Kamis, 03 Agustus 2017

Ketahui 20 Jenis Makanan Sehat Yang Tinggi Vitamin A

Jika kamu beranggapan bahwa vitamin A selalu berkaitan dengan kesehatan mata, hal itu memang bisa dibenarkan. Dengan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin A bisa mencegah kita dari mata kering, radang mata, dan bahkan kebutuhan. Setiap makanan yang mengandung vitamin A tentunya juga mengandung antioksidan yang bisa bermanfaat bagi kesehatan secara menyeluruh.

Umumnya, orang-orang dewasa membutuhkan sekitar 5000 UI Vitamin A / hari. Dan untuk mempermudah kamu memiliki makanan yang kaya akan vitamin A, berikut daftar makanan sehat yang tinggi akan kandungan Vitamin A.

1. Wortel

Makanan Sehat Yang Tinggi Vitamin A
Sudah bukan menjadi rahasia umum jika wortel merupakan makanan yang tinggi akan vitamin A. Jika kamu tidak ingin memiliki masalah dengan mata, mengkonsumsi wortel bisa menyehatkan mata kamu. Wortel merupakan makanan yang mengandung jumlah vitamin A yang cukup fantastis, wortel juga kaya akan vitamin C, K, dan B, serta magnesium dan kaya akan serat. Jadi selain mata, kandungan lainnya juga bisa menyehatkan tubuh kamu secara keseluruhan.

Kandungan Wortel/ 100 gram
  • Kalori : 41 gram, Serat : 2,8 gram
  • Vitamin A : 16,700 UI

2. Ubi jalar

Di Indonesia khususnya di pedesaan, ubi jalar merupakan makanan yang cukup popular karena rasanya yang unik dan lezat. Tapi jika berbicara tentang nilai gizi, mungkin kamu akan terkejut karena ubi jalar memiliki kandungan vitamin A dengan jumlah yang cukup tinggi. Jadi selain tinggi akan serat dan baik untuk sistem pencernaan, ubi jalar juga merupakan makanan yang baik untuk kesehatan mata juga.

Kandungan Ubi Jalar/ 100 gram
  • Kalori : 85 gram, Serat : 3 gram
  • Vitamin A : 14,180 UI

3. Minyak Hati Ikan COD

Minyak Hati Ikan COD
Minyak hati ikan COD merupakan makanan yang memiliki sumber yang sangat kuat akan vitamin dan mineralnya. Baik dalam bentuk cair maupun kapsul, minyak ini mengandung vitamin A, vitamin D dan terkenal akan kandungan asam lemak omega-3-nya.

Tak usah mengkonsumsinya secara berlebih untuk mendapatkan vitamin A-nya, cukup dengan dengan satu sendok minyak COD sudah bisa memenuhi bahkan melampaui kebutuhan asupan harian Vitamin A kamu.

Kandungan Minyak Hati Ikan COD/ 1 Sendok Makan
  • Kalori: 126 gram
  • Vitamin A : 14,000 UI

4. Cabai Rawit

Cabai rawit merupakan bahan yang terbilang wajib dimasukkan ke dalam makanan khas Indonesia. Walaupun tidak semua orang suka makanan pedas dan cabai juga bukanlah makanan yang memiliki kandungan vitamin A tertinggi dalam daftar ini, yang jelas cabai juga mampu memenuhi kebutuhan harian vitamin A kamu.

Kandungan Cabai Rawit / 100 gram
  • Kalori : 103 gram
  • Vitamin A : 11,050 UI

5. Butternut Squash

Butternut Squash
Mungkin kamu akan sedikit asing dengan labu yang memiliki bentuk unik dan memiliki warna kuning ini. Tapi labu ini tinggi akan kandungan beta karoten dan di ubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Hanya dalam takaran 100 gram, labu ini mampu mencukupi 209% nilai harian kebutuhan vitamin A kamu. Selain itu, butternut squash juga mengandung vitamin C, kalsium, serat yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan.

Kandungan Butternut Squash/ 100 gram
  • Kalori : 44 gram, Serat : 2 gram
  • Vitamin A : 10,630 UI

6. Kale

Kale meupakan sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Jika kamu adalah seorang vegetarian, kale merupakan sayuran lezat dan kaya akan nutrisi yang mendapatkan tempat yang layak untuk program diet kamu.

Kale dapat memberi keajaiban bagi kesehatan kamu, termasuk memenuhi jumlah vitamin A yang direkomendasikan untuk nilai harian kamu. Dalam takaran 100 gram-nya kale mampu memenuhi 199% nilai harian vitamin A yang kamu butuhkan.

Kandungan Daun Basil/ 100 gram
  • Kalori : 49 gram
  • Vitamin A : 9,990 UI

7. Spinach

Spinach
Jangan menyamakan spinach dengan bayam yang biasa kita kenal karena dari segi bentuk juga sudah berbeda. Di Indonesia dan Malaysia bayam sering disalahartikan menjadi spinach dalam bahasa inggris (mungkin ini akibat penerjemahan yang dilakukan dalam film kartun popeye).

Bayam yang sering kita jumpai di Indonesia memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dari pada spinach, namun hanya memiliki 2 IU vitamin A. Sedangkan spinach mampu memenuhi 187% nilai harian vitamin A kamu. Selain itu spinach juga mengandung vitamin C, vitamin K, mangan, besi dan kalsium.

Kandungan Spinach/ 100 gram
  • Kalori : 23 gram, Serat : 2,2 gram
  • Vitamin A : 9,377 UI

8. Labu /Waluh

Buah yang sering digunakan dalam pesta helloween ini ternyata memiliki kandungan vitamin A dengan nilai yang cukup fantastis. Ada banyak cara untuk mengkonsumsi buah dengan bentuk yang unik ini, entah itu dengna cara dicampuran dalam kolak, agar-agar atau kue. Tapi jika kamu ingin mendapatkan kandungan yang maksimal dan tidak ingin ribet, cukup potong-potong kemudian rebus hingga matang. Selain dagingnya, biji labu juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Labu/ 100 gram
  • Kalori : 25 gram, 0,5 gram
  • Vitamin A : 8.513 UI

9. Marjoram

Marjoram
Marjoram merupakan sejenis tanaman yang biasa digunakan untuk permen. Di beberapa negara, marjoram sering dikonsumsi dalam bentuk bumbu kering untuk mendapatkan rasa yang unik dan lezat tentunya.

Tanaman ini mungkin tidak pernah kamu konsumsi, tapi marjoram memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi. Dalam takaran 100 gram mampu memenuhi 161% kebutuhan nilai harian vitamin A kamu.

Kandungan Marjoram / 100 gram
  • Kalori : 271 gram, Serat : 40 gram
  • Vitamin A : 8,068 UI

10. Selada

Selada merupakan jenis sayuran yang cukup popular di Indonesia. Selain memiliki citra rasa yang segar, selada kerap dijadikan campuran dalam salad dan lalapan. Selada juga termasuk jenis makanan yang rendah kalori, tinggi akan serat dan kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kandungan Selada/ 100 gram
  • Kalori : 14 gram, serat 1,3 gram
  • Vitamin A : 7.405 UI

11. Daun Basil

Daun Basil
Di negara maju, daun basil sering dikonsumsi kering dan ditaburkan pada makanan yang sudah siap saji. Namun jika kamu bisa mengkonsumsinya dalam keadaan segar dengan cara dicampur ke dalam salad atau makanan yang masih hangat, kamu tidak akan kehilangan kandungan vitamin A yang mampu memenuhi 105% nilai harian kamu.

Kandungan Daun Basil/ 100 gram
  • Kalori : 22 gram, Serat : 1,6 gram
  • Vitamin A : 5,275 UI

12. Sawi

Apakah kamu suka mengkonsumsi sawi? Bagaimana kamu mengkonsumsi sawi, apakah dengan ditumis atau dijadikan campuran salad? Ada banyak cara untuk menikmati sawi, yang jelas sawi merupakan makanan yang rendah kalori dan memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dari segi vitamin, dalam takaran 100 gram sawi mengandung 4,468 UI vitamin A. Selain itu mereka juga kaya akan kandungan vitamin C, vitamin E, mangan folat, serat, protein dan kalsium yang baik untuk menjaga tubuh kamu tetap sehat.

Kandungan Kacang Polong/ 100 gram
  • Kalori : 13 gram, Serat : 1 gram
  • Vitamin A : 4,468 UI

13. Buah Blewah

Walaupun memiliki bentuk yang hampir mirip dengan melon, tapi buah blewah memiliki kandungan vitamin A yang lebih tinggi. Buah blewah juga merupakan makanan lezat yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Walaupun kita sering mengkonsumsi buah ini dalam bentuk es blewah, namun jika kamu bisa lebih kreatif ada banyak cara untuk menikmati buah yang tinggi vitamin A ini.

Kandungan Buah Blewah/ 100 gram
  • Kalori : 33 gram, Serat : 0,9 gram
  • Vitamin A : 3,382 UI

14. Aprikot Kering

Aprikot Kering
Aprikot merupakan jenis buah-buahan yang mungkin sangat jarang kamu konsumsi. Tapi ketika kamu mendapatkan buah ini, pastikan untuk mengkonsumsinya dalam keadaan kering untuk mendapatkan kandungan nutrisi, antioksidan dan energi yang lebih banyak.

Aprikot kering juga pilihan yang bagus untuk program diet sehat vitamin A. Dalam satu cangkir aprikot kering mengandung 94% nilai yang direkomendasikan untuk memenuhi nilai harian vitamin A kamu.

Kandungan Aprikot Segar/ 100 gram
  • Kalori : 48 gram, serat 2 gram
  • Vitamin A : 1,926 UI

15. Kapsikum

Kapsikum
Cabai jenis ini sudah sering digunakan sebagai campuran makanan karena mampu memberikan aroma. Ada banyak cara untuk memanfaatkan cabai jenis kapsikum ini, ada bisa mencapurkannya ke dalam salad, pasta dan bahkan makanan khas di daerah kamu.

Terlepas dari bagaimana cara kamu mengolahnya, yang jelas cabai ini memiliki manfaat bagi kesehatan karena semua jenis cabai mengandung antioksidan termasuk lycopene, vitamin C dan Vitamin A.

Kandungan Kapsikum/ 100 gram
  • Kalori : 39 gram, Serat : 1,5 gram
  • Vitamin A : 1,179 UI

16. Mangga

Mangga merupakan buah yang manis, tapi juga ada yang memiliki rasa asam. Di musim panas, buah ini sangatlah cocok dijadikan sebagai santapan. Selain menyegarkan mangga juga mampu memenuhi kebutuhan vitamin A kamu. Dalam satu irisan ukuran sedang, buah mangga mampu menghasilkan 1,780 IU vitamin A (38% nilai harian).

Kandungan Kapsikum/ 100 gram
  • Kalori : 59 gram, 1,6 gram
  • Vitamin A : 1,082 UI

17. Tomat

Dari sudut botani, tomat secara teknis merupakan jenis buah-buahan, namun masih banyak orang yang menganggapnya sebagai sayuran. Terserah mereka ingin menganggapnya apa, yang terpenting tomat merupakan makanan yang rendah kalori dan tinggi akan kandungan vitamin dan mineral. Pada satu tomat ukuran sedang mampu memenuhi kebutuhan harian vitamin A sebesar 20%. Selain itu tomat juga sumber vitamin C dan lycopene yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Kubis Brussel/ 100 gram
  • Kalori : 17 gram, 1,2 gram
  • Vitamin A : 833 UI

18. Kacang Polong / Ercis

Kacang Polong
Ercis atau kacang polong yang memiliki warna hijau merupakan makanan yang manis dan memiliki citra rasa yang cukup lezat. Mereka juga merupakan makanan sehat yang baik untuk diet sehat kamu.

Dalam takaran setengah cangkir kacang polong mampu menyediakan 134% dari jumlah yang dibutuhkan oleh nilai harian vitamin A kamu. Selain itu ercis juga rendah kalori, tinggi vitamin C, K, dan B.

Kandungan Kacang Polong/ 100 gram
  • Kalori : 81 gram, Serat : 5 gram
  • Vitamin A : 765 UI

19. Kubis Brussel

Kubis Brussel
Berbeda dengan jenis kubis yang biasa kita jumpai. Kubis brussel memiliki ukuran yang lebih mungil, namun dari segi kadungan vitamin A, sayuran ini memiliki jumlah yang lebih tinggi (754 UI vitamin A/ 100 gram-nya). Kubis brussel juga merupakan makanan yang baik untuk diet sehat kamu karena selain tinggi vitamin A juga tinggi serat dan rendah kalori.

Kandungan Kubis Brussel/ 100 gram
  • Kalori : 42 gram, 3,8 gram
  • Vitamin A : 754 UI

20. Telur

Selain tinggi akan protein, ternyata telur juga memiliki kandungan vitamin A walaupun dalam daftar ini telur memiliki nilai yang paling rendah. Yang jelas telur masih mampu memenuhi kebutuhan harian vitamin A kamu. Dalam takaran 100 gram, telur mampu menghasilkan vitamin A sebesar 520 IU

Kandungan Telur/ 100 gram
  • Kalori : 155 gram
  • Vitamin A : 520 UI
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: