Sabtu, 09 Mei 2015

Tipe-Tipe Pengawas & Cara Menghadapinya Supaya Kamu Sukses Ujian

Sebagai mahasiswa, ujian adalah saat-saat yang terbilang mendebarkan sekaligus menjadi taruhan bagi prestasi yang akan kita raih (baca: mengupayakan IPK). Seringkali keberhasilan ujian tidak ditentukan oleh belajar kita, namun juga dari pengawas. Tipe pengawas akan menentukan "keberhasilan" kita saat ujian. Salah menyikapi, pengawas bisa jadi bumerang bagi kita. Bukannya dapat nilai A, kita malah anjlok ke C, D, bahkan E. Miris banget kan?

Nah, biar kamu tahu tipe-tipe pengawas ujian, kamu harus baca artikel dari Izwie ini sampai tuntas. Siapa tahu, Dewi Fortuna datang di saat yang tepat, tepat di atas lembar jawabanmu!

1. Pengawas MaGaBu (Makan Gaji Buta)

Pengawas MaGaBu
Ini pengawas yang bisa jadi anugerah bagi para mahasiswa yang hobi nyontek. Betapa tidak, selesai mengurus absen, membagi soal dan lembar jawab, dia langsung ambil posisi dan bersiap menuju mimpi indahnya. Ada pula yang membawa koran dan gadget, semuanya bertujuan sama: menghibur dia yang terbaksa ngawas ujian padahal hati tak berkenan.

Cara menghadapinya: Kalian mau apa si Pengawas biasanya cuek bebek. So, keep calm dan lanjutkan aksimu.

2. Pengawas Stalker bin Snipper

Pengawas Stalker
Pengawas tipe ini memiliki mata elang. Kelihatannyasih sibuk SMS-an, tapi dia tahu loh kalau kamu buka sms dari temenmu yang mengirimi jawaban. Di balik wajah ngantuknya, tiba-tiba dia menyebut nama mahasiswa yang lagi khusyu' menekuni lembar jawab teman di sebelahnya! Hiyyy, ngeri dah kalau ketemu pengawas tipe ini!

Cara Menghadapi: Perlu keahlian advance untuk mencontek karena kalau salah langkah, kamu bakalan "tertembak"!

3. Pengawas Killer

Pengawas Killer
Ini tingkatan yang paling suhu dari semua pengawas. Semua meja harus bersih dari kertas, handphone disita, tengok sedikit langsung coret, pokoknya kamu nggak bakalan bisa berkutik saat ujian dengan pengawas tipe ini.

Cara menghadapi: Pasrah saja, dan sebaiknya kamu belajar lebih keras sebelumnya.

4. Pengawas Patroli

Pengawas Patroli
 Pengawas tipe ini nggak betah lama-lama duduk di meja pengawas, mereka akan sibuk keliling kelas dan melihat-lihat pemandangan lembar jawab. Biasanya mahasiswa bete banget kalau ada pengawas overacting ini.

Cara menghadapi: Kalau kamu punya keberanian lebih, tegurlah pengawas ini dan bilang kalau kamu nggak konsen kalau dia terus-terusan memutari kelas.

5. Pengawas Baik Hati dan Tidak Sombong

Pengawas Baik Hati dan Tidak Sombong
Kamu perlu sujud syukur deh kalau ketemu pengawas ini. Biasanya pengawas ini datang dengan wajah berseri-seri dan penuh senyum. Kalau ada yang mencontek, beliau akan memandangmu dengan senyum merekah, bikin nggak enak ati. Tapi beliau akan membiarkanmu lols tanpa ada teguran keras dan pengurangan nilai. Biasanya dosen ini terkenal akrab dengan mahasiswa sehingga cara mengawsnya pun asyik-asyik saja.

Cara menghadapi: Berbaik-baiklah dengan pengawas ini. Jangan keterlaluan, karena bisa jadi dia punya batas kesabaran. So, bersahabatkah dan ucapkan terimakasih.

6. Pengawas Terserah

Pengawas Terserah
 Hampir sama dengan pengawas magabu, pengawas terserah ini membebaskan kamu untuk bergerak. DIa akan keluar mencari pengawas ruang sebelah lalu mengobrol hingga akhir ujian. Atau jika tidak ada orang, dia akan mengobrol di telepon.

Cara menghadapinya: Terserah kamu :p

7. Pengawas Standar dan Amat Sangat Biasa

Pengawas Standar dan Amat Sangat Biasa
Pengawas iniadalah tipe pengawas yang mulanya dia bertugas sesuai dengan prosedur pengawas, namun di waktu-waktu berikutnya dia merasa iba juga dengan peserta ujian. Sehingga, dia hanya berdehem beberapa kali saat kamu berisik nyonteknya tanpa melakukan tidakan lebih lanjut.

Cara menghadapi: Kerjakanlah dalam diam.

Ketujuh tipe pengawas di atas mungkin kamu temukan semua saat kamu ujian. Namun, Izwie sih menyarankan kamu tetap jujur saja lah saat mengerjakan ujian, apapun tipe pengawasnya. Belajar tekun dan dapatkan kepuasan dengan menguji kemampuanmu tanpa menyontek. Berapapun nilainya, akan lebih lega di hati saat kamu mengerjakannya sendiri. Itu terbaik, Guys!

Editor : Bagus Hermawan
TAGS
#Mahasiswa
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: