Minggu, 09 Oktober 2016

Tips Merawat Kuku Agar Senantiasa Sehat dan Cantik

Kuku adalah bagian tubuh yang sangat penting. Kuku memiliki fungsi untuk melindungi ujung jari yang dipenuhi oleh syaraf. Ujung jari yang lembut, memerlukan perlindungan dari kuku. Oleh karena itu, rawatlah kukumu agar senantiasa sehat dan cantik.

Ada beberapa cara untuk merawat kesehatan dan keindahan kuku. Sebagian mungkin sudah cukup familiar bagimu, karena kamu melakukannya secara rutin. Namun, ada juga yang cenderung cuek sehingga jika tidak ada masalah berarti pada kuku, kuku tidak pernah mendapatkan sentuhan perawatan.

Pada dasarnya, memotong kuku dan membersihkannya adalah hal wajib yang kita lakukan. Selebihnya, perawatan berikut dapat menyehatkan dan memperindah kukumu. Penasaran apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kecantikan kuku? Yuk, simak artikel yang sudah Izwie siapkan untukmu. Check this out!

Perawatan Rutin untuk Kuku

Tips Merawat Kuku Agar Senantiasa Sehat dan Cantik
Seperti yang sudah di singgung tadi, perawatan rutin yang biasa kita lakukan adalah memotong dan membersihkan kuku. Potong kuku seminggu sekali, sambil membersihkannya dari kotoran yang berada di bagian tersembunyi kuku. Jangan memotong kuku secara serampangan, karena hasilnya pasti tidak rapi dan membuatmu tak nyaman.

Sebaiknya, potong kuku dengan gunting kuku yang tajam, teratur satu arah supaya seragam hasilnya. Jika perlu, rendam sebentar dengan air supaya agak lunak. Namun, jangan potong kuku setelah mandi atau mencuci baju (saat kuku basah dan lunak) karena pada saat tersebut kuku menjadi rapuh dan gampang patah.

Gunakan krim khusus atau body lotion setelah memotong kuku, pijat ujung jari dengan lembut supaya kuku menjadi rileks. Pemijatan ini berfungsi agar peredaran darah di jari tangan/kaki menjadi lancar.

Lindungi Kukumu

Selain penggunaan krim setelah memotong kuku, lindungi kukumu dari kerapuhan dengan menghindari aktivitas yang dapat merugikan kuku. Saat mencuci piring dan mencuci baju, usahakan menggunakan sarung tangan berbahan karet supaya kukumu terlindungi dari zat kimia sabun dan cairan pencuci piring. Sarung tangan karet juga dibutuhkan saat kamu beraktivitas seputar berkebun atau mengangkat benda berat dan kasar.

Jika kamu sering menggunakan tanganmu untuk bekerja, contohnya adalah mengetik di laptop atau memegang smartphone, memasak, mengendarai motor, dan lain-lain, jangan lupa untuk mengistirahatkan tangan agar kukumu tidak rapuh karena terlalu tegang. Hindari aktivitas yang memicu kuku menjadi tergores atau patah.

Perhatikan Kelembaban Kuku


Penyebab kuku mudah patah adalah karena kelembabannya tidak dijaga. Oleh karena itu, selalu jaga kelembaban kuku dengan minum air putih secukupnya. Minyak zaitun bermanfaat untuk melembabkan kulit. Gunakan minyak zaitun setiap menjelang tidur atau kapanpun dirasa kuku kering.

Rawat Juga Kutikula!

Kutikula adalah lapisan yang ada di sekitar kuku. Biasanya kita mengabaikan kutikula karena tidak paham fungsi dari kutikula. Padahal, kutikula ini sangat berguna untuk melindungi kuku dari infeksi serta bakteri. Jangan gunting kutikula, dan jangan pula menggigitnya! Ada sebagian orang yang punya kebiasaan menggigit kutikula, padahal hal ini dapat menyebabkan infeksi.

Jangan Gunakan Zat Berbahaya

Jika menggunakan cat kuku, perhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Bahan kimia berbahaya bagi kuku dapat merusak kuku. Apalagi jika kamu menghapus cat kuku mengunakan aseton. Jangan terlalu sering mengganti warna kuku, dan menghapusnya dengan aseton. Batasi, maksimal 3 kali sebulan.

Makanan yang Bernutrisi untuk Kuku

Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga penting. Cukupi kebutuhan nutrisi untuk kuku seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B12, zinc, kalsium, dan asam amino. Konsumsi susu, kedelai dan buah-buahan, karena makanan tersebut baik untuk kesehatan kukumu.

Baca Juga : Ketahui 8 Bahan Alami Yang Ampuh Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Mudah bukan punya kuku yang sehat dan cantik? Selamat mencoba!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: