Rabu, 01 Juni 2016

Ketahui 6 Manfaat Tak Terduga Dari Merajut

Ketika berbicara tentang merajut, tentu ini akan selalu dikaitkan dengan perempuan dan lebih sering tertuju pada nenek-nenek. Namun bagi kamu yang masih mudah, belajar merajut merupakan langkah yang baik.

Selain kita bisa berkarya, merajut juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kehidupan kita lho sobat izwie. Dan yang lebih penting, kamu tidak harus menggunakan benang wol yang gatal di kulit seperti jaman dahulu, saat ini ada banyak merk benang yang lembut dan nyaman untuk digunakan.

1. Bisa Memberi Rasa Bangga

Manfaat Tak Terduga Dari Merajut
Dalam dunia yang serba modern ini, orang-orang yang memahami tata cara merajut mulai langka karena mereka lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain gadget. Jika kamu pandai merajut dan sudah menghasilkan banyak karya, orang-orang akan takjub melihat hasil rajutanmu. Ini seperti sebuah trik sulap yang sangat luar biasa. Ketika mereka kagum dan memberi pujian kepada anda, tentunya ini akan memberi rasa bangga dan bisa memberi dampak yang baik bagi kehidupanmu.

2. Memiliki Manfaat Yang Sama Dengan Meditasi

Ketika kamu benar-benar mengetahui apa yang sedang kamu lakukan, merajut bisa membuat kamu menjadi sangat santai. Pekerjaan merajut sederhana biasanya dilakukan dengan langkah yang sama secara berulang-ulang, sehingga merajut akan menggunakan otot memori kita agar bisa menghasilkan rajutan yang sempurna. Berirama, gerakan berulang, dan relaksasi memiliki manfaat yang sama untuk pikiran dan tubuh kita layaknya seseorang yang sedang melakukan meditasi.

3. Meredakan Gejala Kecemasan, Stres, dan Depresi

Benang Rajut
Gerakan yang berulang-ulang dan fokus saat merajut mampu membantu mengalihkan perhatian kita dari gejala kecemasan, depresi, dan stres. Duduk diam saat merajut juga mampu mengurangi denyut jantung dan menurunkan tekanan darah setelah beberapa menit. Jadi gapailah jarum dan benang ketika kamu mulai merasa cemas atau depresi, ini dapat membuatmu menjadi lebih rileks.

4. Membantu Meningkatkan Fungsi Motorik

Karena merajut bisa merangsang hampir semua fungsi otak sekaligus, ini dapat digunakan untuk membantu orang-orang yang terkena penyakit seperti parkinso untuk meningkatkan fungsi motorik mereka. Selain mampu meningkatkan ketrampilan motorik mereka, merajut juga mampu mengalihkan perhatian dari rasa nyeri lainnya.

5. Menyehatkan Otak

Selain mampu meningkatkan fungsi motorik dan suasana hati, merajut juga mampu merangsang otak agar tetap sehat. Semakin sering kamu menggunakan otak-mu, hal ini akan membuatnya makin bertambah sehat. Menurut hasil penilitan yang dilakukan oleh Mayo Clinic, orang-orang yang bekerja sebagai pengrajin (termasuk merajut), memiliki 30-50% kemungkinan lebih kecil terkena kerusakan kognitif ringan (kemampuan berfikir), jika dibandingkan dengan mereka yang tidak.

6. Membatu Mencegah Arthritis dan Tendinitis

Merajut
Arthritis adalah pembengkakan dan kekakuan pada sendi sehingga gerakan tubuh menjadi lebih sulit dan menyakitkan. Dengan merajut, hal ini akan membuat persendiaan-mu tetap sehat. Lembut menggunakan jari-jari saat merajut juga mampu membuatnya lebih kuat dan ini memiliki efek lebih baik dari pada mengetik.

Menurut para ahli, orang-orang yang terkena Arthritis, sering direkomendasikan untuk merendam tangan pada air hangat, kemudian di suruh untuk melakukan terapi dengan cara merajut sesering mungkin.

Nah, setelah kamu mengetahui 6 manfaat merajut di atas, sekarang pergilah ke toko kerajinan dan belilah peralatan merajut. Jika kamu belum mengerti sedikitpun, kamu bisa mencari tutorial merajut baik berupa teks maupun video di internet. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya sobat izwie...:)
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar:

  1. Wah.. merajut jadi terapi juga ya? Merajut sambil BW neak juga kali ya? Hehe

    BalasHapus