Jumat, 16 September 2016

Inilah Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatanmu

Siapa sih yang tak kenal kuaci? Makanan ringan yang berasal dari biji bunga matahari ini sangat digemari karena rasanya yang gurih dan asyik untuk dibuat cemilan. Walaupun bijinya kecil-kecil dan capek ngupasnya, kamu pasti tak bakalan menolak kalau lagi santai disodori biji bunga matahari!

Ternyata, dibalik bentuknya yang kecil, ada manfaat besar yang terkandung dalam biji bunga matahari ini lho, Sob! Kamu yang senang ngemil kuaci tentu akan senang mendengarnya. Selain enak, kuaci juga mengandung segudang manfaat bagi kesehatanmu!

Biji bunga matahari mengandung Vitamin E, magnesium, serat alami, kalsium, folat dan serotonin. Bunga asli amerika tengah, banyak dikembangbiakkan di banyak negara antara lain di China dan Rusia. Di indonesia, kamu bsa menemukan camilan kuaci dalam bentuk kemasan yang sudah siap santap. Harganya juga tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan khasiatnya.

Penasaran-kan?, apa saja manfaat dari biji bunga matahari ini? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel yang sudah Izwie siapkan berikut ini!

Mencerdaskan Otak

Biji Bunga Matahari
Biji bunga matahari mengandung zat tryptophan yang dapat menghasilkan serotonin dalam otak. Zat ini mampu membuat otakmu makin cerdas lho!

Sebagai Antioksidan yang Baik

Tubuh kita memerlukan antioksidan agar organ dalam tubuh tidak rusak karena serangan radikal bebas. Biji bunga matahari mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas ini sehingga kamu akan lebih sehat dan terhindar dari penuaan dini.

Mengurangi Kolesterol Jahat

Dalam biji bunga matahari terkandung lemak baik yang dapat memerangi kolesterol jahat dalam darah. Konsumsi segenggam kuaci sehari untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuhmu.

Menyehatkan Jantung

Jika peredaran darah lancar, maka jantung akan bekerja dengan normal. Makan kuaci sangat dianjurkan untuk mencegah serangan jantung dan membuat jantungmu lebih sehat. Zat yang terkandung dalam kuaci seperti asam amino ini sangat baik untuk melindungi jantung.

Mencegah Ketegangan Otot

Kandungan magnesium dalam kuaci dapat mengimbangi asupan kalsium sehingga dapat meredakan ketegangan otot dan syaraf. Kamu akan merasa lebih rileks karena ototmu tidak lagi tegang. Cocok untuk camilan saat kamu sedang banyak tugas lembur.

Baik untuk Kesehatan Tulang

Biji bunga matahari juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Dapatkan asupan kalsium dengan cara yang enak, seenak ngemil kuaci. Asyik, kan?

Mencegah Penyebaran Kanker

Kanker adalah penyakit yang berbahaya dan mematikan. Karenanya, kamu butuh asupan selenium yang bisa mencegah rusaknya sel-sel dalam tubuh kita akibat reaksi abnormal. Selenium ini juga terkandung dalam biji bunga matahari.

Bagus untuk Kesehatan Kulit

Seperti yang sudah kita singgung di atas, biji bunga matahari mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulitmu. Vitamin E membantu mencegah penuaan pada kulitmu sehingga kamu bisa tampak lebih muda dengan mengonsumsi biji bunga matahari.

Baik untuk Perkembangan Kecerdasan Janin

Kandungan folat dalam kuaci membuatnya baik dikonsumsi ibu hamil. Folat adalah zat yang dianjurkan untuk banyak dikonsumsi oleh ibu hamil agar bayi yang dilahirkan menjadi cerdas.

Sebagai Antidepresi

Biji bunga matahari mengandung niasin dan pyridioxine yang berguna sebagai antidepresi. Jika kamu lagi stress karena pekerjaan atau masalah, sebaiknya kamu siapkan camilan sehat ini supaya kamu lebih tenang, sehat dan bahagia.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan setelah mengkonsumsi biji bunga matahari secara rutin. Yuk, ganti camilanmu dengan kuaci yang sehat ini!
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: