Jumat, 04 November 2016

Inilah 7 Alasan Kita Harus Bijak Menggunakan Sosial Media

Saat ini, siapa sih anak muda yang tidak punya sosial media? Hampir semuanya punya, bahkan bukan hanya satu jenis saja yang mereka miliki. Semakin aktif kita di jejaring sosial, semakin eksis pula diri kita. Tanpa perlu bertatap muka, orang lain dengan mudahnya bisa tahu apa yang kita lakukan.

Bukan rahasia pula jika kita bebas mengunggah apapun di media sosial. Foto selfie, aktivitas, teman-teman, bahkan informasi pribadi seperti alamat rumah dan nomor kontak bisa saja kita unggah di media sosial. Tidak lupa, sebelum mengunggah foto atau video pribadi, kita terlebih dahulu memilih yang paling bagus. Tujuannya tidak lain agar kita tampak sempurna di mata orang lain.

Namun, bukan hanya tampil terbaik. Ada pula trend yang berkembang, anak muda tidak ragu mengunggah keburukan atau aib mereka ke media sosial untuk tujuan komersil. Mereka rela mengumbar kejelekan demi sensasi dan menaikkan traffic, views, dan follower agar mendapatkan keuntungan materi. Sungguh, generasi Y sekarang ini sangat bebas dan terbuka mengungkapkan kepribadian mereka. Jika tidak ada kesadaran pribadi, maka sudah tidak ada lagi rem yang bisa menghentikannya.

Baca Juga : Ini Dia, Hal-hal Yang Perlu & Tidak Perlu Kamu Update Ke Media Sosial

Tapi Sobat Izwie tentunya tidak ingin merugikan diri sendiri karena tidak bijak dalam menggunakan sosial media. Untuk itulah kamu ada di halaman ini untuk belajar lebih bijak lagi ber-sosmed. Mungkin, 7 alasan ini cukup menguatkanmu agar kamu tak lagi asal mengunggah postingan yang akan merugikan dirimu sendiri. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Sosial Media Memang Milik Kita, Tapi… Yakin Bisa Suka-suka Kita?

Pernah nggak sih dengar kalimat, “Suka-suka gue dong, ini kan akun-akun gue. Jadi gue bebas memposting apapun di sini. Kalau nggak suka, remove aja!” Sekilas memang terlihat benar argumennya, namun jika kita mau berfikir, kritik yang muncul pasti ada sebabnya. Yang pahit belum tentu racun, oh obat juga ada yang pahit. Berfikirlah sebelum menulis atau mengunggah foto di sosial mediamu.

2. Don’t Judge Book by It’s Cover, But… Your Social Media Reflects You!

Secara keseluruhan, timeline kita menunjukkan siapa diri kita. Kini orang bisa menarik kesimpulan, karaktermu seperti apa, apa saja kesukaanmu, hobimu, dan pemikiranmu. Bahkan mereka akan bisa menyimpulkan apakah kamu termasuk orang yang baik atau tidak dari news feed-mu. Sekali lagi, berhati-hatilah saat menampilkan jati dirimu.

3. Menampilkan Informasi Pribadi Bisa Jadi Bumerang

Alamat rumah, nomor telepon, email, sekolah/kampus, tempat kerja, identitas anggota keluarga, dan masih banyak lagi akan mudah ditemukan dan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Usahakan untuk tidak menuliskan data pribadimu secara gamblang jika kamu tidak mau dimanfaatkan orang yang ingin berbuat jahat padamu.

4. Fotomu Tidak Luput dari Fitnah

Terutama jika kamu perempuan, foto-foto cantikmu bisa saja diambil untuk disalahgunakan. Lebih aman jika kamu tak mengunggah foto selfiemu secara berlebihan. Apalagi jika penampilanmu mendukung, seperti berpakaian atau berpose seksi. Foto kamu bisa jadi sasaran empuk untuk disalahgunakan.

5. Opini Orang Lain Tidak Bisa Kita Kendalikan

Kembali ke poin pertama tadi, kita memang bisa sesuka hati mengunggah sesuatu. Dan resikonya adalah orang lain bebas beropini tentang kita. Siap menghadapi serangan para haters?

6. Pencitraan Hanya Akan Membuatmu Terbebani

Apa yang kamu unggah, belum tentu semuanya benar. Orang selalu ingin tampil baik di hadapan orang lain. Namun, sampai kapan kamu akan memakai topengmu? Bagaimana jika orang yang terbiasa melihatmu tampil sempurna mendapati cacatmu di dunia nyata? Jujurlah, jangan bohongi dirimu sendiri.

7. Waktumu Akan Lebih Bermanfaat untuk Mengurus Hal Lain

Betul banget! Daripada menghabiskan waktu berjam-jam mengurus sosial mediamu (yang manfaatnya hanya sedikit bagimu), lebih baik perbanyak aktivitasmu di dunia nyata dan berikan manfaat untuk orang-orang di sekitarmu.

Baca Juga : 4 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Hiatus Dari Sosial Media

Nah, bagaimana, Sobat? Semoga artikel Izwie ini menginspirasi, ya!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: