Kamis, 28 Juli 2016

Buat Kamu Yang Insomnia , Berikut 10 Makanan Yang Bisa Membantu Masalah Tidurmu

Insomnia merupakan permasalahan umum yang ditandai dengan kesulitan tidur dan ketidakmampuan untuk tidur cukup lama agar keesok harinya bisa merasa segar. Ada berbagai cara untuk mengatasi sulit tidur, seperti mengkonsumsi obat tidur yang tentunya memiliki efek yang tidak baik, bergaya hidup sehat, mengurangi stres dan berbagai cara lain.

Mengatasi gejala sulit tidur, ternyata juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sesuai. Dan untuk lebih jelasnya baca terus ulasan tentang 10 makanan yang bisa membantu permasalahan tidurmu.

1. Kenari & Almond

Menurut para peneliti tentang permasalahan tidur, mereka menyatakan bahwa mengkonsumsi senggenggam kacang sebelum tidur akan meningkatkan kualitas tidur. Khususnya kenari yang tinggi kadar tryptophan, kandungan ini dapat membuat tidur menjadi lebih lama dan bersifat menenangkan. Selain tryptophan, kenari juga mengandung melatonin. Kombinasi asam amino ini penting untuk mendorong tubuhmu tertidur dengan cepat dan lebih lelap.

Tak hanya kenari, kacang almond juga merupakan pilihanyang baik karena kaya akan kandungan magnesium dan mineral yang petning untuk kualitas tidurmu. Ketika tubuh kekurangan kadar magnesium, ini akan menyebabkan sakit kepala berat dan membuat penderita terbangun di malam hari.

2. Ikan & Seafood

Ikan dan makanan laut mengandung jumlah vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menunjang gaya hidup sehat. Khususnya minyak ikan, minyak ini kaya akan omega-3 yang terbukti dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, demensia dan meningkatkan penglihatan bagi orang yang lanjut usia.

Makanan laut lain seperti ikan tuna, salmon dan halibut merupakan makanan yang tinggi akan vitamin B6 - vitamin ini penting untuk membantu tubuh kamu memproduksi melatonin dan seratonin. Dua zat yang dapat membantu tidur malammu menjadi lebih produktif. Selain ikan, krustasea seperti kepiting, udang, dan lobster merupakan makanan yang tinggi akan triptofan magis yang bisa membuat tidur malammu menjadi lebih baik.

3. Kelengkeng

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan buah bulat berwarna coklat dan memiliki rasa yang cukup manis ini. Buah ini ternyata mengandung fruktosa, glukosa, lemak, sukrosa, vitamin A & B, asam tatarik, protein, dan senyawa kimia (fitokimia) lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Rasa manis pada buah ini karena mengandung kadar gula yang juga bermanfaat untuk menstabilkan gula dalam darah. Sedangkan senyawa-senyawa kimia (fitokomia) lainnya berkhasiat untuk mengendurkan saraf. Dengan begitu buah ini akan memberi rasa tenang dan bermanfaat untuk mengatasi rasa gelisah dan insomnia.

4. Edamame

Edamame merupakan salah satu makanan super yang kaya akan vitamin A, C, serat dan protein. Edamame juga merupakan jenis sayuran yang mengandung 9 asam amino esensial yang biasanya terdapat pada daging dan telur. Kacang edamame merupakan makanan yang cukup popular bagi para vegetarian dan biasanya dimasak dengan cara direbus maupun digoreng.

Dengan mengkonsum camilan kacang edamame sebelum tidur ini dapat membantu permasalahan tidurmu, terutama bagi kamu yang sedang mengalami gejala menopause. Ketika wanita kekurangan estrogen saat menopuse ini akan dapat mengganggu tidurnya. Dengan mengkonsumsi kacang edameme ini sangat membantu karena makanan ini tinggi akan kandungan estrogen. Selain itu, kacang ini juga membantu menstabilkan keringat di malam hari dan dapat membantu tidurmu lebih nyaman.

5. Kangkung

Kangkung merupakan jenis makanan yang cukup popular di Indonesia, seringkali makanan ini diolah dengan cara ditumis. Kangkung merupakan makanan sehat yang mengandung vitamin A, B & C, zat besi, serat, asam amino, selenium, dan kalsium.

Dikatakan sangat baik bagi penderita insomnia karena makanan ini mengandung unsur sedatif yang artinya bisa membuat orang menjadi kantuk dan tertidur dengan pulas. Rasa kantuk yang disebabkan oleh kangkung karena mereka mengandung selenium dan zinc yang bisa membuat syaraf menjadi kendur dan rileks.

6. Sayuran Hijau

Jika kebetulan tidak ada sayuran kangkung, sayuran hijau lainnya juga bisa bermanfaat untuk mengatasi gangguan insomnia. Meliputi segala sesuatu dari sayuran hijau, mereka mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah besar yang penting bagi tubuh kita.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat, mereka cenderung memiliki tidur restorarif (fase tidur yang teramat dalam). Sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, bayam merupakan makananan berserat tinggi. Bahkan bahan-bahan kimia yang terdapat pada sayuran hijau memiliki sifat sedatif yang mirip dengan obat penghilang rasa sakit meskipun dalam bentuk yang tidak begitu kuat.

Jadi bisa disimpulkan bahwa sayuran hijau merupakan sumber makanan sehat kalsium yang dipercaya mampu membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam, mengandung tinggi kalsium tanpa lemak jenuh yang banyak juga terkandung pada susu.

7. Teh Hijau & Markisa

Berbeda dengan jenis teh lain karena mereka juga mengandung kafein walaupun dalam jumlah yang sedikit. Teh yang baik untuk membantu tidurmu adalah teh yang mampu memproduksi glisin dalam tubuh, glisin adalah obat penenang alami yang dapat mengendurkan otot-otot dan pikiran.

Teh hijau merupakan pilihan yang baik karena mereka mengandung theanine, bahan kimia yang bisa menyebabkan kantuk. Di lain sisi, teh markisa juga bisa membantu penderita insomnia karena mengandung alkolaid harman, yang diduga bermanfaat untuk mengendurkan sistem saraf. Jadi, sebelum kamu mengkomsumsi teh herbal untuk mengatasi gangguan insomnia, pastikan bahwa teh tersebut tidak mengandung kafein.

8. Susu

Saat kamu masih kecil dulu, tentunya sebelum tidur kamu terbiasa untuk mengkonsumsi susu hangat terlebih dahulu. Apakah sekarang kamu masih melakukannya? Jika masih, tentunya kamu tidak akan memiliki masalah tidur. Susu merupakan minuman yang tinggi akan kandungan tryptophan dan kalsium. Kalsium membantu tubuh kamu menggunakan tryptophan untuk memproduksi melatonin, senyawa kimia yang bisa membuatmu menjadi kantuk. Kalsium juga terbukti bisa mengurangi tingkat stres, membantu pernafasan, menstabilkan serabut saraf, dan mengatur gerakan otot.

Bisa dikatakan bahwa semua yang terkandung dalam susu merupakan komposisi yang bermanfaat untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Jadi, jika saat ini kamu mengalami permasalahan tidur, cobalah untuk mengkonsumsi susu hangat sebelum tidur.

Tips: Sebisa mungkin untuk mengkonsumsi susu rendah lemak.

9. Sereal & Madu

Sereal merupakan jenis makanan yang benar-benar dapat membantu tidur malamu menjadi lebih baik. Menurut National Sleep Foundation, semangkuk sereal dan susu merupakan dua kembinasi makanan yang paling penting untuk mempromosikan tidur - ini adalah karbohidrat kompleks dan kalsium.

Untuk membuatnya lebih efektif, campurkan madu dalam kombinasi susu dan sereal. Madu mengandung gula alami yang bila dikombinasi memiliki efek meningkatkan insulin dalam darah. Dengan tingginya kadar insulin akan memudahkan triptofan masuk ke dalam otak dan menghasilkan melatonin yang membuatmu menjadi lebih rileks. Setelah kamu mengkonsumsi sereal, susu, dan dicampur dengan madu, menyeduh teh hijau bisa dijadikan pendamping yang ideal. Ini merupakan komposisi yang terbaik untuk membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak.

Tips: Pilihlah sereal yang terbuat dari bijian-bijian dan rendah gula

10. Nasi

Tentunya di siang hari kamu sering merasak ngantuk ketika habis makan nasi. Ini terjadi karena nasi memiliki indeks glikemik yang tinggi. Nasi membuat lonjakan gula dan tingkat insulin darah, kemudian produksi asam amino triptofan akan diubah menjadi serotonin dan pada akhirnya akan menjadi melatonin yang merupakan komponen untuk membuat tidur kita menjadi lebih nyenyak.

Menariknya, sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menyimpulkan bahwa mengkonsumsi beras jenis melati membuat tidur menjadi lebih nyenyak daripada beras jenis lain. Dan makanan karhohidrat lain seperti mie dan pasta memiliki efek sebaliknya.

Berikut 10 jenis makanan yang bisa mambantu permsalahan tidur yang bisa Izwie sampaikan, kamu punya pendapat lain? Silahkan berkomentar dan jangan lupa untuk berbagi informasi bermanfaat ini ya guys.... :)
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: