Selasa, 04 Oktober 2016

Tulislah Rahasiamu! Cara Terbaik Membuat Mentalmu Semakin Sehat

Setiap orang di dunia ini pasti memiliki rahasia dalam hidupnya. Ada rahasia yang ingin kita sembunyikan, sehingga tak satupun orang mengetahuinya. Biasanya, hal-hal yang terkait dengan kejadian memalukan, menakutkan, membuat kita tertekan, alasan kita bertindak ekstrim, dan rahasia tentang orang lain yang membahayakan hingga kita ingin mengubur-nya dalam-dalam agar tidak ada yang bisa menggali-nya.

Namun, tahukah kamu jika menyimpan rahasia adalah sebuah tindakan yang berbahaya bagi mentalmu? Otak kita didesain untuk memikirkan segala sesuatu termasuk akibat buruk yang akan terjadi seandainya rahasia tersebut diketahui orang lain. Kita akan merasa buruk, kemudian akan mengalami paranoid terhadap hal-hal yang belum tentu terjadi.

Cara Terbaik Membuat Mentalmu Semakin Sehat
Menyimpan rahasia sendirian tidaklah mudah. Jika kamu tidak bisa mengelolanya dengan baik, maka kamu akan merasa depresi, sehingga hal ini akan mempengaruhi daya ingatmu. Lebih jauh lagi, kesehatanmu akan terganggu karena pikiran buruk yang menghantui akan berdampak pada metabolisme tubuh, tekanan darah, dan emosi yang tidak terkontrol.

Lalu, bagaimana cara agar kita tetap dapat menyimpan rahasia sekaligus mental kita juga terjaga? Berikut ini Izwie akan memberikan sedikit tips agar kamu bisa mengatasi dampak buruk dari menyimpan rahasia bagi otakmu. Caranya sungguh mudah, yakni dengan menuliskannya.

Ekspresikan Semuanya dalam Tulisan!

Membuat mental kita sehat walaupun kita menyimpan begitu banyak rahasia ternyata cukup mudah dilakukan. Hanya dengan bermodalkan pena dan kertas, kita bisa menyelamatkan memori kita dari kerusakan, serta membuat emosi kita menjadi lebih stabil. Berikan satu tarikan nafas bagi kita untuk berdamai dengan rahasia yang kita simpan, dengan menuliskan semua rahasia tersebut di atas selembar kertas.

Ekspresikan dengan bebas, tanpa ada beban dan tekanan dari siapapun. Tuliskan untuk dirimu sendiri, jangan membuat tulisan untuk orang lain. Tidak perlu menghiraukan tentang tata bahasa, struktur tulisan, kesalahan menulis, dan sebagainya. Kamu hanya perlu mengekspresikan rahasiamu secara spontan dan jujur.

Baca Juga : Ketahui 10 Manfaat Menulis Diary Untuk Mendukung Kesuksesanmu

Sebagai latihan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Siapkan selembar kertas (bebas, apapun jenis kertasnya) dan sebuah pena.
  • Duduklah dengan tenang, ambil napas dalam-dalam.
  • Mulai tulislah seluruh hal tersembunyi yang hanya ada dalam otakmu. Keluarkan semuanya, pindahkan ke atas kertas. Hal yang bersifat sangat pribadi sekalipun boleh kamu ungkapkan, toh kamu hanya menuliskannya untuk dirimu sendiri!
  • Jangan berhenti menulis. Jika ada salah penulisan, tata bahasa, dan sebagainya abaikan saja. Teruslah menulis hingga seluruh rahsiamu terungkap di atas kertas.
  • Lakukan latihan ini selama beberapa hari berturut-turut, minimal 30 menit setiap kali menulis.
  • Selesai menulis, baca kembali seluruh tulisanmu dan rasakan otakmu jadi plong karena telah berhasil mengungkapkan rahasiamu dalam bentuk tulisan.
  • Jika takut rahasia tersebut bocor, segera musnahkan kertas berisi tulisan rahasiamu dengan cara membakarnya atau menghancurkannya.

Keuntungan Menulis Rahasia di Atas Kertas

Latihan ini sangat membantumu untuk melepaskan beban yang ada di dalam pikiranmu. Otakmu akan lebih rileks, karena tidak menyimpannya sendirian. Jika dilakukan secara teratur, kamu akan merasakan stress berkurang, emosi lebih terkontrol, dan kamu terhindar dari depresi akibat menanggung sebuah rahasia dalam otakmu.

Setelah beberapa minggu, kamu akan mulai menemukan jawaban-jawaban yang kamu butuhkan untuk menangani situasi yang buruk. Pikiranmu akan lebih terbuka untuk menerima solusi, karena menulis akan merangsang kita untuk berpikir ke arah solusi daripada memikirkan konsekuensi buruk yang mungkin terjadi. Bagaimana, sobat? Semoga tips ini bermanfaat bagimu!
TAGS
#Inspirasi
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: