Jumat, 27 Februari 2015

7 Kiat Yang Harus Kamu Lakukan Saat Sakit

Setiap orang pasti pernah sakit, baik itu sakit yang ringan maupun yang berat. Saat cuaca tak bersahabat seseorang rawan menderita sakit seperti flu, batuk, pilek, meriang, dan seterusnya. Hal ini tentu sedikit mengganggu pekerjaan kita sehari-hari. Ada juga orang yang menderita sakit yang berat. Jantung, paru-paru, kanker, atau sakit akibat kecelakaan. Tentu orang yang sakit keras lebih sulit move on dari sakitnya. Karena, sakit yang lama diderita akan mengakibatkan keputusasaan, menurunkan semangat hidup, jenuh, dan rendah diri. Tentu hal ini akan berdampak pada masa depan kita.

Lalu, bagaimana caranya supaya kita lekas move on dari penyakit yang mendera? Apakah kita harus menyerah dengan penyakit? Berikut ini Izwie akan sajikan kiat-kiat yang harus kamu lakukan saat mengalami sakit.

1. Mengingat Tuhan

Mengingat Tuhan
Sumber kekuatan dari jiwa manusia adalah dari Tuhan. Mungkin kita menganggap penyakit yang kita derita amatlah besar, tak tertanggungkan. Namun, kita juga harus ingat, Tuhan lebih Maha Kuasa atas segala-galanya. Yakinkan pada dirimu bahwa kamu bisa sembuh dari sakit. Seberat apapun penyakitmu, Tuhan telah menyiapkan obat bagimu. Dengan berbekal keyakinan tersebut maka kamu akan lebih cepat move on dari sakitmu.

2. Tatap Masa Depanmu

Tatap Masa Depanmu
Untuk kamu yang masih belia, namun telah diberi ujian berupa penyakit berat, maka tatap masa depanmu dengan berani. Katakan pada dunia bahwa kamu masih kuat untuk mengisi masa depanmu dengan sebaik-baiknya. Orang yang berani menghadapi hidup akan cenderung bersemangat menjalani hari-harinya. Karena ia merasa bahwa esok ia bisa melakukan sesuatu untuk dunia. Hapuskan pikiran negatif tentang apa yang akan terjadi esok hari. Jangan fokus pada vonis dokter, namun fokuslah pada apa yang bisa kamu kerjakan dengan waktu yang tersisa.

3. Berburu Motivasi

Berburu Motivasi
Di luar sana, banyak sekali contoh orang yang dapat bertahan melawan penyakitnya. Ada yang seumur hidup menanggung kehidupan yang lebih pedih dari kamu, namun mereka tetap semangat. Mereka tidak menyerah pada penyakit yang telah Tuhan berikan pada mereka. Kamu bisa menjadikan kisah mereka sebagai motivasi yang kuat supaya kamu bisa lekas move on.

4. Nikmat yang Kau Terima Jauh Lebih Besar, Bersyukurlah!

Nikmat yang Kau Terima Jauh Lebih Besar, Bersyukurlah!
Suatu ketika saat kamu merasa Tuhan tidak adil terhadap kamu, maka diamlah sejenak. Siapkan alat tulis atau notes Smartphone-mu. Lalu, cobalah kamu mendata apa saja yang telah Tuhan berikan padamu? Berapa banyak organ yang sehat diluar penyakitmu? Seberapa banyak kamu bisa bernafas tanpa membayar? Bahkan untuk nafas tambahan kita membayar begitu besar di rumah sakit, namun kita lupa untuk bersyukur atas oksigen yang kita hirup gratis setiap hari.

5. Mintalah Dukungan Orang Terdekat

Mintalah Dukungan Orang Terdekat
Saat sakit, mintalah dukungan dari orang-orang terdekat untuk menyemangatimu. Mintalah motivasi dan dukungan dari orang orang terdekat seperti orangtua, sahabat, pasangan, dan siapa saja yang dapat membuatmu lebih semangat. Niscaya kamu akan lebih cepat move on.

6. Berusahalah Semaksimal Mungkin

Berusahalah Semaksimal Mungkin
Demi kesembuhanmu, berusahalah yang terbaik, semaksimal mungkin. Jika kamu belum berusaha jangan lekas putus asa. Masih ada harapan untuk sembuh, baik secara medis maupun dengan cara alternatif. Berusahalah!

7. Berdoa dengan Sungguh-sungguh

Berdoa dengan Sungguh-sungguh
Cara ampuh untuk move on telah Izwie sebutkan di poin 1-6. Untuk langkah ketujuh ini hukumnya wajib untuk dijalankan. Sebab, jika kamu hanya menggunakan 6 cara diatas tanpa berdoa, maka hasilnya akan nol. Doa adalah percepatan untuk kamu supaya cepat sembuh. Semakin banyak kamu berdoa, semakin besar kemungkinan kamu untuk sembuh. Maka dari itu banyak-banyaklah berdoa, mintalah orang lain untuk mendoakan kita supaya lekas sembuh. Doa yang sungguh-sungguh akan mengantarmu pada kesembuhan. Percayalah!

Demikian tips supaya kemu lekas move on dari sakit. Semoga yang saat ini sedang sakit dapat mengambil manfaat dari artikel ini. Cepat sembuh ya, Guys!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: