Rabu, 10 Agustus 2016

Panduan Membayar Utang yang Praktis untuk Dilakukan Agar Hutangmu Cepat Lunas

Memiliki utang sangatlah tidak mengenakkan. Utang membuat pemiliknya jadi hina di siang hari, dan gelisah di malam hari. Bagaimana tidak, jika siang dia takut bertemu orang karena khawatir ditagih. Ketika malam dia tidak bisa tidur memikirkan bagaimana cara membayarnya.

Banyak orang yang terjebak utang karena mengikuti gaya hidup orang lain. Tetangganya beli mobil, dia panas juga ingin beli mobil. Temannya belanja baju baru bermerk, kepengen juga membeli beberapa lembar. Keluarganya sering makan di restoran ternama, malah ikut-ikutan padahal nggak punya anggaran.

Kalau sudah begini, sasaran empuknya yaitu kartu kredit. Dikit-dikit gesek, dikit-dikit pinjam. Wah, kalau dituruti memang nggak ada habisnya deh. Tahu-tahu cicilan menggunung. Tau-tau nggak ada lagi sumber pendapatan yang bisa menutup utang. Lebih mengenaskan lagi, gali lubang tutup lubang. Satu utang lunas, menerbitkan utang yang lain.

Baca Juga : 10 Cara Orang Sukses Mengelola Keuangannya

Nah, kamu tentunya tidak mau terus terjerat utang. Butuh strategi untuk bisa lunas utang. Izwie bakal menyajikan sebuah tulisan yang bisa kamu jadikan panduan untuk melunasi utang. Dan tips ini hanya akan bermanfaat jika kamu punya komitmen untuk menjalankannya.

Buatlah Resolusi Bebas Utang. Tetapkan Tanggal yang Jelas!

Biasanya setiap awal tahun kamu membuat resolusi untuk dijalankan dalam waktu kurun setahun kedepan. Hampir sama dengan resolusi tahunan, buatlah resolusi bebas utang. Kamu bebas kapan memulainya, yang jelas tuliskan tanggal bebas utangmu. Dengan demikian, kamu bisa memotivasi diri untuk lebih giat mencari uang demi membayar utang-utangmu.

Buat Daftar Utangmu. Tuliskan Semuanya, Sekecil Apapun Utang Itu

Langkah kedua ini membutuhkan ketelitian. Jika kamu orang yang tertib, maka kamu pasti punya setiap detil transaksi utang yang kamu miliki. Jika tidak, mulailah mengingat dan rangkum dalam sebuah catatan. Catatan itu bisa kamu ketik dan cetak atau tulis tangan saja di atas selembar kertas. Ingat!!! Jangan lewatkan sekecil apapun utang yang kamu miliki.

Buat Skala Prioritas. Manakah yang Paling Urgent untuk Dibayar?

Setelah mencatat semuanya, mulailah memberikan tanda prioritas. Mana yang lebih penting dan mendesak untuk dibayar? Lebih bagus lagi jika kamu membuat catatan terpisah utang menurut jumlahnya (sedikit hingga banyak) dan sifatnya (mendesak sampai tidak mendesak). Mulai kelihatan kan, mana saja yang perlu dibereskan terlebih dahulu?

Tetapkan Deadline Pembayaran Utang. Kamu akan Tahu Kapan Harus Mencicil Utangmu

Setelah prioritasnya muncul, saatnya menentukan deadline pembayaran. Jika itu adalah cicilan bank atau cicilan leasing, tulis kapan tanggal cicilannya. Jika itu utang pada saudara atau teman, maka tetapkan tanggal kapan kamu akan melunasi. Jika ada kesepakatan tanggal, maka tepatilah. Jika tidak ada kesepakatan tanggal, kamu harus berani memberi kepastian tanggal kamu melunasi.

Jangan Menunda untuk Membayar! Dahulukan Cicilan Sebelum Belanja

Setelah mendapatkan uang baik dari gaji bulanan, keuntungan bisnis, dan honor pekerjaan yang kamu tekuni, maka bayarlah hutangmu! Jangan pernah menunda karena uangmu pasti akan habis juga untuk keperluan lain. Dahulukan cicilan sebelum belanja, apalagi belanja barang sekunder dan tersier.

Berikan Perhatian Pada Utang Berbunga. Apalagi Jika Itu Bunga-berbunga

Tepatilah membayar cicilan utang berbunga, terlebih lagi utang bunga-berbunga jika kamu tidak ingin uangmu habis hanya untuk membayar bunga. Prioritaskan pula utang yang memungut denda kala kamu telat membayarnya.

Giatlah Berusaha Mendapatkan Uang Tambahan Untuk Membayar Utang

Usahakan untuk mendapatkan tambahan penghasilan agar kamu bisa memenuhi targetmu membayar utang sesuai deadline dan resolusi yang telah kamu tetapkan. Jangan hanya mengandalkan satu sumber saja.

Baca Juga : 7 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Harus Meminjam Bank

Banyak Bersedekah Supaya Bebas Utang

Berbagi itu mendatangkan rezeki. Jika kamu ingin bebas utang, cobalah cara ajaib mendatangkan rezeki yakni dengan bersedekah. Setiap yang kamu keluarkan untuk sedekah akan dibalas oleh Tuhan dengan balasan berkali-kali lipat. Bersedekah sangat berpengaruh untuk percepatanmu lunas utang. Cobalah!

Nah, itulah panduan pratktis yang bisa langsung kamu lakukan untuk menuju “kemerdekaan” diri yakni bebas utang. Selamat mencoba, Sob!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: