Rabu, 09 September 2015

10 Makanan Kuliner Kota Majalengka Yang Wajib Kamu Coba

Belakangan ini kota Majalengka kian sering menjadi destinasi pilihan berwisata sebagian besar pelancong mania. Keasrian, kesegaran dan keindahan alam yang terpampang di alam Majalengka menjadikan kota kecil ini semakin diminati.

Tidak hanya menawarkan berbagai objek wisata yang sangat indah, Majalengka pun memiliki berbagai jenis panganan enak yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Apa saja sih kuliner enak di Majalengka yang patut untuk dicoba? Yuk disimak beberapa makanan khas dari kota kecap itu.

1. Sorabi Oncom

Sorabi Oncom

Sorabi Oncom - img: travel.kompas.com

Sorabi memang sudah banyak ditemui di kota lain, namun di kota Majalengka terdapat sorabi dengan toping oncom loh. Rasa oncom khas yang diolah langsung di Majalengka, dan tingkat kematangan yang pas menjadikan sorabi oncom idola di kalangan penikmatnya. Sorabi oncom enak dinikmati dengan sambal dan dimakan saat masih hangat.

2. Tutut

Tutut
Tutut - img: tom-kuu.blogspot.com

Ini dia kuliner khas Majalengka yang sangat wajib kamu coba, tutut. Apa sih tutut itu? tutut merupakan sejenis keong namun berukuran kecil, yang dibersihkan terlebih dahulu lalu dimasak dengan aneka rempah terbaik. Gimana rasanya ya? Dijamin deh rasanya bikin kamu gak mau pulang dari Majalengka!

3. Durian Majalengka

Durian Majalengka
Durian - img: vkeong.com

Buah berduri ini banyak ditemukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Tidak mau kalah, Majalengka pun memiliki durian khasnya loh! Durian khas Majalengka ini bertekstur lembut dan berdaging melimpah, rasanya yang legit dan baunya yang menggoda pasti bakal membuat kamu membelah banyak durian di tempat penjual!

4. Nasi Lengko

Nasi Lengko
Nasi Lengko - image : sentraboga.com

Kuliner satu ini tidak boleh dilewatkan saat pergi ke Majalengka. Seporsi nasi dengan potongan kecil tempe, tahu, dibumbui sambal kacang dan ditaburi daun seledri akan membuat perutmu berbunyi minta diisi.

5. Pepes Jeroan

Jika di kota lain pepes biasanya berisikan ikan atau sejenisnya, di Majalengka punya cara sendiri untuk menikmati pepes loh! Pepes jeroan, yup pepes yang berbahankan jeroan wajib kamu coba karena rasanya yang unik dan pasti enak! Pepes jeroan sangat cocok untuk dimakan dengan nasi putih hangat, rasanya bakal bikin kamu ketagihan!

6. Lumpia Basah

 Lumpia Basah
Lumpia Basah - img: huseinsastranegara-airport.co.id

Cemilan satu ini sangat cocok dimakan untuk teman santai selepas berwisata di Majalengka. Toge, sosis, telur orak arik dan rebung dimasak hingga bumbu meresap lalu disajikan dengan kulit lumpia, rasanya maknyus! Makanan ini terbukti enak dinikmati dengan nasi juga loh, selain itu harganya sangat ramah di kantong!

7. Seblak Basah

Seblak Basah
Seblak Basah - img: bango.co.id

Makanan satu ini sudah mulai banyak diadaptasi di seluruh Indonesia, namun Majalengka pun memiliki seblak basah khasnya loh. Olahan kerupuk yang dicampur dengan bumbu cabai, bawang merah dan putih, dicampur telur orak arik dan sosis akan sangat nikmat dicicipi. Varian seblak basah pun sudah banyak ditambah, bisa disajikan dengan campuran kwetiau hingga ditambah ceker pun dapat dinikmati.

8. Lotek

Lotek
Lotek - img: siliwangitrans.com

Makanan yang satu ini dikenal dengan saladnya orang sunda. Bagaimana tidak, makanan yang berbahan dasar aneka macam sayuran yang dicampur sambal kacang dan lontong ini sangat mirip dengan olahan salad. Hanya saja sambal kacang yang khas menjadi pembeda kedua menu tersebut. Di Majalengka banyak ditemui penjual panganan lotek. Selain dengan tambahan lontong, lotek dapat dimakan dengan nasi loh!

9. Bakso

Walaupun ini bukan makanan khas kota Majalengka, bakso Solo yang terletak di kecamatan Talaga sangatlah wajib kamu jadikan tujuan berwisata kuliner. Seporsi bakso solo yang khas dengan tambahan bihun dan mie kuning, sayur sawi dan toge dibanjur dengan kuah berbumbu khas, akan bikin kamu merem melek keenakan!

10. Martabak

Martabak
Martabak - img : martabakspektakuler.com

Masih di kawasan Talaga, kamu dapat menjumpai penjual martabak yang selalu ramai setiap malamnya. Aneka martabak manis dengan isian beragam, serta tidak ketinggalan martabak telor dengan isian ayam atau kornet harus kamu cicipi. Martabak ini sangat terkenal di kalangan sekitar hingga ke daerah lain!

Itulah beberapa makanan yang wajib kamu cicipi saat berada di Majalengka. Harga yang terjangkau dan yang pasti enak tidak akan membuatmu kelaparan. Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke Majalengka dan mencicipi semua kenikmatan dunia ini?

Editor: Bagus Hermawan
TAGS
#Wisata
Direkomendasikan Untuk Anda :

4 komentar:

  1. Ada yang terlewati, yaitu kuliner sata palasah.. diWarung sate Teh Irah Palasah, dipertigaan belokkan yang mau ke desa jaha, sate kambing dan sapinya gede dan empuk, sop dengkilnya mantap.. bisa dilihat detail diBlog saya berikut. :)

    BalasHapus
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai 10 Makanan Kuliner Kota Majalengka Yang Wajib Kamu Coba
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus
  3. Rekonendasinya di talaga? Orang talaga ya? Hehe

    BalasHapus