Minggu, 04 Januari 2015

5 Tips Menata Kamar Kost Mahasiswa Agar Tidak Berantakan

5 Tips Menata Kamar Kost Mahasiswa Agar Tidak Berantakan - Meninggalkan seragam putih abu-abu dan menyandang status baru sebagai mahasiswa, terkadang membuatmu harus pergi ke tempat yang jauh untuk menimba ilmu. Baik kuliah di ibu kota, kota besar maupun ke luar negeri. Kamu juga harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk mulai hidup mandiri. Termasuk menempati kost baru yang jaraknya lebih dekat ke kampus. Kamu perlu mengatur ulang kamar kost kamu agar dapat memberikan suasana senyaman mungkin, karena otomatis selain di kampus, sebagian besar waktumu akan habis di kamar kost.

Hal yang paling umum dialami mahasiswa baru adalah masih kesulitan mengatur kamar kost. Bagaimana tidak, kamu yang biasanya bebas menaruh barang di area sekitar rumah selain di kamar tidurmu, kini takkan bisa sebebas dulu. Keterbatasan luas ruangan kamar kost memaksamu untuk berfikir lebih kreatif dalam menata seluruh perabot dalam satu ruangan. Salah menempatkan dan mengatur barang, bisa-bisa kamar kostmu justru menjadi berantakan bak kapal pecah. So, kamu butuh solusi agar kamar kostmu terlihat rapi.

Nah, kamu tidak perlu pusing untuk hal yang satu ini. Kali ini Izwie akan berbagi beberapa Tips Menata Kamar Kost Mahasiswa Agar Tidak Berantakan. Berikut tips selengkapnya.

1. Tanyakan Aturan Pada Pemilik Kost

5 Tips Menata Kamar Kost Mahasiswa Agar Tidak Berantakan
Hal pertama yang perlu kamu tanyakan pada pemilik kost adalah do and don't aturan dari pemilik kost. Karena posisi kamu di sini bukanlah sebagai pemilik tetap alias hanya menyewa. Jadi, kamu harus tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan pada kamar kostmu. Misalnya, bisa jadi pemilik kamar kost tidak menghendaki kamu memaku sembarangan di dinding kamar kost karena khawatir akan rusak atau dilarang mengganti warna kamar kost kecuali sudah usang. Perhatikan di awal agar kamu tidak harus menanggung resikonya di belakang.

2. Manfaatkan Bawah Tempat Tidur untuk Box Penyimpanan

Manfaatkan Bawah Tempat Tidur untuk Box Penyimpanan
Jika ranjang di kamar kost kamu memiliki kolong di bagian bawahnya, kamu bisa menempatkan box besar yang dapat menampung barang-barang. Kamu bisa menempatkan beberapa barang yang tidak terlalu sering kamu gunakan. Misalnya buku-buku yang tidak sering kamu baca, kotak P3K, makalah kuliah yang sudah lewat, sprei/handuk cadangan atau DVD yang sudah sering kamu tonton.

3. Atur Perabot Berukuran Besar Lebih Dulu

Atur Perabot Berukuran Besar Lebih Dulu
Untuk memberikan kesan lega, kamu harus menata terlebih dahulu barang-barang yang berukuran lebih besar seperti ranjang, lemari pakaian serta meja belajar. Barulah taruh barang-barang yang lebih kecil setelahnya. Usahakan memilih perabot yang ukurannya sesuai dengan luas kamar. Misal kamu sendiri alias tidak berbagi kamar, kamu bisa memilih single bed dan meja belajar berukuran kecil. Jangan boros tempat dengan menaruh barang berukuran jumbo di kamar kost yang sempit.

4. Rapikan Isi Lemarimu

Rapikan Isi Lemarimu
Kamu harus rajin memilah baju-baju ataupun benda-benda yang kamu simpan di lemari. Usahakan semua barang berada pada tempatnya. Kebiasaan menaruh barang sembarangan membuat kamar tampak lebih sempit. Lemari bisa jadi storage utama kamu untuk menyimpan benda kecil-kecil agar tidak berantakan. Letakkan dengan rapi barang-barang yang bisa kamu simpan di lemari.

5. Taruh Tas dan Sepatu di Rak Gantung Mini

Taruh Tas dan Sepatu di Rak Gantung Mini
Nah, kamu yang masih senang bereksplorasi dengan pakaian dan aksesoris saat pergi ke kampus, pasti punya segudang koleksi baju yang udah kamu mix n match dengan sepatu, sandal, tas hingga topi andalanmu. Namun, jangan mengangkut semua koleksimu di rumah ke kamar kostmu. Cukup bawa beberapa saja. Manfaatkan rak gantung mini yang bisa kamu tempel di belakang pintu, samping lemari pakaian atau dinding yang kosong di pojok kamar. Aturlah sedemikian rupa agar kamarmu terlihat rapi.

Nah, itu tadi Tips Menata Kamar Kost Mahasiswa Agar Tidak Berantakan dari Izwie. Semoga dapat sedikit memberikan inspirasi buat kamu yang sedang bingung menata kamar kost baru kamu. Cukup simpel bukan? Selamat mencoba!

Editor : Bagus Hermawan
TAGS
#Tips
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: