Rabu, 13 Juli 2016

16 Tanda Orang Introvert Yang Mungkin Tidak Kamu Pahami

Seperti yang sudah banyak orang tau, introvert adalah seorang yang sangat penutup. Namun banyak juga orang yang salah menafsirkan bahwa orang yang pemalu sering disebut juga dengan introvert. Padahal rasa malu adalah ketakutan seseorang karena ketidaknyamanan atau kecemasan sosial.

Agar kamu tidak salah penafsiran dan bisa lebih memahami orang-orang yang memiliki kepribadian introvert, berikut beberapa ciri-ciri orang introvert yang mungkin belum kamu pahami;

1. Mereka Tidak Bisa Menikmati Pembicaraan Kecil

Tanda Orang Introvert Yang Mungkin Tidak Kamu Pahami
Seorang introvert tidak bisa menikmati pembicaraan kecil bahkan hanya untuk sekedar basa-basi. Mereka adalah seorang pemikir, dan ingin berkembang dengan percakapan yang lebih berat tentang kehidupan, ide-ide brilian, teori yang rumit dan tujuan yang besar.

Tapi ketika mereka harus di hadapkan pada pembicaraan yang sederhana, mereka lebih memilih untuk diam dan tak pernah mencoba untuk membuat orang lain menjadi nyaman. Dan kalaupun mereka mencoba untuk angkat bicara, mereka akan merubah pembicaraan menjadi lebih dalam dan bermakna.

2. Mereka Tidak Bisa Membalas Pesan Text Secara Spontan

Ketika seorang introvert menerima pesan baik itu melalui sms atau chating, mereka tidak bisa membalas pesan tersebut secara langsung. Mereka akan menunggu sampai benar-benar siap untuk menjawab dengan penuh perhatian, bersedia untuk berbincang, dan meresponnya dengan bijak.

3. Mereka Perlu Banyak Waktu Untuk Sendiri

Sesekali seorang introvert pergi keluar dengan teman-temannya pada waktu yang benar-benar tepat, entah itu pergi nonton konser atau sekedar jalan-jalan. Setelah itu selesai, mereka akan memerlukan beberapa hari, minggu atau bahkan bulan untuk memerlukan waktu sendiri dan merasa siap untuk melakukannya lagi.

4. Mereka Menikmati Kesendirian

Ya, sesuai penjelasan di atas, ini juga mungkin tidak terdengar menyenangkan bagi kebanyakan orang. Tapi seorang introvert bisa lebih tenang dan nyaman jika waktunya banyak dihabiskan dengan sendiri. Dengan sendiri mereka lebih bisa mengekspresikan diri tanpa mengganggu orang lain.

5. Mereka Memiliki Teman Yang Sedikit

Seorang introvert kebanyakan tidak bisa terlalu banyak bersosialisasi, mereka hanya benar-benar menghargai teman dekat, teman yang bisa dipercaya. Mereka lebih memilih untuk menciptakan dan memelihara persahabatan yang lebih sedikit pada tingkatan yang jauh lebih mendalam, dan bahkan bisa melebihi suatu kelompok yang lebih besar.

6. Mereka Tidak Anti Sosial, Tapi Selektif Sosial

Sebagai seorang yang mempunyai kepribadian introvert, mereka akan lebih sulit untuk merasa nyaman ketika bertemu dengan orang-orang baru. Mereka akan benar-benar nyaman ketika mereka sudah mengenalnya lebih dekat. Jadi mereka lebih memilih untuk mengenalnya lebih dahulu sebelum mereka terlalu dekat. Dan ketika mereka sudah menemukan seseorang yang benar-benar membuatnya nyaman, hal itu seperti hadiah spesial yang tidak bisa digantikan dengan apapun.

7. Mereka Loyal Pada Teman

Walaupun seorang introvert tidak memiliki banyak teman, tapi mereka sangatlah loyal pada teman-teman dekatnya. Jadi ketika kamu sudah berteman dengan seorang introvert, dan kamu benar-benar bisa menjaga persahabatanmu, kamu akan diibaratkan seperti saudara seumur hidup.

8. Mereka Sangat Jeli Dan Mengingat Tempat Disekeliling

Seorang introvert adalah orang-orang yang benar-benar jeli dan selalu memahami apa yang yang ada disekelilingnya. Mereka sangat memperhatikan lingkungan sekitarnya bahkan untuk hal-hal yang paling kecil.

9. Mereka Tidak Mudah Bosan

Ketika seorang ekstrovert lebih sering berganti-ganti dalam berbagai hal karena mereka mudah bosan namun juga membuatnya lebih innovatif, seorang introvert lebih nyaman untuk terus bekerja sesuai dengan impian mereka. Seorang introvert merupakan pemikir yang dalam dan tidak mudah bosan menjalani sesuatu yang benar-benar mereka impikan.

10. Mereka Sangat Pendengar

Jika diibaratkan, seorang introvert itu seperti busa yang sedang menyerap air. Mereka benar-benar pendengar untuk memahami tidak hanya untuk merespon. Tindakan mendengar adalah cara mereka untuk menunjukkan rasa hormat, dengan demikian mereka sangat menghargai ketika orang-orang yang berkomunikasi dengan mereka mengakui bahwa sebelum mengungkapkan saran atau ide, mereka selalu berhati-hati dalam berucap. Dan bahkan mereka akan sangat senang jika hal itu dilakukan pada mereka.

11. Mereka Berpikir Sebelum Bertindak

Seorang introvert memerlukan waktu untuk melontarkan apa yang ada dalam fikirannya. Hal itu karena mereka selalu berhati-hati dalam memilih kata-kata yang ingin mereka ungkapkan. Setelah mereka diberi kesempatan, mereka akan dapat dengan jelas untuk berkomuniskasi dan bahkan orang-orang yang sedang mendengarkannya akan terkagum-kagum.

12. Mereka Sangat Introspeksi

Selain pendengar mereka juga lebih cenderung untuk menganalisa segala sesuatu bahkan untuk sesuatu yang mungkin tidak perlu untuk dianalisa. Mereka bisa sedikit lebih lama untuk memahami apa yang sedang terjadi, bukan karena mereka lambat dalam berfikir, tapi karena selalu berusaha untuk memahami makna yang lebih mendalam.

13. Mereka Kreatif

Banyak studi yang menyimpukan bahwa seorang introvert merupakan kepribadian yang kratif. Mereka mampu mengambil banyak informasi dari hal apapun untuk menciptakan ide-ide baru yang sangat brilian.

14. Mereka Tidak Mudah Percaya

Karena sifat mereka yang suka menganalisa, mereka sangat sulit untuk percaya dengan ungkapan atau seseorang yang baru mereka tau. Tapi ketika mereka menemukan orang yang tepat, mereka tidak akan menahan diri untuk berusaha selalu memberikan yang terbaik.

15. Mereka Lebih Nyaman Mengekspresikan Diri Dengan Menulis

Seorang introvert lebih suka berkomunikasi melalui teks baik itu chatting di media sosial maupun melalui email. Hal ini karena mereka lebih bisa menggunakan waktu untuk memperjelas pirikan mereka sebelum menuangkannya melalui pesan text.

16. Mereka Tidak Begitu Menyukai Telepon

Seorang introvert bukalah pribadi yang pandai berbicara di telepon. Mereka menyaring panggilan masuk bahkan bagi keluarga dan teman-teman terdekat. Dan kalaupun mereka terlanjur menjawab panggilan, mereka lebih memilih untuk mendengar.

Berikut 16 ciri-ciri seorang introvert yang mungkin tidak kamu pahami. Kamu sering bergaul dengan seorang introvert dan punya pengalaman lain? silahkan berbagi melalui kolom komentar di bawah dan jangan lupa untuk berbagi informasi ini ya sobat izwie...:) semoga bermanfaat...
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar:

  1. haaaaah.......susahnya jadi orang introvert ! mau comment aja musti mikir dulu

    BalasHapus