Saturday, 5 October 2019

Siapakah Andy Warhol?

Lahir pada 6 Agustus 1928, Pittsburgh, Pennsylvania, Andy Warhol adalah ilustrator majalah yang menjadi tokoh penting dalam pergerakan Pop art pada tahun 1960an. Menjelajahi beragam bentuk kesenian, termasuk seni pertunjukkan, pembuatan film, instalasi video. Dia menjadi salah satu tokoh yang mempersatukan fine art (seni murni) dengan estetika mainstream. Warhol meninggal pada 22 Februari 1987, di New York City.

Pop Art

Setelah lulus dengan gelar Bachelor of Fine Arts pada tahun 1949, Warhol berpindah ke New York City mengejar karir menjadi seniman komersil. Warhol bekerja untuk majalah Glamour pada bulan September hingga menjadi salah satu seniman komersil tersukses pada tahun 1950an. Dia mendapatkan pengargaan untuk gaya unik dan tidak biasa, menggunakan teknik blotted line dan stempel karet untuk proses pembuatan karyanya.

Campbell’s Soup Cans

Pada akhir tahun 1950, Warhol mulai berfokus pada seni lukis, dan pada tahun 1961, dia memulai konsep debutnya yang disebut “pop art”, lukisan yang diperuntukkan untuk produksi massal komersil. Pada tahun 1962 lukisan Campbell’s Soup Cans mulai dipamerkan. Karya kanvas kecil tentang kebutuhan konsumen sehari-hari ini menarik dunia kesenian, menjadikan Warhol beserta Pop Art sorotan nasional.

Karya terkenal Warhol lainnya menggambarkan botol coca-cola, vacuum cleaner dan hamburger.

Potret

Warhol juga menggambar potret selebriti dengan gaya menyolok dan cerah; karya potret selebritinya meliputi Marilyn Monroe, Elizabeth Taylor, Mick Jagger dan Debbie Harry. Ketika potret-potret ini mendapatkan ketenaran, Warhol mendapatkan ratusan komisi untuk potret dari sosialita dan selebriti. Potretnya yang berjudul “Eight Elvises” terjual dengan harga 100 Juta USD pada tahun 2008, menjadikan potret ini sebagai salah satu lukisan termahal di dunia.


The Factory

Pada tahun 1964, Warhol membuka studio seninya, gudang luas dengan dinding berwarna silver yang disebut The Factory (Pabrik). The Factory dengan cepat menjadi salah satu premiere kultural ternama di New York, suasana pesta mewah yang dihadiri oleh selebriti dan sosialita, termasuk musisi bernama Lou Reed.

Pada tahun 1968, karir Warhol hampir tamat. Dia ditembak oleh Valerie Solanas, seorang penulis dan feminis radikal, pada tanggal 3 Juni, Warhol terluka parah karena serangan ini. Solanas pernah tampil dalam salah satu film karya Warhol dan dikabarkan marah karena naskah yang ditulisnya ditolak oleh Warhol. Setelah kejadian penembakan, Solanas ditangkap dan mengaku bersalah atas tindak kriminalnya. Warhol dirawat dirumah sakit New York dan dia harus menggunakan korset paska operasi selama hidupnya.

Film dan Buku karya Warhol

Pada tahun 1970an, Warhol mempublikasikan buku berjudul The Philosophy of Andy Warhol (From A to B and Back Again) dan Exposures. Warhol juga ber-eskperimen dengan video art, memproduksi lebih dari 60 film sepanjang karirnya. Beberapa karya filmnya yang paling terkenal termasuk Sleep, yang menggambarkan penyair bernama John Giorno tidur selama 6 jam dan Eat yang menggambarkan seorang pria menyantap jamur selama 45 menit.
Warhol juga berkarya dibidang fotografi dan seni pahat, dan pada tahun 1980an, dia berpindah pada bidang pertelevisian, menjadi host televisi Andy Warhol’s TV dan Andy Warhol’s Fifteen Minutes di MTV.

Kematian

Pada akhir hidupnya, Warhol menderita penyakit kronis yang berhubungan dengan kantung empedu. Pada tanggal 20 Februari 1987, dia menjalani operasi pengangkatan kantung empedu yang berhasil dan kondisi kesehatannya terlihat membaik. Namun, beberapa hari kemudian dia mengalami komplikasi yang berakibat serangan jantung. Warhol meninggal pada 22 Februari 1987 dengan umur 58 tahun. Ribuan orang menghadiri memorial yang diadakan di St. Patrick’s Cathedral, New York City.

Legasi

Karya-karya Warhol secara bersamaan menyindir dan memuji pola hidup materialis dan selebritas. Dalam beberapa karya lukisnya yang piuh tentang produk dan wajah selebriti bisa diartikan dengan kritik sebuah kultur yang ter-obsesi dengan kekayaan dan selebritas. Di pihak lain karya warhol tentang barang dagang konsumen serta ikon pop-kultur, pengalaman pribadi dengan kekayaan dan popularitas memberi kesan aspek hidup yang dirayakan oleh kultur Amerika adalah kritik karyanya. Warhol mendiskusikan kontradiksi tentang karya dan hidupnya pada bukunya yang berjudul The Philosophy of Andy Warhol, menulis “mendapatkan uang adalah seni dan bekerja adalah seni dan bisnis bagus adalah seni terbaik.”

Sumber
https://en.wikipedia.org/wiki/Andy_Warhol
https://www.flickr.com/photos/oddsock/100943517
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Andy_Warhol_vagina_drawing.jpg
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: