Thursday 8 September 2016

11 Manfaat Mengejutkan Baking Soda Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Baking soda adalah bahan kimia yang umumnya dikenal sebagai bahan pengembang kue. Ada dua jenis baking soda yang bisa ditemukan di pasaran, yakni baking soda murni dan baking powder.

Perbedaan keduanya adalah kalau baking soda murni adalah baking soda yang belum dicampur bahan lain, sedangkan baking powder adalah baking soda yang dicampur dengan zat asam lain. Tekstur baking soda murni adalah kesat seperti tepung kanji.

Penggunaan baking soda tidak hanya untuk proses pembuatan roti saja. Baking soda juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk tujuan kesehatan dan kecantikan, gunakan baking soda murni, ya!

Berikut ini Izwie sudah merangkum 11 manfaat mengejutkan baking soda bagi kesehatan dan kecantikan. Selamat mencoba!

Sebagai Obat Kumur Penghilang Bau Mulut

Baking Soda
Campuran 1 sdt (sendok teh) baking soda dengan 100 ml air dapat digunakan sebagai obat kumur sehari-hari. Fungsinya adalah membunuh kuman dan memberikan rasa kesat pada mulut.

Sebagai Pasta Gigi dan Memutihkan Gigi

Buat campuran 2 sdm (sendok makan) baking soda dengan sedikit air, aduk hingga menyerupai pasta gigi. Gunakan untuk pengganti pasta gigi seperti biasa. Untuk memutihkan gigi, buat campuran 1 buah stroberi dan ½ sdt baking soda lalu oleskan ke gigi. Diaman beberapa saat, bilas dengan air bersih.

Mengurangi Gatal-gatal

Pasta baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga. Penggunaannya cukup dioleskan pada bagian tubuh yang gatal, dan bilas dengan air hingga bersih.

Mengobati Jerawat

Jerawat yang hinggap di wajah tentu menimbulkan rasa minder. Mengapa tidak mencoba untuk menghilangkannya dengan baing soda? Buatlah pasta baking soda secukupnya, lalu oleskan ke bagian kulit yang berjerawat. Biarkan mengering, lalu bilas dengan air hangat. Biasanya pemakaian 3-4 kali sdah menampakkan hasil jerawat berkurang!

Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Baking soda memiliki sifat mengikis, sehingga bisa digunakan untuk mengikis flek hitam bekas jerawat. Caranya hampir sama dengan cara mengobati jerawat di atas. Namun, saat mengoleskannya beri sedikit pijatan.

Memutihkan Kulit

Siapa sih yang nggak pengen punya kulit putih? Kamu bisa memutihkan kulit dengan cara yang mudah. Buatlah masker baking soda, jangan terlalu pekat. Oleskan menggunakan kuas dan tunggu hingga mengering. Bilas dengan air hangat dan usap dengan handuk yang lembut. Lakukan perawatan ini 2 minggu sekali.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Agar kulitmu tidak kusam, cobalah untuk membuat scrub dari campuran baking soda dan sedikit tepung beras. Paduan kandungan baking soda dengan butiran scrub dari beras akan mengangkat sel kulit mati dan membuat wajahmu kian cerah.

Sebagai Sabun Pencuci Muka Kulit Berminyak

Jika ingin mengontrol minyak di wajahmu, gantlah sabun pencuci muka dengan campuran baking soda murni dan air. Niscaya minyak akan berkurang dan wajahmu lebih segar. Batasi penggunaannya hanya sehari sekali!

Mencerahkan Kulit Ketiak

Kulit ketiakmu menghitam? Cobalah gunakan pasta baking soda yang agak encer, balurkan ke ketiak dan tunggu hingga kering. Bilas dengan air hangat. Rasakan ketiakmu lebih segar daripada menggunakan deodoran biasa.

Merawat Kuku

Untuk kuku yang bersih dan putih, lakukan pemijatan kuku dengan campuran ½ sdt baking soda dengan ¼ gelas air. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air dingin.

Menghilangkan Bau Kaki yang Membandel

Cucilah kaki dengan larutan baking soda encer untuk menghilangkan kuman penyebab bau kaki.

Nah, bagaimana Sobat Izwie, mudah bukan mengambil manfaat dari baking soda ini? Sebelum melakukan semua tips di atas, kamu WAJIB mengetes kepekaan kulitmu dengan mengoleskan sedikit pasta baking soda pada tengkuk. Jika bereaksi negatif, JANGAN PERNAH menggunakan perawatan dengan baking soda ini.
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: