Selasa, 30 Desember 2014

7 Ide Resolusi Tahun Baru & Cara Mencapainya

7 Ide Resolusi Tahun Baru & Cara Mencapainya - Waktu perlahan bergulir menuju pergantian tahun. Orang mulai sibuk menyiapkan diri untuk menghadapi tahun baru. Satu persatu resolusi yang dibuat untuk dicapai sepanjang tahun ini mulai dikoreksi dan dievaluasi. Berapa banyak resolusimu yang telah tercapai? Seberapa banyak yang belum sempat kamu realisasikan?

Hmm, banyak orang membuat resolusi namun banyak pula yang tidak tercapai. Ada aja alasannya. Sibuk, nggak fokus, dan beragam kendala lainnya. Bahkan ada yang mengatakan kita membuat resolusi hanya untuk ditulis dan dilupakan. Nah, bagaimana ya cara agar kita bisa menepati resolusi yang kita buat agar terealisasi dengan baik? Kali ini Izwie akan memberikan ide resolusi tahun baru dan cara untuk mencapainya. Simak, yuk!

1. Temui Orang-orang Baru

7 Ide Resolusi Tahun Baru dan Cara Mencapainya
Orang-orang baru dapat ditemui jika kamu memiliki lebih banyak tempat dan media untuk berhubungan dengan orang lain. Perluas jaringanmu dengan mendapatkan pekerjaan baru, masuk bermacam-macam komunitas atau klub dan mengenal orang-orang baru di dunia maya. Anda akan mendapatkan ruang untuk belajar dan berbagi. Ciptakan hubungan baik sebanyak mungkin. Perbanyak teman, tinggalkan permusuhan dan datanglah pada orang dengan senyum pertemanan.

Jika kamu lebih suka hubungan secara langsung di dunia nyata, carilah komunitas di dekatmu. Hadirilah seminar-seminar menarik atau kamu bisa mulai sebuah kursus keterampilan, misalnya? Bertemu banyak orang baru akan mewarnai hidupmu.

Di dunia maya, temukan duniamu dengan mengikuti grup-grup diskusi. Carilah teman baru yang ber-passion sama denganmu. Berkenalan-lah dengan orang-orang hebat. Biasanya satu dua dari mereka sangat welcome dengan kehadiran penggemar. Mengobrollah dengan mereka seperti rekan. Kamu akan menemukan banyak manfaat dari perkenalan tersebut.

2. Hasilkan Lebih Banyak Uang

Hasilkan Lebih Banyak Uang
Setiap orang memimpikan penghasilan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Kenyamanan hidup akan mudah didapatkan jika keperluan dasar telah terpenuhi. Jika saat ini kamu sudah punya pekerjaan, berusahalah menambah penghasilan dengan cara-cara yang kreatif. Hasilkan lebih banyak uang diluar penghasilan tetapmu. Manfaatkan skill-mu untuk membuat karya yang bisa dijual. Asah jiwa entrepreneur agar kamu terbuka terhadap peluang-peluang baru yang menghasilkan banyak uang untukmu. Bangun pasive income-mu mulai tahun depan.

Ingatlah, hidup bukan hanya masalah mencari uang. Ada yang jauh lebih penting untuk dilakukan selama hidup di dunia. Maka dari itu, bangun kekayaanmu agar kamu bisa punya banyak waktu untuk menghasilkan karya.

3. Mulai Menabung

Mulai Menabung
Setelah penghasilan meningkat, bukan berarti gaya hidup dan pengeluaran juga meningkat drastis. Berhematlah, minimal jalani gaya hidup seperti biasa. Simpan uangmu untuk kebutuhan primer. Jika perlu, investasikan. Semakin hemat gaya hidupmu, kamu akan semakin dekat dengan impianmu. Jika penghasilanmu meningkat namun pengeluaranmu tambah besar, bisa-bisa kamu bukannya bebas finansial, tapi malah tekor. Jangan sampai ya, Guys!

Langkah praktisnya, segera buka rekening khusus tabungan. Simpan sebagian pendapatanmu di awal. Dengan cara ini, resolusi untuk memiliki tabungan akan benar-benar terealisasi. Bukan hanya impian semu semata.

4. Tinggalkan Kebiasaan Buruk

Tinggalkan Kebiasaan Buruk
Kebiasan buruk akan menggerogoti kualitas hidupmu. Sebisa mungkin mulailah untuk meninggalkan kebiasaa-kebiasaan burukmu mulai tahun depan. Setiap hari adalah waktu untuk memperbaiki diri, jangan terlena dengan kebiasaan buruk yang akan membawamu ke dalam jurang kehancuran hidupmu.

Berhentilah merokok. Hindarilah alkohol. Jauhi prasangka negatif pada orang lain. Jangan bergosip. Jangan begadang jika hanya untuk nonton bola atau main game. Jangan memakan makanaan yang tidak sehat (junk food). Jangan telat bangun. Semua kebiasaan buruk jika dikikis sedikit demi sedikit, pasti akan mengubah hidup menjadi lebih berkualitas.

5. Mulailah Kebiasaan Baru Yang Baik

Mulai Kebiasaan Baru yang Baik
Sebagai tindak lanjut pengurangan kebiasaan buruk, imbangi dengan memulai kebiasaan baru yang baik. Tidak perlu yang super wah. Jalankan kegiatan sederhana yang penting positif. Lakukan rutin setiap hari.

Mulailah tersenyum pada semua orang. Bangunlah lebih pagi. Mulailah berolahraga secara rutin. Minum air putih sesuai anjuran. Terapkan pola hidup sehat. Bantulah orang yang sedang kesusahan. Jalankan ajaran agamamu dengan baik. Berdermalah.

Jika kamu berhasil membuat kebiasaan baru yang baik, maka seluruh waktumu akan terisi dengan hal-hal yang positif. Cobalah! Lalu lihatlah apa yang akan terjadi dalam setahun ke depan.

6. Baca Lebih Banyak Buku

Baca Lebih Banyak Buku
Membaca buku adalah investasi. Minat baca yang kurang akan membuat wawasanmu sempit. Bacalah lebih banyak buku tahun ini. Jika biasanya kamu hanya sanggup membaca satu buku per bulan (bahkan kurang! Oh, no!), kamu tambah lagi jumlah buku yang kamu baca minimal satu buku seminggu atau 4 buku sebulan. Dalam setahun kamu akan menghabiskan 48 buku. Lumayan, bukan? Variasi-kan bacaan kamu antara bacaan yang berat, sedang dan ringan. Untuk tahapan awal, bacalah buku yang kamu sukai agar minat bacamu semakin besar.

Gunakan waktu senggangmu untuk membaca buku. Sambil menunggu, sambil naik bus, di sela-sela tugas kuliah/kantor, dan sebelum tidur. Manfaatkan setiap waktumu agar target bacaan kamu terpenuhi. Semakin banyak bacaan yang kamu selesaikan, otakmu akan semakin berkembang.

7. Kurangi Nonton TV Agar Lebih Produktif

Kurangi Nonton TV Agar Lebih Produktif
Televisi adalah salah satu pembunuh waktu terbesar! Setiap orang rutin menggunakan waktunya berjam-jam di depan kotak ini sepanjang hari. Entah untuk mengusir bosan, atau betul-betul mengikuti tayangan sinetron/drama favorit. Bahkan ada pula yang menyalakannya sepanjang hari hanya agar rumahnya tak sepi.

Kurangilah jam menonton televisimu. Gunakan waktu yang tersedia untuk belajar dan menghasilkan karya nyata. Beristirahat lebih baik untuk kesehatanmu daripada harus menatap layar kaca selama berjam-jam. Matikan televisi dan bergeraklah. Be more productive!

Itulah 7 ide resolusi tahun baru dan cara mencapainya. Kamu dapat membuat daftarnya lebih sedikit atau lebih panjang sesuai dengan kemampuanmu. Tuliskan resolusimu di selembar kertas, tempel di tempat strategis seperti di dekat cermin supaya kamu ingat apa yang akan kamu kerjakan setahun ke depan. Bila perlu, pampanglah resolusimu di tempat umum seperti media sosial agar teman-temanmu dapat mengingatkanmu akan resolusi yang telah kemu buat. Selamat mencoba!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: