Jumat, 10 November 2017

10 Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil memang tidak diragukan lagi, terutama wanita hamil yang membutuhkan banyak nutrisi untuk dirinya, dan juga calon bayinya. Sebab buah berkulit kuning ini kaya akan serat dan berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B6, C serta berbagai mineral seperti asam folat magnesium, kalsium, kalium, potasium, dan zat besi. Tidak hanya itu pisang juga mengandung tiga jenis gula alami, yaitu glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Lalu apa saja sebenarnya Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil, berikut ini penjelasannya:

Energi Tambahan

Pada masa awal kehamilan kebanyakan wanita akan kesulitan untuk mengkonsumsi makanan karena rasa mual. Padahal selama kehamilan, ibu dan janin harus mendapatkan asupan gizi yang seimbang. Mengkonsumsi buah pisang bisa dijadikan alternatif bagi wanita hamil yang membutuhkan sumber energi dan ingin melakukan diet sehat. Sebab satu buah pisang memberikan 21 persen energi bagi tubuh yang tentunya sangat baik untuk pembentukan tubuh, kerja otot serta bisa mengatasi kelelahan.

Bayi Laki-laki

Meski sampai saat ini belum ada cara yang ampuh untuk memastikan kalau janin yang dikandung akan terlahir sebagai bayi laki-laki. Tetapi sebuah penelitian di Inggris menunjukan bahwa peluang wanita melahirkan bayi laki-laki bisa meningkat hingga 55 persen dengan mengonsumsi buah pisang. Sebab kelahiran bayi laki-laki ternyata berkolerasi tingginya kadar kalium, natrium, dan kalsium yang mana kandungan tersebut ada pada buah pisang.

Mual & Morning Sickness

Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil sangat terasa pada trimester pertama kehamilan karena biasanya wanita hamil sering berurusan dengan morning sickness dan mual. Agar bisa terhindar dari gejala yang tidak menyenangkan tersebut, wanita hamil bisa mengonsumi pisang yang kaya vitamin B6 dan potasium karena dapat menenangkan asam lambung dan meningkatkan pencernaan.

Kram Usus & Diare

Selama kehamilan biasanya akan terjadi beberapa gangguan kehamilan, dan salah satunya adalah kram usus yang bisa menyakibatkan terjadinya diare pada wanita hamil. Agar tidak mengalami gangguan ini, wanita hamil sebaiknya mengonsumi pisang karena mengandung pektin dan serat larut lainnya. Serat ini akan membantu mengurangi diare dan menyerap kelebihan air di dalam tubuh.

Kembung & Diare

Kembung dan diare memang lebih sering dialami wanita, terutama pada wanita hamil yang sering mengalami gangguang kehamilan ini karena terjadi perubahan hormonal. Untuk itu wanita disarankan mengkonsumsi serat. Serat ini bisa diperoleh dari buah pisang yang setiap buahnya mengandung 6 gram serat, sehingga membantu menggerakan usus halus agar bisa membentuk tinja.

Kram Kaki & Pembengakakan

Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil juga bisa menghindari ibu hamil dari gangguan berupa kram kaki dan pembengkakan di bagian tubuh lainnya. Sebab buah pisang mengandung mineral, karbohidrat serta kalium yang mampu mengatasinya gangguan kehamilan tersebut. Ketika sedang hamil diperlukan setidaknya 4700 mg kalium setiap hari, dan satu buah pisang bisa memenuhi sembilan persennya.

Kram Otot

Wanita hamil biasanya akan mengalami gangguan kehamilan dan salah satunya adalah kram otot. Hal ini terjadi karena kontraksi otot yang tidak stabil dan aliran darah balik yang tidak lancar akibat tekanan dari rahim serta kekurangan kalsium. Agar terhindar dari kram otot, wanita hamil sebaiknya mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh dengan mengonsumsi buah pisang. Selain itu, kalsium pada buah pisang juga berguna untuk pembentukan tulang dan gusi pada janin.

Hipertensi

Selama masa kehamilan seorang wanita harus memastikan kalau kerja jantung, dan pemompaan darahnya dapat memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Hal ini tentu akan menghindari wanita hamil dari bentuk penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) yang terjadi pada ibu hamil atau biasa disebut preeklamsia. Agar terhindar dari penyakit ini, ibu hamil bisa mengonsumsi buah pisang yang mengandung natrium karena dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan menjaga jantung tetap sehat.

Bayi lahir Prematur/Cacat atau Berat Badan Rendah

Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil lainnya adalah akan menghindari ibu hamil dari kekurangan asam folat yang berisiko tinggi melahiran bayi prematur, bayi dengan berat lahir rendah bahkan bayi yang mengalami cacat pada selubung sarafnya. Untuk itu, wanita hamil disarankan mengonsumsi pisang yang mengandung asam folat dan mudah diserap janin melalui rahim. Bahkan wanita yang sebelum pembuahan dan masuk masa awal kehamilan rutin mengomsumsi 0,4 mg asam folat dapat mengurangi risiko melahirkan bayi cacat tabung saraf hingga 70 persen.

Kematian Saat Melahirkan

Salah satu penyebab utama kematian ibu saat melahirkan adalah anemia yang diakibatkan kekurangan zat besi. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, maka wanita hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan zat besi dengan mengonsumsi banyak buah pisang.

Meski Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil amat banyak, tetap ada hal yang perlu diwaspadai dari buah pisang. Pertama, satu buah pisang mengandung sekitar 85 - 100 kalori untuk itu wanita hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi pisang terlalu berlebihan dalam satu harinya agar tidak mengalami kelebihan berat. Kedua, pisang mengandung kitinase yang merupakan pemicu reaksi alergi, terutama orang yang alergi terhadap lateks lateks buah. Jadi buat ibu hamil yang alergi terhadap lateks perlu menghindari buah-buah yang mengandung kitinase, termasuk pisang, alpukat, kiwi, serta chestnut. Intinya wanita hamil jangan terlalu berlebihan makan pisang, dan harus mengetahui apakah ia alergi lateks buah atau tidak. Barulah bisa didapatkan Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil.

Baca Juga : Ketahui 10 Manfaat Mengejutkan Makan 3 Pisang Setiap Hari
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: