Minggu, 09 Juli 2017

Inilah 7 Gejala Penyakit Jantung Yang Wajib Kamu Ketahui

Penyakit jantung adalah salah satu pembunuh nomor 1 di dunia. Tidak seperti penyakit lain yang bisa dideteksi sejak awal, penyakit ini biasanya baru disadari ketika telah terjadi serangan secara mendadak dan tiba-tiba. Banyak orang kehilangan nyawa pada saat mengalami serangan jantung.

Ketidaktahuan tentang penanganan darurat terhadap orang yang mengalami serangan jantung membuat semakin banyak orang yang meninggal akibat serangan penyakit mematikan ini. Hal itu ditunjang juga dengan pemahaman yang kurang terhadap tanda-tanda awal penyakit itu sendiri.

Mengetahui gejala sejak dini adalah langkah awal agar terhindar dari penyakit jantung. Berikut ini adalah beberapa tindakan kenali gejala penyakit jantung sejak dini:

1. Sakit kepala

Gejala Penyakit Jantung
Gejala penyakit jantung yang pertama adalah rasa sakit pada bagian kepala. Gejala ini biasa ditemukan pada orang yang tiba-tiba merasa sakit di bagian kepala setelah terlalu lama terkena sinar matahari. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sakit kepala terutama migrain adalah tanda awal terjadinya penumpukan sirkulasi darah. Jantung yang seharusnya memompa darah ke seluruh tubuh tidak mampu lagi melakukan tugasnya.

Kenali gejala penyakit jantung sakit kepala yang terjadi tanpa sebab yang pasti secara tiba-tiba yang terkadang bisa menimbulkan pingsan akibat tidak mampu menahan rasa sakit yang luar biasa pada bagian kepala.

2. Rasa Nyeri Pada Bagian Dada

Seperti pada umumnya orang yang terkena serangan jantung selalu memegang bagian tubuh yaitu dada. Pernahkan kamu mengalami rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk pada bagian dada yang biasanya disertai dengan susah nafas? Jika pernah, kamu patut waspada karena bisa jadi itu indikasi awal penyakit jantung.

Segera kenali gejala penyakit jantung berupa rasa nyeri di dada karena ini salah satu tanda penyakit jantung dan penyakit lainnya. Rasa sakit ini akibat tidak teralirnya darah ke seluruh tubuh karena penyumbatan pada pembuluh arteri. Segera periksakan ke dokter apabila kamu merasakan gejala ini sebelum terlambat.

3. Sakit Di Sekujur Tubuh

Kenali gejala penyakit jantung seperti rasa sakit pada bagian tangan, bahu punggung, leher, kaki, dan sebagainya yang datang secara tiba-tiba tanpa penyebab pasti.

Setiap orang punya karakter sendiri terhadap daya tahan tubuh. Sistem imun yang baik dapat menghambat laju peredaran penyakit dalam tubuh termasuk pada penyakit jantung. Seseorang yang sistem imunnya kurang baik akan merasakan rasa sakit yang menyeluruh di semua anggota tubuh sebagai gejala penyakit yang harus kamu ketahui. Namun untuk orang dengan ketahanan tubuh yang baik tidak akan mengalami sakit di semua anggota tubuh melainkan hanya pada bagian tubuh tertentu karena jantung masih sanggup berfungsi meskipun tidak terlalu baik.

Baca Juga : Konsumsi 11 Makanan Ini Secara Seimbang, Niscaya Jantungmu Akan Lebih Sehat

Penyumbatan pada pembuluh darah menyebabkan aliran darah tidak lancar sehingga menimbulkan rasa sakit di sekujur tubuh.

4. Mudah Lelah

Hampir semua gejala awal penyakit jantung mirip dengan gejala anemia seperti pusing, lemas, dan mudah lelah. Kenali gejala penyakit jantung yang paling mirip dengan gejala pada anemia yaitu mudah lelah.

Perlu digaris bawahi gejalanya mirip dengan anemia yaitu penyakit kekurangan darah yang tidak terlalu berbahaya. Kemiripan inilah yang membuat orang berfikir ringan dan tidak menyadari resiko penyakit berbahaya seperti jantung.

Kelelahan setelah melakukan aktifitas itu normal, tapi jika tanpa melakukan aktifitas apapun misalnya baru bangun tidur kamu sudah merasa lelah, hal itu yang perlu diwaspadai. Jangan terpaku pada gejala anemia dan segera lakukan langkah pencegahan dengan memeriksakan diri ke dokter.

5. Sesak Nafas

Kenali gejala penyakit jantung yang berhubungan dengan nyeri dada yaitu sesak nafas. Sesak nafas adalah akibat rasa nyeri pada bagian dada sehingga penderitanya tidak mampu mengatur tempo nafas dengan baik dan teratur. Rasa nyeri ini adalah pemicu utama susak nafas yang jika tidak segera mendapatkan penanganan akan fatal akibatnya.

Yang terjadi pada penderita sesak nafas adalah denyut jantung yang tidak teratur berakibat pada pengaturan nafas yang tidak teratur juga sehingga menyebabkan sesak nafas.

Kenali gejala penyakit jantung ini karena selain penyakit jantung kemungkinan adanya penyakit lain yang ditandai sesak nafas antara lain paru-paru dan kelainan pada liver.

6. Mual & Keringat Dingin

Kenali gejala penyakit jantung layaknya orang masuk angin yang merasa mual dan ingin muntah. Kebanyakan orang mengira bahwa gejala yang dialami hanya masuk angin biasa bahkan tanpa disertai rasa nyeri pada bagian dada sehingga tidak ada pemikiran itu adalah tanda-tanda serangan jantung.

Istilah angin duduk sering digunakan untuk serangan jantung yang terjadi tiba-tiba dan menyebabkan kefatalan yaitu hilangnya nyawa. Tanpa penyebab yang pasti rasa mual datang dengan sendirinya didahului dari pembengkakan pada perut sebagai akibat dari aliran darah pada jantung yang tidak normal.

Rasa mual yang disertai keringat dingin perlu diwaspadai dan bukan hanya menganggap bahwa itu masuk angin yang akan segera sembuh.

7. Bengkak Pada Bagian Tubuh Tertentu

Kenali gejala penyakit jantung yang mungkin juga pernah kamu alami. Bengkak di daerah-daerah tertentu seperti kaki dan tangan menandakan terdapat gumpalan cairan yang menyumbat pembuluh darah akibat lemahnya fungsi jantung.

Kenali gejala penyakit jantung pada diri sendiri sedari awal sehingga kita bisa mengambil langkah preventif sebelum terjadi hal buruk lainnya. Setelah mengetahui apa saja tanda atau gejala awal terjadinya penyakit jantung diharapkan kamu bisa lebih selektif dalam menentukan langkah yang tepat untuk kesehatan jantung dan keselamatan diri sendiri tentunya.
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: