Minggu, 08 Februari 2015

7 Langkah Untuk Mengubah & Membangun Kebiasaan Baru Yang Lebih Baik

Sobat Izwie, banyak cara bagaimana cara orang sukses hingga berhasil mengubah kebiasaan mereka. Karena, dengan menerapkan kebiasaan yang baik maka kesuksesan akan datang menghampiri. Hal ini tentu saja membutuhkan ketelatenan dengan cara melakukan hal tertentu secara berulang-ulang.

Untuk dapat berubah menjadi lebih baik, kita harus berani mengambil kendali atas hidup kita sendiri. Kita harus mau mengubah kebiasaan buruk kita menjadi orang yang lebih baik lagi. Dan, untuk mengembangkan kebiasaan baru, tentu ada langkah-langkah tertentu yang harus diambil. Hal tersebut sebenarnya tidak sulit sama sekali lho!

Sederhana saja, kita butuh fokus. Dan setelah kita memulai melakukan hal itu maka gaya hidup yang benar-benar ingin Anda jalani akan berjalan dengan sendirinya. Berikut ini adalah 7 Langkah Untuk Mengubah dan Membangun Kebiasaan Baru dalam hidup Anda. Simak yuk!

1. Satu Kebiasaan Pada Suatu Waktu

Umumnya, seseorang ingin memiliki segalanya. Setiap kali memiliki kebiasaan yang buruk, kita ingin menggantinya dengan kebiasaan yang lebih baik. Namun, banyak yang gagal karena tidak konsisten untuk mengubah satu kebiasaan lebih dahulu. Sehingga kegagalan tersebut membuat kita kecewa, stres, cenderung menyalahkan diri sendiri dan mudah menyerah. Namun, sebenarnya hal tersebut merupakan cara yang keliru. Cara yang efektif untuk mengubah suatu kebiasaan adalah berusaha mengerjakan satu kebiasaan baik pada suatu waktu. Seberapapun hal lain yang Anda inginkan, cobalah berkonsentrasi pada satu hal tersebut.

2. Mulailah Sekarang Juga

Mengawali suatu kebiasaan baik adalah hal yang paling sulit namun juga paling penting dan merupakan bagian dari proses.Mulai saja. Maka semuanya akan berjalan dengan sendirinya. Jangan terlalu banyak berfikir untuk memulai sesuatu, dan tidak perlu merencanakannya secara detail. Anda juga tidak perlu menunggu datangnya hari Senin ataupun awal bulan depan untuk memulai sesuatu. Lakukan sekarang juga.

3. Mulailah Dari Hal yang Kecil

Untuk membuat sesuatu yang besar, diperlukan langkah-langkah kecil untuk mencapainya. Mulailah dari langkah pertama. Misalnya, jika Anda ingin menjadi seorang penulis yang hebat, belajarlah untuk menulis setiap hari. Mungkin akan menjadi hal yang berat bagi yang belum pernah melakukannya. Namun, jika Anda tak memulai dari hal yang paling kecil maka Anda tidak akan menjadi luar biasa.

Tentukan target menulis setiap hari, misalnya menulis satu paragraf setiap hari, katakanlah saat pagi hari setelah Anda bangun atau sesaat sebelum Anda pergi tidur pada malah hari. Langkah kecil seperti itu akan membuat segalanya lebih mudah ketika nanti Anda harus menulis 500 kata atau satu halaman per hari.

4. Konsisten

Konsisten adalah kunci dari Keberhasilan. Jika Anda ingin belajar jogging, cukup berjalan selama beberapa menit setiap hari. Jika Anda ingin bangun lebih awal, cobalah untuk bangun 10 menit sebelum waktu yang biasanya Anda bangun. Kuncinya, lakukan secara konsisten setiap hari.

5. Milikilah Motivasi

Dalam membangun kebiasaan, lakukanlah apa yang ingin Anda kembangkan. Apakah yang Anda lakukan ada hubungannya dengan sesuatu yang benar-benar ingin Anda capai? Misalnya pergi ke gym setelah Anda menyelesaikan pekerjaan, bermeditasi setelah bangun tidur, membaca atau menulis sebagai bagian dari rutinitas pagi Anda, dll. Hal tersebut akan menjadi pengingat bagi Anda, sehingga Anda tidak akan punya alasan untuk melewatkannya.

6. Fokus Melakukan Tindakan Saat Ini & Melupakan Hasil

Jika Anda terlalu terobsesi pada hasil akhir, maka Anda akan cenderung menunggu untuk perbaikan, tidak sabar, dan selalu mengkhawatirkan segala sesuatu karena Anda tidak melihat kemajuan, maka sesuatu yang buruk akan terjadi.

Sebaliknya, lupakanlah apa yang akan terjadi nanti. Anda menciptakan masa depan Anda dari sekarang. Dan tak ada hal lain selain apa yang Anda lakukan hari ini untuk mengubah kebiasaan Anda. Jadi, terkait mengambil langkah kecil setiap hari, itu semua adalah hal yang perlu Anda lakukan.

7. Nikmati Prosesnya

Menikmati proses mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik akan banyak membantu Anda. Jadilah seseorang yang selalu bersikap positif dan percaya diri terhadap kemampuan Anda. Kemauan dan motivasi akan beriringan dengan perasaan puas dan menikmati setiap perubahan yang terjadi.

Nah sobat Izwie, ingatlah baik-baik 7 Langkah Untuk Mengubah dan Membangun Kebiasaan Baru di atas dalam pikiran Anda. Dan Anda pun akan berhasil dalam hal apapun yang ingin Anda capai. Setelah berubah satu kebiasaan akan membuatnya jauh lebih mudah lagi bagi Anda untuk memulai kebiasaan baik kedua dan Andapun akan melakukannya lebih baik lagi,

Mulai. Dari yang kecil. Saat ini. Fokus. Yup! Sesederhana itu!

Editor : Bagus Hermawan
Sumber : lifehack.org
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar:

  1. Lihat tombol keyboard jadi ingat kebiasaan ngetik dengan 2 jari

    BalasHapus