Sabtu, 20 Agustus 2016

Penting! Ketahui 5 Gejala Penyakit Stroke yang Perlu Diwaspadai

Banyak penyakit serius dan berbahaya yang diawali oleh gejala yang tidak kita sadari. Termasuk penyakit stroke yang mengancam siapa saja. Banyak orang yang takut terserang penyakit stroke ini sewaktu-waktu. Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui gejala yang timbul akibat penyakit stroke.

Stroke adalah suatu kondisi dimana pasokan darah menuju otak mengalami kemacetan akibat tersumbat atau pembuluh darah yang pecah. Hal ini mengakibatkan kematian sel-sel pada otak. Biasanya hanya sebagian otak yang mengalami kematian sel. Orang dengan gejala stroke harus segera diberi penanganan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Salah satu penanggulangan agar penyakit stroke tidak semakin parah adalah dengan mengetahui gejala penyakit stroke. Hal ini dapat membuat kita lebih waspada apabila ada anggota keluarga kita yang terserang penyakit stroke.

Berikut ini Izwie akan merangkum 5 gejala penyakit stroke yang bisa membantumu untuk mengenali ciri-ciri orang yang terserang stroke. Kamu bisa lebih cepat tanggap setelah mempelajari gejala penyakit stroke ini.

1. Tidak Jelas Saat Berbicara Bahkan Tidak Bisa Bicara Sama Sekali

Gejala Penyakit Stroke

Orang yang mengalami gejala stroke akan mengalami kesulitan saat berbicara. Mereka tidak bisa melakukan pelafalan dengan sempurna sehingga terdengar cadel.

Bahkan, ada pula penderita stroke yang tidak bisa berbicara sama sekali karena bagian otak yang mengatur gerakan otot terputus aliran darahnya. Jika ada orang yang kita duga mengalami serangan penyakit stroke, maka sebaiknya lakukan tes dengan mengajaknya bicara.

2. Perubahan Pada Wajah Penderita yang Menjadi Asimetris

Gejala kedua penderita stroke yang bisa diamati adalah perubahan bentuk wajah. Coba mintalah orang yang diduga terserang penyakit stroke untuk tersenyum. Perhatikan dengan seksama apakah ada perubahan pada wajahnya? Jika wajah penderita tidak simetris maka itu adalah gejala stroke yang patut untuk diwaspadai.

3. Terjadi Kelumpuhan Pada Salah Satu Sisi Anggota Badan

Gejala berikutnya adalah terjadinya kelumpuhan. Biasanya, penderita stroke akan merasa sendi-sendinya lemas. Namun, tidak secara keseluruhan melainkan hanya pada salah satu sisi anggota badan saja. Mereka tidak bisa menggerakkan anggota badannya tersebut akibat pembekuan darah di otak.

Lakukan tes dengan meminta penderita untuk mengangkat salah satu lengannya secara bergantian. Jika salah satunya tidak bisa digerakkan, maka harus segera dilakukan penanganan.

4. Mengalami Pusing dan Penglihatan Ganda

Ciri lainnya adalah penderita merasakan pusing dan matanya berkunang-kunang. Apa yang dilihat di sekitarnya semuanya menjadi ganda sehingga memperburuk keadaan si penderita dan ia sulit mengontrol kesadarannya sendiri.

5. Tubuh Merasa Lemas Tidak Berdaya

Nah, jika sudah mengalami empat gejala di atas, biasanya si penderita akan mengalami lemas tidak berdaya sehingga memerlukan pertolongan orang lain. Tugas orang-orang di sekitarnya adalah memastikan penderita segera dibawa ke rumah sakit dan mendapat perawatan dokter.

Jangan sampai terlambat! Karena 3 jam pertama setelah timbul gejala adalah periode emas bagi penderita stroke untuk mempertahankan hidupnya. Jika terlalu lama ditangani, kemungkinan otak yang rusak semakin banyak dan beresiko terjadinya kematian.

Nah, setelah mengetahui gejala penyakit stroke tersebut ada baiknya kita mencegah penyakit stroke dengan menerapkan gaya hidup sehat. Kurangi makanan berkolesterol tinggi, garam, dan makanan-makanan pemicu tekanan darah tinggi.
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: