Senin, 24 Oktober 2016

7 Fakta Mengejutkan Tentang Kopi Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Kopi adalah minuman yang sangat populer di dunia. Hampir setiap hari kita jumpai kopi dalam menu hidangan. Kopi bisa dihidangan untuk sarapan, brunch, makan siang, makan malam, bahkan kalau ngemil di sore hari nggak ada kopi rasanya ada yang kurang. Jika kita bertamu atau hang out di café, paling enak ya minum secangkir kopi.

Bagi kamu penikmat kopi, rasanya kamu perlu tahu deh beberapa fakta mengejutkan tentang kopi berikut ini. Izwie mencoba merangkumnya dalam ulasan yang bikin kamu melek tentang minuman kesukaanmu ini. Penasaran?

Yuk, simak selengkapnya dalam penjelasan berikut. Check this out!

1. Kopi Tersebar Luas Berkat Bangsa Arab

Fakta Mengejutkan Tentang Kopi
Dahulu kala, kopi hanya ada di satu tempat yakni Ethopia. Penduduk menanam biji kopi di dataran tinggi, dan belum tersebar ke belahan dunia yang lain. Sampai suatu ketika bangsa Arab yang kuat di bidang perdagangan tiba di Ethiopia dan memasarkan biji kopi ke seluruh dunia. Akhirnya, kopi bisa kita nikmati sekarang ini sebagai minuman yang populer di semua negara.

2. Pesona Kopi Luwak, Kopi Termahal di Dunia Ada di Indonesia!

Kamu tahu kopi luwak? Ya, kopi yang dihasilkan dari kotoran binatang luwak ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Harga per onsnya saja mencapai 400 ribu rupiah. Tak heran, kenikmatan kopi luwak ni diburu para turis penikmat kopi dari seluruh penjuru dunia meski harganya yang mahal! Ternyata, luwak ini adalah binatang asli Indonesia, sehingga untuk menikmati rasa kopi yang original, mereka rela datang berbondong-bondong ke Indonesia.

3. Inilah Cara Menikmati Aroma Kopi Asli

Seduh kopi tanpa gula, tanpa diaduk. Diamkan selama empat menit agar aroma asli dari kopi bisa keluar sempurna. Mencampur gula hanya akan merusak citarasa aslinya, Guys!

4. Kopi Baik Untuk Diet, Lho!

Kabar gembira buat kamu yang suka kopi dan pengen kurus. Minum kopi ternyata bermanfaat untuk menurunkan berat badan lho! Minuman berkafein akan meningkatkan metabolisme sehingga bisa membakar lebih banyak kalori di tubuhmu. Namun ada syaratnya, kamu minum kopi tanpa tambahan gula dan tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Baca Juga : 7 Manfaat Mengejutkan Minuman Kopi

5. Kopi Instan Dibuat Pada Awal Tahun 1900-an

Kopi Instan pertama kali dibuat oleh seorang pengusaha Amerika berdarah Inggris-Belgia yakni George Louis Washington. Ia membuat kopi instan awal tahun 1900-an dan memasarkannya tahun 1909 di benua Amerika.

6. Awas Kecanduan Kopi!

Menurut penelitian Steven Miller, ahli syaraf di Uniformed Servies University of the Healt Sience di Bethesda, minuman berkafein termasuk juga kopi sebaiknya diminum setelah jam 9 pagi. Mengapa?

Hormon kortisol mengalami peningkatan pada waktu pagi terutama di jam 8 hingga 9 pagi. Jika kamu mengonsumsi kopi pada jam tersebut, kamu akan mengalami kecanduan. Efeknya, jika sehari saja tak minum kopi, rasanya jadi pusing dan stress.

7. Pssst, Ini Dia Kedai Kopi Tertua di Indonesia

Kedai Kopi Liaw Tek Soen adalah kedai kopi paling tua yang asda di Indonesia. Kini ia berganti nama jadi Koffie Warung Tinggi, dan sudah melewati 5 generasi penerusnya. Kedai yang buka pertama kali tahun 1878 ini dulunya berlokasi di Jalan Hayam Wuruk, namun kini ia sudah memiliki cabang di mal Gran Indonesia.

Nah, itulah beberapa fakta unik dan mengejutkan dari kopi. Selamat menikmati secangkir kopi, kapan saja, di mana saja!

Sumber: idntimes.com
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: