Selasa, 17 Januari 2017

Ini Dia Manfaat Zat Besi Bagi Tubuh, Penting Banget Buat Kamu Yang Banyak Aktivitas

Buat kamu yang tiap hari punya aktivitas segunung, tentunya menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang wajib dilakukan. Ketika kita punya begitu banyak agenda, tentunya kita ingin melakukannya dengan tuntas. Namun apa jadinya jika tubuh kita tiba-tiba lemas? Salah satu faktor penyebabnya adalah kekurangan vitamin dan mineral.

Diantara banyak jenis vitamin dan mineral, zat besi adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh. Di dalam sel darah merah kita terdiri dari sebagian besar zat besi. Oleh karena itu, kekurangan zat besi dapat menyebabkan kamu jadi kurang bersemangat saat beraktivitas. Zat besi dalam darah membantu membawa oksigen ke paru paru dan memaksimalkan fungsi oksigen dalam tubuh.

Nah, berikut ini izwie akan menguraikan beragam manfaat lain dari zat besi bagi tubuhmu. Hal ini sangat penting dibaca oleh kamu yang memiliki banyak kegiatan seperti belajar, olahraga, dan lain-lain. Simak, yuk!

Membawa Oksigen ke Seluruh Tubuh

Makan
Seperti yang sudah di singgung di atas, manfaat zat besi antara lain untuk membawa oksigen ke paru-paru. Namun, bukan hanya paru-paru lho, Sobat Izwie. Seluruh organ tubuh dapat bekerja dengan baik apabila oksigen didistribusikan dengan baik dan lancar. Nah, inilah tugas dari zat besi untuk memperlancar aliran oksigen dalam darah sehingga organ tubuhmu seluruhnya dapat bekerja dengan normal.

Mencegah Anemia

Penyakit anemia disebabkan oleh kurangnya produksi hemoglobin dalam darah. Anemia dapat menjadi penyakit serius, karena jika kamu terserang anemia, kamu akan kesulitan untuk beraktivitas secara normal. Perasaan lemas, letih dan lesu akan membuat pekerjaanmu jadi terganggu.
Zat besi bertugas untuk memaksimalkan produksi hemoglobin dalam darah, sehingga sel darah merah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Hemoglobin yang cukup, akan mencegah penyakit anemia menyerang tubuhmu. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Memperkuat Imunitas Tubuh

Gampang sakit itu nggak enak. Mau aktivitas, malah harus bedrest dan minum obat-obatan. Tentunya hal itu bisa dicegah dengan memperkuat sistem imunitas tubuh alias kekebalan tubuh. Zat besi dikenal sangat baik untuk menciptakan kekebalan tubuh yang baik. Karena zat besi juga membantu tubuh memproduksi enzim-enzim yang memperkuat kekebalan tubuh.

Memaksimalkan Kinerja Syaraf

Seperti kita tahu, syaraf merupakan sistem dalam tubuh yang amat sangat penting. Zat besi berperan untuk membentuk beberapa neurotransmitter esensial, misalnya saja serotonin dalam otak. Zat besi mampu mengolah dan mengirim sinyal-sinyal syaraf sehingga fungsi otakmu jadi lebih maksimal.

Baik untuk Kecerdasan Otak

Kabar gembira buat kamu yang lagi sibuk sekolah atau kuliah. Kecerdasan otakmu dapat kamu tingkatkan denga memenuhi kebutuhan zat besi lho. Hal ini kaitannya dengan suplai oksigen yang lancar ke otakmu bisa membuat otakmu semakin brilian dan cepat dalam berpikir (alias nggak lemot). Mau dong, punya otak yang cerdas supaya mudah menyerap pelajaran? Makanya, penuhilah zat besi dalam menu makananmu sehari-hari.

Nah, itulah beberapa manfaat zat besi bagi tubuh. Jika kamu ingin memenuhi asupan zat besi ke tubuhmu, jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi seperti daging ayam atau sapi, hati, telur, ikan, sereal, sayuran seperti kangkung, bayam dan juga buah jeruk.

Menambah asupan zat besi dari suplemen instan bisa saja dilakukan, namun alangkah baiknya mendapatkan mineral zat besi langsung dari sumbernya yakni makanan dan minuman alami. Selamat mencoba ya, Guys!
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: