Kamis, 05 Mei 2016

Apakah Memelihara Kucing Baik Bagi Kesehatan? Berikut Manfaat Memelihara Kucing Yang Wajib Kamu Ketahui

Ketika kamu berfikir tentang hal-hal apa yang baik bagi kesehatan, pasti kamu tidak akan tertuju pada hewan peliharaan seperti kucing. Walaupun kamu adalah pecinta kucing atau cat lovers, mungkin kamu juga tidak benar-benar mengetahui tentang manfaat memelihara kucing bagi kesehatan.

Baru-baru ini, para ilmuwan yang mempelajari ikatan antara hewan dan manusia, mereka menyimpulkan bahwa memelihara kucing benar-benar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, untuk lebih jelasnya simak 10 manfaat kesehatan dari memelihara kucing berikut ini;

1. Mengurangi Kecemasan & Stres

Kucing Lucu
Dalam hidup yang serba cepat dan banyak tekanan pada pekerjaan membuat kita mudah mengalami stres. Dengan merawat kucing, dapat membantu mengurangi stres dalam kehidupanmu. Memelihara kucing memiliki banyak manfaat psikologis, dan salah satunya adalah menghilangkan stres.

Tak hanya mampu menghilangkan stres, memelihara kucing juga dapat mengurangi kecemasan. Membelai kucing dapat mengalihkan pikiran kamu dari kekhawatiran. Kehadiran kucing yang akan tidur dengan lucu dan menggemaskan dapat membantu menenangkan diri pemiliknya. Dan bagi kamu yang memelihara kucing dengan tulus mungkin kamu akan memahami bagaimana rasanya menikmati cinta tanpa syarat dari si kucing yang lucu.

2. Meningkatkan Suasana Hati & Mengurangi Depresi

Dalam banyak kasus, berinteraksi dengan hewan peliharaan termasuk kucing dapat membantu meningkatkan mood kita loo. Merawat kucing dapat membantu kamu merasa lebih baik dan meningkatkan suasana hati. Jadi, jika kamu sedang mencari cara untuk memperbaiki suasana hati, memelihara kucing bisa menjadi alternatif.

Walaupun ini mungkin tidak benar-benar menyembuhkan depresi, seperti pada penjelasan pada poin no 1, bahwa kucing dapat membantu mengalihkan pikiran kita dari berbagai masalah. Kucing bisa menjadi obat depresi karena mereka bisa menenangkan pikiran. Jika kamu mengalami depresi, bersahabat dengan kucing dapat membantu meringankan bebanmu.

3. Mengurangi Kesepian

Setiap hari banyak orang yang merasa kesepian dan beberapa orang memilih untuk merawat kucing agar mereka tidak merasa kesepian. Hal ini memang benar, bersahabat dengan kucing mampu membantu kita dari rasa kesepian. Hanya memelihara kucing dengan tulus, dapat membantu mereka yang masih jomblo juga lho sobat Izwie :).

4. Mengurangi Resiko Terkena Stroke

Stroke merupakan penyakit yang menakutkan, dan jika kamu khawatir terkena penyakit stroke, kamu bisa mempertimbangkan untuk memelihara kucing. Ya, kucing merupakan peliharaan yang bisa mengurangi resiko terkena stroke. Sebuah penelitian di Minnesota University menemukan bahwa orang yang memelihara kucing bisa mengurangi resiko stroke hingga sepertiga.

5. Mengurangi Tekanan Darah

Seperti pada pembahasan sebelumnya bahwa membelai kucing bisa membuat kita tenan dan merasakan kenyamanan. Dari hasil studi di Universitas Negeri New Yok di Buffalo menyimpulkan bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan lebih cenderung memiliki tekanan darah yang rendah jika dibanding dengan mereka yang tidak memiliki peliharaan.

6. Memperbaiki Sistem Kardiovaskular

Hidung Kucing Lucu
Penyakit kardovaskular atau cardiovascular diseanse (CVD) adalah penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah dan jantung. Dari hasil penelitan yang dilakukan di University of Minnesota menyimpulkan bahwa mereka yang tidak memelihara kucing 40-50% lebih memungkinkan meninggal akibat penyakit kardiovaskular dari pada mereka yang memelihara kucing.

Orang-orang yang memelihara kucing juga lebih jarang terkena serangan jantung. Penelitian lain juga menyimpulkan bahwa memiliki kucing lebih baik dibandingkan dengan melakukan diet rendah garam untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh dapat didorong dari perasaan yang kamu dapatkan hanya dengan memelihara kucing lho. Memelihara kucing dapat meningkatkan dukungan sosial, mengurangi depresi, lebih mudah tertawa, bermain dan olahraga - semua ini dapat membantu fungsi sistem kekebalan tubuh kamu menjadi lebih baik. Dan yang lebih penting, si kucing juga dapat memberitahu ketika kamu sedang tidak merasa baik. Mereka membantumu untuk mendapatkan lebih baik dengan datang untuk menghiburmu.

8. Menghindari Alergi & Sistem Pernafasan

Anak-anak yang dibesarkan di sekitar kucing perkembangan alergen mereka menjadi lebih baik. Alergen adalah sebuah antigen yang berfungsi untuk memproduksi reaksi alergi dengan menginduksi pembentukan IgE. Dengan begitu, berbagai permasalahan pernafasan termasuk asma dapat berkurang pada anak-anak yang terbiasa hidup bersama kucing.

Sebagai bonus tambahan, anak-anak yang dibesarkan dengan hewan peliharaan seperti kucing juga lebih memiliki empati yang lebih besar untuk perasaan orang lain dan mampu berhubungan lebih baik dengan orang lain.

9. Menurunkan Kolesterol & Trigliserida

Bagi kamu yang masih muda mungkin masih belum begitu memperhatikan kolesterol. Namun jika dalam kehidupanmu kelak kamu tidak ingin memiliki masalah dengan kolesterol, pertimbangkan untuk memelihara kucing mulai dari sekarang. Sebuah penelitian di Kanada pada tahun 2006 menunjukkan bahwa memelihara kucing jauh lebih efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dari pada obat yang dirancang untuk melakukan hal yang sama.

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak utama yang mengalir di dalam darah manusia. Dan cara yang sering dilakukan untuk menurunkan trigliserida adalah dengan berolahraga dan tidak mengkonsumsi makanan karbohidrat secara berlebihan (terutama makanan olahan). Tapi ini bukanlah satu-satunya hal yang dapat dilakukan. Beberapa studi menyimpulkan bahwa memelihara kucing juga dapat menurunkan trigliserida dan meningkatkan kesehatan kita. Meskipun kita harus tetap berolahraga dan mengatur pola makan yang lebih baik, memelihara kucing juga dapat membantu proses tersebut.

10. Terapi Kesehatan

Kucing Tidur
Tahukah kamu bahwa kucing mendengkur pada frekuensi antara 20-140 Hz dan dikenal memiliki efek terapi. Dengkuran kuncing mampu memberi efek terapi penyembuhan pada otot, tendon dan ligamen karena frekuensi yang dihasilkan. Selain itu, infeksi dan pembengkakan juga bisa sembuh pada frekuensi ini.

Sebuah studi juga menyimpulkan bahwa orang-orang yang memelihara kucing juga cenderung lebih jarang sakit atau pergi berobat. Bahkan di negara maju lebih sering menggunakan kucing untuk terapi di panti jompo. Selain efektif, biaya terapi menggunakan kucing jauh lebih murah.

Apakah kamu saat ini juga memelihara kucing? dan apakah kamu memiliki pengalaman menarik seputar manfaat memelihara kucing? Jangan lupa untuk berbagi melalui kolom komentar ya... :)
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: