Selasa, 06 Januari 2015

Tips Bangun Pagi Agar Segar Dan Bugar

Tips Bangun Pagi Agar Segar Dan Bugar - Apakah kamu sering bangun tidur dengan perasaan kesal karena kesiangan? Udah gitu kamu harus buru-buru ke sekolah, kuliah atau ke tempat kerja dengan terburu-buru dan takut telat. Mandi kilat dan tak sempat sarapan sudah menjadi rutinitas sehingga hari-harimu jadi tak menyenangkan lagi.

Kamu ingin mengubah kebiasaan bangun pagimu agar lebih baik? Ada baiknya kamu simak cara mudah bangun pagi langsung segar bugar dari Izwie dalam artikel ini. Hari-harimu akan lebih segar dan menyenangkan kalau kamu bisa menerapkan tips-tips berikut ini. Yuk, simak!

Langsung Bangun Saat Alarm Berbunyi

Tips Bangun Pagi Agar Segar Dan Bugar
Sebelum tidur, setel alarm pada jam yang kamu inginkan untuk bangun pagi. Saat pagi hari, usahakan langsung bangun saat alarm berbunyi. Biasanya, orang akan cenderung mematikan alarm dan menunda bangun untuk beberapa saat dengan alasan masih mengantuk. Stop memberi toleransi pada diri sendiri untuk menambah jam tidur walau hanya sepuluh menit!

Menekan tombol snooze apalagi off pada alarm akan membuat kamu semakin malas untuk bangun pagi. Recana menambah tidur 5-10 menit akan molor hingga 1 jam lebih. Akhirnya kamu telat bangun dan terburu-buru lagi dalam beraktivitas.

Usahakan untuk latihan langsung bangun ini selama 2-3 minggu agar kamu terbiasa bangun saat alarm berbunyi. Bahkan, otakmu akan merekam kebiasaan ini dan kamu bisa bangun walau tanpa alarm, lho!

Gerakkan Kaki dan Tangan

Gerakkan Kaki dan Tangan
Pengertian "langsung bangun" pada tips pertama bukan berarti kamu langsung duduk dan berdiri dalam waktu singkat. Sesaat setelah membuka mata, gerakkan kakimu selama beberapa kali, kemudian gerakkan telapak tanganmu dengan gerakan membuka dan menutup. Gerakan kaki dan tangan ini akan membantu otakmu untuk sadar lebih cepat. Setelah itu segera bangun dari tempat tidur.

Menarik Napas Dalam-dalam

Menarik Napas Dalam-dalam
Mengantuk, menguap dan malas bangun adalah tanda kamu kekurangan oksigen. Coba tarik napas dalam-dalam setelah kamu benar-benar bangun. Tarik napas dari hidung dan keluarkan dari mulut. Hal ini akan membantu kamu untuk menambah jumlah oksigen ke dalam otakmu agar tubuh lebih bugar setelah bangun pagi.

Minum Air Putih

Minum Air Putih
Saat tidur, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Segera ganti cairan tubuh dengan meminum segelas air. Air putih akan membantu kamu untuk mendapatkan tubuh yang lebih segar karena jantung akan berfungsi normal dan sel-sel tubuhmu menjadi segar kembali. Jika perlu, kamu bisa mengganti air putih dengan infused water atau minuman ber-ion.

Olahraga Ringan

Olahraga Ringan
Lakukan olahraga ringan di pagi hari dengan gerakan-gerakan sederhana. Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat karena justru akan membat kamu kelelahan dan tidak fit seharian. Olahraga ringan di pagi hari akan membuat tubuhmu lebih bugar dan menyehatkan badan.

Hindari Kafein

Hindari Kafein
Meminum kopi di pagi hari memang asyik. Kebiasan minum kopi memag akan meningkatkan kerja jantung sehingga lebih semangat. Namun, kandungan kafein dalam kopi bisa menyedot cairan dalam tubuh kamu sehingga badanu jadi tidak segar dan bugar. Gantilah kopi dengan air putih, jus buah segar, atau susu.

Tidur dengan Lampu Mati atau Redup

Tidur dengan Lampu Mati atau Redup
Tidur dengan lampu menyala terang akan mengganggu produksi melatonin dalam otak sehingga tidur menjadi tidak nyenyak. Tidur tidak nyenyak adalah awal badan tidak bugar di pagi hari. Oleh karena itu jangan lupa mematikan lampu sebelum tidur atau memakai lampu yang redup saat tidur.

Nah, itu tadi adalah cara mudah bangun pagi langsung segar bugar ala Izwie. Tak ada kata terlambat. Kamu bisa memulai kebiasaan bangun pagi mulai dari sekarang. So, selamat mencoba ya, Guys!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: