukan buku yang bagus.

3. Cari Tahu Harga Buku yang Ingin Kamu Beli

Oh ya, saat browsing di internet, kamu juga bisa sekalian mengetahui harga buku yang ingin kamu beli, sehingga siap budget untuk membeli buku tersebut saat ke toko. Siapa tahu harga di toko online jauh lebih murah? Tapi kamu harus memperhitungkan ongkos kirimnya. Jika di toko buku di kotamu ada, kenapa tak beli di sana saja? Hitung-hitung terlebih dahulu, pilih yang paling hemat. Harga buku biasanya sudah dibanderol harga jualnya, pertimbangkan pula jika toko buku memberi diskon. Lumayan kan, kembalian dari selisih diskon bisa untuk membeli buku lainnya?

4. Telusuri Rak-Rak Buku Favoritmu, Jika Kamu Beruntung Bisa Membaca Buku Sampel yang Terbuka

Toko buku yang bagus biasanya mengatur buku-bukunya dengan rapi sesuai jenis buku. Kamu bisa langsung menuju ke rak-rak yang menampung genre favoritmu. Kalau kamu suka baca novel, jangan pergi ke rak buku hukum/politik karena agenda jalan-jalan ke toko buku jadi gak asyik alias membosankan banget. Kalau kamu beruntung, biasanya ada buku-buku sampel yang telah di buka sehingga kamu bisa membaca buku tersebut secara gratis. Bacanya sambil berdiri saja ya, karena ada pula toko buku yang memberikan peraturan tidak boleh baca sambil duduk. Bisa jadi karena itu bisa menghalangi pengunjung lain yang ingin melihat-lihat buku di rak sekitar tersebut.

5.Ajak Teman yang Punya Hobi Sama Buat Jalan-Jalan ke Toko Buku

Daripada acara jalan-jalanmu garing, kamu bisa mengajak temanmu untuk pergi bersama ke toko buku. Tentunya akan lebih menyenangkan. Selain itu, kamu jadi punya teman untuk berdiskusi saat memilih buku yang akan kamu beli. Sebaiknya, kamu mengajak teman yang memiliki hobi yang sama, karena tidak semua orang suka membaca sehingga malas untuk diajak ketempat-tempat seperti toko buku atau perpustakaan. Teman yang baik tentu akan menemanimu saat berbelanja buku, juga akan merekomendasikan buku yang layak kamu beli.

Nah, itulah 5 Tips Asyik Berbelanja di Toko Buku Agar Lebih Menyenangkan. So, kapan agendamu pergi ke toko buku bulan ini? Banyak buku bagus menantimu di awal tahun 2016 ini! Happy Reading, Happy Shopping!
TAGS
#Buku #Tips
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: