Sabtu, 10 Januari 2015

6 Tips Sederhana Agar Kamu Bisa Kaya

6 Tips Sederhana Agar Kamu Bisa Kaya- Suka dapat diskon? Wajar. Semua orang suka jika diberi diskon.

Menurut teori ekonomi, potongan harga membuat penerimanya terkena efek merasa lebih kaya. Hal ini benar, karena kamu merasa memiliki barang/memakai jasa seharga X namun hanya mengeluarkan dana sebesar Y. Kelebihannya, X-Y=Z adalah jumlah yang masih kamu miliki sehingga kamu merasa lebih kaya.

Nah, apa hubungannya dengan kehidupan finansial kamu? Apakah artinya untuk merasa lebih kaya kamu harus berburu diskon setiap hari? Oh, tentu tidak. Merasa lebih kaya bukan hanya masalah uang, Sob. Izwie bakalan kupas habis 6 trik supaya kamu merasa lebih kaya dengan cara-cara berikut ini. Check this out!

1. Hemat Pangkal (Merasa Lebih) Kaya

Hemat Pangkal (Merasa Lebih) Kaya
Secara finansial, jika kamu bisa meghemat pendapatanmu, maka kamu akan merasakan efek lebih kaya. Sempatkanlah diri untuk mengevaluasi penghasilan dan pengeluaranmu selama ini. Langkah pertama untuk membuat kamu merasa lebih kaya adalah menghemat pengeluaran sehingga tabunganmu bertambah.

Cek apa saja yang bisa kamu hemat, catat perubahan yang telah kamu lakukan supaya usahamu berhemat menjadi lebih terukur. Dengan membandingkan sebelum dan sesudah berhemat kamu akan tahu berapa uang yang sebenarnya bisa kumpulkan dari menghemat pengeluaran sehari-hari.

2. Tingkatkan Penghasilan

Tingkatkan Penghasilan
Berhemat? Sudah. Lalu, apa lagi langkah berikutnya?

Kamu bisa merasa lebih kaya jika kebutuhan kamu terpenuhi tanpa kamu merasa pusing dengan jumlah pendapatan yang kamu terima. Artinya, kamu tidak risau uangmu akan habis jika kamu pakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika kamu ingin merasa tenang dalam membelanjakan uangmu, maka meningkatkan pendapatan adalah langkah yang bisa kamu jalani. Cari sumber pendapatan pasif atau passive income agar kamu mendapatkan pemasukan tambahan tanpa harus bekerja lebih keras. Pelajari tentang investasi baik dengan emas, deposito, reksadana, dan properti.

3. Hidup Glamour? Oh, No!

Hidup Glamour?
Masih ada kaitannya dengan berhemat, meskipun kamu sudah memiliki pendapatan lebih, bukan berarti kamu bisa menambah gaya hidup menjadi lebih glamour. Ingat, merasa kaya itu persoalan batin. Bukan masalah glamour tidaknya penampilan kamu. Kamu mungkin akan dikatakan kaya dengan gaya hidup jet set, namun batinmu tak bisa dibohongi. Apakah kamu merasa lebih kaya dengan hidup mewah? Think.

4. Berbagilah!

Berkebalikan dengan operasi matematika, berbagi justru akan membuatmu merasa lebih kaya! Kok bisa? Bisa dong. Bahkan setiap orang kaya di dunia ini pada dasarnya adalah seorang dermawan. Mereka bisa mendapatkan kekayaan yang lebih dan lebih karena mereka rajin berbagi dengan sesama. Bahkan tak tanggung-tanggung, dana amal mereka bisa milyaran sekali menyumbang.

Maka dari itu, trik keempat supaya kamu merasa lebih kaya adalah dengan berbagi. Berbagi dengan siapa? Ya, siapa saja yang membutuhkan. Mau berbagi dengan keluarga terdekat silakan, mau berbagi dengan anak yatim, kaum miskin, korban bencana, dan siapapun yang membutuhkan pertolonganmu bisa menjadi targetmu berbagi. Berbagi dan buktikan bahwa kamu merasa lebih kaya dengan berbagi.

5. Kaya Bukan Hanya Tentang Uang

Uang memang dapat menjadi sarana agar kita merasa kaya. Uang, sesuai dengan fungsinya adalah sebagai alat pengumpul kekayaan dan mengukur kekayaan materi yang kita miliki. Namun, merasa lebih kaya bukan melulu tentang berapa uang yang kita miliki.

Maksudnya adalah, kamu tetap bisa merasa kaya meski uang di dompetmu tidak cukup banyak. Lihatlah sekeliling, kamu memiliki banyak hal yang tidak bisa dinilai dengan uang. Keluarga yang utuh dan damai, pasangan yang setia, sahabat yang baik dan kesehatan tubuhmu. Belum lagi anugerah dari Yang Maha Kuasa seperti udara gratis untuk bernafas, bumi untuk berpijak, hujan yang membawa berkah, dan pemandangan indah. Untuk itu, cobalah untuk mensyukuri apapun yang kamu miliki sehingga kamu merasa lebih kaya.

6. Bersyukur dengan Apa yang Sudah Dimiliki, Bukan yang Belum Ada

Coba tengok lemari bajumu, masih banyak koleksi baju yang kamu miliki, sedangkan di tempat bencana banyak orang yang tak memiliki baju yang layak untuk dipakai. Padahal, baju selemari itu tidak akan bisa kamu pakai bersamaan, bukan?. Satu hal yang mengingatkanmu pada hakikat kekayaan.

Hitung gadgetmu. Laptop, smartphone, tablet, dan sebagainya lengkap sudah dimiliki. Namun, sudahkah kamu bersyukur dengan itu semua. Bersyukurlah dan berterimakasihlah bahwa kamu sudah memiliki itu semua, sedangkan di ujung dunia sana masih ada orang yang buta huruf dan jauh tertinggal kehidupanya. Mereka tak mengenal teknologi canggih seperti yang kamu punyai.

Bersyukurlah bahwa kamu masih bisa makan 3 kali sehari dengan menu yang beragam. Sedangkan ada gelandangan yang harus berpikir keras bagaimana bisa makan sekali sehari tanpa ada pilihan menu. Sudah merasa lebih kaya? Selamat, kamu berhasil.

Lakukan 6 Trik ini dalam kehidupanmu, sehingga hidupmu akan merasa lebih bersyukur dan bahagia. Selamat mencoba, Guys!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: