Rabu, 30 November 2016

Ini Dia Makanan-Makanan yang Baik untuk Kekuatan Tulangmu

Tulang yang kuat adalah dambaan setiap orang yang ingin bebas beraktivitas tanpa ada gangguan kesehatan tulang. Tulang yang kuat, akan menopang tubuh dengan baik, sehingga kita tidak perlu takut untuk melakukan hal-hal yang mengharuskan kita memiliki tubuh dan tulang yang kuat seperti mengangkat beban, naik turun tangga setiap hari, dan kegiatan yang membutuhkan kekuatan lainnya. Bahkan, hanya sekedar duduk saja kita juga butuh tulang yang kuat dan kokoh agar dapat menjaga bentuk tubuh kita tetap tegak dan tidak jadi bungkuk.

Agar tulang menjadi kuat, ada dua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tulang kita yakni kalsium dan vitamin D. Keduanya saling bekerjasama untuk membentuk dan mempertahankan struktur tulang supaya tetap kuat. Kalsium adalah zat pembangun tulang dan gigi, sedangkan vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium lebih baik. Nah, tidak heran jika kedua nutrisi ini saling melengkapi untuk menjaga kesehatan tulang kita, Guys!

Oleh karena itu, kamu harus senantiasa menjaga asupan kedua nutrisi penting ini dalam menu makananmu sehari-hari. Terutama bagi kamu para perempuan, kamu harus rajin menabung kalsium lho! Perempuan rawan terserang penyakit pengeroposan tulang atau biasa disebut osteoporosis. Hal ini berkaitan pula dengan kondisi kehamilan dan menyusui yang akan mengambil kalsium dari tulang ibu jika asupannya tidak terpenuhi dari makanan sehari-hari.

Wanita dewasa membutuhkan asupan 1000 mg kalsium dan 200 IU vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang. Bahkan, untuk yang berusia diatas 50 tahun, butuh tambahan lagi asupan 200 mg kalsium dan 200-400 IU vitamin D agar tulangnya tidak terserang osteoporosis. Tentunya, kamu harus tahu apa saja makanan yang mengandung banyak kalsium dan vitamin D untuk memperkuat tulangmu.

Berikut ini ada beberapa makanan dan minuman yang bisa memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D harian kamu. Jangan malas mengonsumsinya ya, toh ini demi kebaikan tulangmu juga!

Susu

Dua gelas susu sapi setiap hari diklaim mampu memenuhi kebutuhan kalsium harianmu. Selain kalsium, susu juga mengandung vitamin D yang dibutuhkan untuk penyerapan kalsium. Pilih susu rendah lemak untuk menjaga berat badanmu agar tetap stabil.

Keju

100 gram keju mengandung sekitar 200 mg kalsium yang dibutuhkan tulang agar menjadi kuat. Keju memiliki banyak jenis yang berbeda-beda, begitu pula kandungan kalsiumnya. Pilih keju yang diproses dengan enzim ketimbang yang diproses dengan asam, karena keju yang diproses dengan enzim memiliki kandungan kalsium dua kali lebih banyak.

Yoghurt

Seperti halnya keju, olahan susu yang berasa asam ini juga mengandung kalsium dan vitamin D. Selain dari paparan sinar matahari, secangkir yogurt dapat memenuhi kebutuhan vitamin D kamu, lho!

Telur

Kuning telur mengandung vitamin D, meskipun jumlahnya hanya sedikit. Tidak masalah, karena telur mudah dijumpai dalam menu sehari-hari, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi telur untuk memenuhi kebutuhan gizi termasuk kebutuhan vitamin D.

Ikan Laut Berbagai Jenis

Ikan laut seperti sarden, makarel, tuna, dan teri mengandung kalsium yang cukup tinggi. Sajikan ikan laut dalam menu sehari-hari agar sumber kalsium alami ini bisa dirasakan manfaatnya. Namun, hindari ikan laut yang telah diasinkan.

Bayam dan Brokoli

Dalam secangkir bayam mengandung sekitar 25% kebutuhan kalsium harian, sedangkan brokoli kaya akan vitamin D yang jika keduanya digabungkan, akan sangat bermanfaat bagi kekuatan tulang.

Baca Juga : 15 Makanan Tinggi Kalsium Yang Wajib Kamu Ketahui

Nah, itulah berbagai makanan dan minuman yang bisa kamu jadikan menu andalan untuk mendapatkan asupan kalsium dan vitamin D. Suplemen yang mengandung kalsium dan vitamin D bisa juga menunjang, namun batasi penggunaanya karena pasti ada efek samping yang terkandung di dalamnya dibandingkan jika kamu mendapat asupan tersebut dari makanan alami. Selamat mencoba!
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: