Jumat, 07 Agustus 2015

8 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Jika Ingin Menjadi Seorang Muslim yang Lebih Religius

Hubungan manusia tak bisa dilepaskan dengan kehidupan spiritualnya. Seseorang yang meyakini adanya Tuhan sebagai zat yang selalu berperan dalam kehidupannya, pastinya membutuhkan aktivitas yang mendekatkannya kepada penciptanya. Seperti halnya fisik kita, ada rohani atau jiwa yang harus dipenuhi asupannya, sehingga tak hanya jasmaninya saja yang sehat namun juga batinnya akan tenang.

Berikut ini Izwie sajikan Hal yang Perlu Kamu Lakukan Jika Ingin Menjadi Seorang Muslim yang Lebih Religius. Apa saja itu? Yuk kita simak bersama!

1. Shalat Wajib

Shalat wajib merupakan hal yang paling utama dikerjakan dalam hal ibadah. Karena, kelak amalan yang pertama kali ditanyakan adalah shalat. Selain itu, shalat wajib dengan teratur bisa membuat hidupmu lebih teratur pula. Shalat wajib bisa merefresh jiwamu agar selalu bersemangat. Dalam gerakan shalat, juga terdapat banak manfaat lho bagi kesehatan. So, buat kamu yang masih males-malesan untuk bangun pagi untuk sholat subuh, sering melewatkan waktu ashar, atau ketiduran waktu isya', yuk segera bergegas perbaiki shalatmu!

2. Berpuasa

Berpuasa sangat baik bagi kesehatanmu. Kamu yang punya masalah dengan kesehatan terutama pencernaan dan kegemukan, bisa mulai menjadikan puasa sebagai terapi yang menyehatkan badanmu. Kamu tidak perlu susah-susah diet, dengan puasa teratur akan menjaga berat badanmu. Tak hanya itu, puasa wajib di bulan ramadhan dapat menyucikan jiwa dan pahalanya sangat besar. Sedangkan puasa sunnah juga dapat menjagamu dari perbuatan maksiat.

3. Ibadah Sunah

Selain shalat wajib dan puasa di bulan ramadhan, banyak sekali ibadah sunnah yang bisa kamu kerjakan. Antara lain: Shalat Tahajjud, Shalat Dhuha, Shalat Rawatib, Puasa Senin-Kamis, Puasa Tengah Bulan, dst. Kamu bisa mulai mengerjakan yang ringan-ringan, sebelum melaksanakan yang berat-berat seperti shalat tahajjud yang mengharuskanmu bangun di malam hari. Namun, semua akan terasa ringan saat kamu mulai terbiasa.

4. Membaca Alquran

Yups, membaca Alquran bisa membuatmu merasa tenang. Melantunkan ayat-ayat suci Alquran dengan baik, dapat memberikan kekuatan jiwa yang sangat hebat dalam dirimu. Kamu bisa mulai membiasakan diri untuk membaca Alquran setelah shalat wajib. Jika kamu bersungguh-sungguh, kamu juga bisa sedikit-demi sedikit menghafalkan Alquran. Namun perlu sobat izwie perhatikan, jika kamu hanya sekedar membaca tapi tidak tahu arti dan maksud yang terkandung dalam Alquran sama saja dengan sia-sia bukan.

5. Bersedekah

Miracle of giving. Sudah banyak orang yang merasakan manfaat yang besar dari berderma atau bersedekah. Manfaat bersedekah antara lain dapat membantu orang lain yang sedang kesulitan juga membersihkan harta kita dari yang bukan hak kita. Karena, di sebagian harta kita terdapat hak orang lain. Selain itu sedekah dapat membuat hati,u tenang, memperlancar urusan, Jangan takut miskin saat kita bersedekah, karena menurut Ustad Yusuf Mansur dalam bukunya mengatakan bahwa dalam matematika sedekah, berbeda dengan matematika biasa. Jika 10-1=9, maka dalam matematika sedekah, 10-1=19. Artinya, Tuhan akan melipat gandakan apa yang telah kita sedekahkan 10 kali lipat, bahkan 700 kali lipat! Ayo jangan ragu untuk bersedekah!

6. Mendengarkan Pengajian

Mendengarkan ceramah atau pengajian dapat memberikan spirit dalam dirimu. Ibarat hp yang butuh di charge, ruhani kita butuh suplay yang merefresh dirimu menjadi pribadi yang lebih optimis. Jika kamu merasa tidak punya waktu untuk datang ke majelis ilmu seperti pengajian, kamu bisa kok mulai memanfaatkan teknologi dengan mendengar ceramah dari youtube, radio atau DVD. Isi ceramah yang menggugah bisa membuatmu merasa tenang dan membantu memecahkan masalah dalam hidupmu.

7. Berdzikir

Dengan berdzikir hati menjadi tenang, begitulah firman Allah. Jika hatimu selalu diliputi perasaan gelisah dan tidak mampu berfikir jernih, cobalah untuk selalu mendekatkan diri dengan sang Pencipta dengan cara berdzikir. Berdzikir artinya senantiasa mengingat Tuhan di manapun, kapanpun tidak terhalang oleh apapun. Berdzikir akan membuatmu merasa ada yang selalu mengawasimu dan selalu membantumu di masa-masa sulit sekalipun.

8. Pergi ke Tanah Suci

Beribadah ke Tanah Suci merupakan panggilan dari zat yang maha Agung. Hanya orang-orang yang pilihan yang dapat berkesempatan mengunjungi Baitullah atau rumah Allah. Pergi ke tanah suci bukan masalah uang. Banyak orang yang memiliki uang namun tak kunjung pergi beribadah haji atau umroh. Sebaliknya, banyak orang yang tak memiliki harta berlebih namun bisa berkesempatan pergi menunaikan ibadah ke tanah suci. Beribadah Haji atau Umroh merupakan ibadah sekaligus memberikan pengalaman perjalanan spiritual yang luar biasa bagi yang mengalaminya. Jika kamu berniat serius pergi ke tanah suci mulailah dengan niat yang kuat dan usaha yang nyata misalnya dengan membuka tabungan haji atau umrah. Berapapun nominalya, nanti Allah yang akan memudahkan.

Nah, itulah 8 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Jika Ingin Menjadi Seorang Muslim yang Lebih Religius. Menjadi pribadi yang lebih baik merupakan hal yang positif dan haruslah diupayakan. Selamat dan sukses selalu!
TAGS
#Inspirasi
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: