Friday 22 January 2016

7 Resolusi Tahunan yang Akan Meningkatkan Kualitas Hidupmu

Memasuki awal tahun 2016, semangat baru untuk menjalani hari-hari yang lebih baik masih menggebu-gebu. Tak jarang banyak yang mulai sibuk membuat sederet resolusi untuk menyambut tahun baru ini. Sebelum membuat resolusi baru, tentunya evaluasi selama setahun belakangan juga wajib dilakukan. Mengapa? Ini penting sobat Izwie, karena dari situlah bisa kita jadikan acuan untuk membuat resolusi baru. Tentunya dengan pencapaian yang lebih tinggi, lebih besar, lebih baik dan lebih bermakna. Meskipun banyak yang mengatakan resolusi itu tidak ada gunanya karena kita cenderung tidak menjalankan resolusi yang telah dibuat. Padahal resolusi cukup efektif untuk mengukur pencapaian kita setiap tahunnya.

Menurut Pakar Bisnis Dewa Eka Prayoga, setidaknya resolusi tahunan dibagi menjadi 7 area yang merangkum segala sisi kehidupan. Nah, dengan begitu kualitas kehidupan kita akan lebih meningkat tidak hanya satu sisi saja, melainkan tujuh hal sekaligus sehingga hidup lebih seimbang. Nah, sobat izwie pasti penasaran kan dengan ketujuh hal tersebut? Berikut penjelasannya.

1.Spiritual

Meningkatkan Kualitas Hidupmu
Sebagai manusia yang beriman, sisi spiritualitas tentu menjadi hal yang utama dalam pengembangan kualitas kehidupan. Seperti memperbaiki hubungan dengan Tuhan, meningkatkan ketaatan, beribadah lebih rajin dan juga diiringi dengan meningkatkan amalan atau perbuatan baik di tahun ini. Misalnya, bagi kamu yang muslim, buatlah resolusi untuk meningkatkan spiritualitas seperti bagun pagi sholat shubuh berjamaah, rutin sholat dhuha, sedekah 10% dari penghasilan, umrah, dst. Buatlah resolusi yang spesifik sehingga pencapaiannya lebih terukur.

2. Family / Relationship

Resolusi yang kedua adalah seputar hubungan dengan pasangan, suami-istru, anak, orang tua atau keluarga. Tak bisa dipungkiri, peran keluarga sangat penting dalam kehidupan kita. Jangan sampai keluarga dinomor-duakan karena sibuk dengan urusan pekerjaan atau justru lebih asik dengan dengan kehidupan sosial. Buatlah resolusi misalnya keluar makan bareng minimal seminggu sekali dalam rangka meningkatkan quality time keluarga, menghajikan orang tua, lebih perhatian pada istri/anak, menikah, dst.

3. Social

Hubungan sosial dengan tetangga, rekan kerja, teman-teman di komunitas haruslah tetap terjaga. Komunikasi adalah kuncinya. Contoh resolusi yang sifatnya sosial misalnya ikut menjadi relawan pendidik, membuka perpustakaan gratis, dst. Hal-hal yang bersifat sosial juga penting untuk meningkatkan kepekaan sosial kita. Karena sebaik-baik orang adalah yang bermanfaat bagi sesama.

4. Career / Business / Financial

Nah, ini yang tak kalah penting. Apapun karir yang sedang kamu jalani, pastikan untuk meningkatkannya. Kalau kamu seorang karyawan, buatlah target-target yang dapat menaikkan kualitas kerjamu sehingga memberikan kontribusi yang maksimal bagi perushaan. Kalau kamu seorang pengusaha, buat target untuk peningkatkan bisnismu. Misalnya, menaikkan omzet sekian juta, menjual sekian pcs, membuka cabang baru, dst.

5. Health

Sebagus apapun pencapaianmu tahun ini, semua tidak akan ada artinya jika kamu tidak memiliki kualitas kesehatan yang bagus. Karena kesuksesanmu hanya bisa dinikmati dengan tubuh yang sehat. Kamu bisa memuat resolusi yang sederhana untuk meningkatkan kualitas kesehatanmu. Misalnya, olahraga minimal 15 menit per hari. Mudah? Mungkin sederhana, namun semua itu akan berdampak positif asal kamu konsisten dalam menjalaninya. Membuat resolusi tidak perlu yang muluk-muluk. Simpel saja, asal bisa dilakukan.

6. Leisure

Tahun ini mungkin menjadi tahun yang sibuk. Kamu yang memiliki banyak target harus bekerja ekstra keras untuk mencapainya. Berkutat dengan pekerjaan tentu membuatmu sedikit jenuh, kamu butuh refreshing agar lebih semangat. Agendakan liburan ke berbagai tempat yang ingin kamu kunjungi. Misalnya, pergi diving ke pulau Lombok, luburan ke Jepang, atau ke tempat-tempat wisata terdekat tidak masalah. Jangan sampai kamu kurang piknik!

7. Personal Growth

Terakhir, buatlah resolusi untuk meningkatkan kualitas diri. Orang yang beruntung adalah yang kehidupannya lebih baik dari hari kemarin, bukan? Nah, buatlah rencana untuk meningkatkan skill-mu dengan mengikuti seminar, training, dst. Bisa juga dengan mengikuti berbagai event lomba untuk membuktikan prestasimu.

Nah, itulah 7 resolusi tahunan yang akan meningkatkan kualitas hidupmu. Buat kamu yang belum membuat resolusi untuk tahun 2016, mumpung masih awal tahun tidak ada kata terlambat untuk menuliskannya. Jadi, apa resolusimu tahun ini?
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: