Minggu, 04 September 2016

Inilah Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesuburan & Kesehatan

Bagi pasangan yang sudah menikah, tentunya mendambakan lahirnya si buah hati. Banyak cara yang dilakukan agar cepat hamil dan bayi yang dilahirkan dalam keadaan sehat. Salah satunya adalah dengan memperhatikan kesuburan.

Kondisi kesehatan tubuh pasangan dapat mempengaruhi kesuburannya. Tak jarang pasangan yang ingin segera punya anak mengabaikan masalah kesuburan ini. Padahal banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kesuburan. Faktor tersebut antara lain pola makan, gaya hidup, dan genetik (keturunan).

Usaha yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kondisi yang subur adalah dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap. Makanan yang dapat memicu kesuburan antara lain kacang hijau, alpukat, produk susu, madu dan kurma.

Kali ini, Izwie akan membahas tentang manfaat kacang hijau bagi kesuburan dan kesehatan tubuh pada umumnya. Check this out!

Mengenal Kacang Hijau

Kacang Hijau
Kacang hijau (Vigna radiata) adalah sejenis palawija yang biasanya tumbuh di daerah tropis. Tumbuhan yang masuk suku polong-polongan ini mengandung protein tinggi sehingga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan.

Kacang hijau mudah ditemukan di Indonesia, serta menjadi sumber makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Biasanya, kacang hijau diolah menjadi bubur, isian roti, dan dijadikan sayur kecambah atau tauge.

Kandungan Gizi Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki kandungan vitamin E dan Folat yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Jika dibuat kecambah, kacang hijau akan menjadi sumber vitami B, B1, B6, C, A, dan K. Cukup lengkap, bukan?

Detail Kandungan Kacang Hijau / 100 gram
  • Kalori (kcal) 347
  • Jumlah Lemak 1,2 g
  • Natrium 15 mg, Kalium 1.246 mg
  • Jumlah Karbohidrat 63 g
  • Serat pangan 16 g
  • Gula 7 g, Protein 24 g
  • Vitamin A 114 IU, Vitamin C 4,8 mg, Vitamin B6 0,4 mg
  • Kalsium 132 mg, Zat besi 6,7 mg, Magnesium 189 mg

Selain itu, kecambah juga mengandung zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, mangan, serta asam lemak omega 3 yang semuanya dapat meningkatkan kesuburan. Jadi tak ada ruginya kamu mengonsumsi kacang hijau ini, Sob!

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesuburan

Seperti yang sudah dijabarkan tadi, kandungan gizi dalam kacang hijau sangat berguna bagi kesuburan. Vitamin E berfungsi untuk antioksidan serta menghalangi radikal bebas yang dapat merusak sel telur. Jika dikonsumsi oleh pria, maka sperma yang dihasilkan akan lebih berkualitas, sehingga kemungkinan terjadinya pembuahan lebih besar.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Secara Umum
Kandungan gizi kacang hijau terbilang lengkap. Kandungan protein nabati yang tinggi berguna bagi pertumbuhan. Kandungan folat dapat mencerdasakan otak janin, dan antioksidannya menangkal radikal bebas sehingga organ-organ tubuh menjadi lebih sehat.

Cara Mengonsumsi Kacang Hijau

Kacang hijau biasanya populer dibuat kudapan seperti bubur, isi bakpau/bakpia, dan dijadikan sayuran saat wujudnya berubah menjadi kecambah atau tauge. Yang jelas, apapun olahannya rasanya tetap nikmat!

Cara membuat bubur kacang hijau yang paling simpel adalah dengan menyiapkan 100 gram kacang hijau. Cuci dahulu agar kacang hijau yang jelek tidak ikut dimasak, lalu rebuslah dalam 1 liter air. Kemudian, tunggu hingga kacang hijau hampir meletus. Tambahkan gula merah dan santan (jika suka), sejumput garam, vanila dan daun pandan.

Untuk kecambah atau tauge, cara yang mudah memasaknya adalah dengan jalan ditumis. Siapkan semangkuk tauge, geprek 2 siung bawang putih, lalu tumis bawang putih hingga harum. Masukkan tauge, bubuhkan garam dan kaldu bubuk. Masak hingga agak layu. Tumis tauge ini juga bisa dicampr dengan tahu, wortel, kubis, atau bahan lainnya.

Nah, itulah manfaat kacang hijau bagi kesubran dan kesehatan tubuh. Kamu bisa mendapatkan segala manfaat tersebut apabila mau rutin mengonsumsinya, baik bagi pria maupun wanita. Semoga bermanfaat!
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: