Selasa, 02 Januari 2018

4 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Bila Memiliki Cadangan Dana Darurat

Pernahkah Anda mengenal orang yang tak pernah punya tabungan sama sekali?

Atau mungkin justru Anda sendiri yang mengalami hal tersebut?

Kebiasaan untuk hidup tanpa tabungan harus dihindari. Karena tabungan sangat penting untuk menjamin kondisi finansial Anda. Selain tabungan, Anda bahkan harus menyisihkan cadangan dana darurat yang tak kalah penting.

Anda bisa memperoleh 4 manfaat berikut ini bila sudah memiliki cadangan dana darurat mulai sekarang:

Mengantisipasi Musibah yang Terjadi Tiba-Tiba

Tak ada orang yang bisa memperediksi datangnya musibah. Mungkin saja Anda atau keluarga tiba-tiba mengalami kecelakaan atau sakit parah. Jika hal tersebut terjadi, maka cadangan dana darurat membuat kondisi finansial Anda tak akan terganggu. Anda masih leluasa mengatasi musibah dengan cadangan dana tersebut tanpa harus mengganggu jumlah tabungan Anda yang lain.

Membuat Anda Tak Perlu Berutang

Saat ini tak ada utang yang bisa diperoleh secara cuma-cuma. Justru banyak pinjaman dengan bunga relatif tinggi. Ketika Anda mengalami kesulitan, cadangan dana darurat akan menghindarkan Anda dari utang. Anda bisa menggunakan dana darurat tersebut untuk menutupi kebutuhan Anda. Sehingga Anda tak perlu terbebani dengan utang dan bunganya yang tinggi.

Langkah Antisipasi untuk Menopang Bisnis

Pasang surut bisnis membuat Anda harus lebih cermat menjalankannya. Hal inilah yang membuat cadangan dana darurat benar-benar penting bagi Anda. Saat bisnis Anda membutuhkan tambahan modal atau dana, Anda bisa memanfaatkan dana darurat sebagai solusinya. Ketersediaan dana darurat tidak akan membuat Anda merogoh kocek lebih dalam dari tabungan pribadi.

Persiapan Agar Tak Mengganggu Aset Investasi

Memiliki dana darurat berarti mencapai kondisi finansial yang stabil. Dana darurat membuat Anda tak perlu mengusik aset investasi seperti objek properti, emas, atau reksadana yang Anda miliki. Sebaliknya, Anda justru bisa menyisihkan sedikit dana darurat untuk investasi jangka pendek, misalnya investasi di Mekar.id. Investasi aman melalui perusahaan yang satu ini ternyata juga membawa keuntungan bagi pengembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Manfaatkan peluang investasi di Mekar.id yang tak akan mengganggu kondisi finansial Anda. Karena nilai dan yang Anda investasikan bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Memiliki cadangan dana darurat dan investasi pasti membuat Anda merasa lebih aman. Risiko gangguan kondisi finansial pun bisa diminimalkan.



TAGS
#Keuangan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: