Senin, 16 Mei 2016

10 Tanda-tanda Orang Sok Pintar Yang Mungkin Tidak Kamu Pahami

Dalam kehidupan ini kita akan mengalami jutaan momen dan bertemu dengan berbagai macam tipe orang. Menariknya dari beberapa orang yang kita temui, hal itu akan bisa membuat kita merasakan kebahagia, kesedihan dan bahkan rasa kesal.

Ketika berbicara tentang orang yang sok pintar, tentunya kita harus pandai-pandai dalam menyikapinya agar kita tidak terjebak pada pemikiran yang salah. Agar kamu bisa lebih memahami orang yang sok pintar, berikut ciri-ciri orang sok pintar yang wajib kamu ketahui;

1. Mereka Fokus Pada Pujian

Ciri-ciri orang sok pintar
Orang-orang yang sok pintar, mereka lebih cenderung untuk fokus agar mendapat pujian dari orang-orang disekitarnya. Mereka juga tidak perduli, apakah yang mereka sampaikan itu benar atau salah. Yang terpenting mereka harus terlihat pintar dan benar-benar fokus agar bisa mendapatkan pujian.

Berbeda dengan orang-orang yang benar pintar, mereka lebih cenderung untuk mendengar dan mengamati sesuatu yang ada disekelilingnya agar mereka mendapatkan pelajaran baru. Dan jika mereka menemukan sesuatu yang janggal atau tidak sesuai dengan pemikiran mereka, barulah mereka angkat bicara untuk mendiskusikannya.

2. Mereka Sulit Untuk Berbagi

Orang yang sok pintar adalah orang yang sulit untuk berbagi keilmuan maupun keahlian dalam bidang apapun - baik itu dalam lingkungan kesehariannya maupun di tempat kerja - Mereka merasa sulit berbagi karena mereka takut tersaingi.

Berbeda dengan orang yang benar-benar cerdas, mereka lebih suka berbagi dalam hal apapun termasuk pengalaman dan keilmuan. Dengan berbagai, mereka juga ingin mendiskusikan apa yang telah mereka pelajari dan dapatkan selama ini. Sisi baiknya, dengan berdiskusi kemungkinan besar mereka akan mendapatkan masukan atau saran yang lebih baik.

3. Banyak Bicara

Orang-orang yang sok pintar adalah orang yang banyak bicara, tidak suka mendengar dan hanya ingin didengar. Mereka juga lebih cenderung untuk berbicara dahulu sebelum berfikir. Ini artinya, jika mereka disuruh untuk membuktikan apa yang mereka bicarakan sebelumnya, mereka hanya akan mencari beribu-ribu alasan tanpa memberi bukti sedikitpun.

Dengan banyak berbicara, mereka juga lebih cenderung untuk lebih sering membual dan pandai untuk beralasan. Mereka hanya pintar untuk menganalisa keadaan hanya untuk membuat alasan agar bisa menutupi kesalahan dan kelemahannya. Jadi ketika mereka melakukan kesalahan atau kegagalan, mereka hanya akan mencari cara untuk membuat alasan yang sangat cerdas

4. Mereka Tidak Mau Mengambil Tindakan

Salah satu kebiasaan orang yang sok pintar, mereka lebih enggak untuk mengambil langkah nyata dan lebih banyak bicara seperti yang sudah dijelaskan pada poin di atas. Berbeda dengan orang yang benar-benar pintar - saat orang yang sok pintar selalu membicarakan tentang kesibukannya - orang yang pintar membiarkan hasil kerja mereka yang berbicara.

5. Selalu Berfikir Bahwa Mereka Yang Paling Cerdas

Orang yang sok pintar akan selalu berfikir bahwa dirinya-lah yang paling cerdas. Dalam hal apapun, mereka tidak mau mengakui ketidaktahuan karena merasa gengsi. Mereka hanya fokus bagaimana agar orang lain mengganggap bahwa dirinya adalah orang yang pintar. Berbeda dengan orang yang benar-benar pintar, walaupun mereka sudah mengetahui topik pembicaraan, mereka cenderung untuk bertanya dengan pertanyaan yang tepat untuk menggali pemikiran baru yang mungkin bisa menambah pengetahuannya.

6. Tidak Mau Bertanya

Karena sudah merasa yang paling pintar sendiri, tentunya orang yang sok pintar lebih enggan untuk bertanya. Selain gengsi, mereka ingin benar-benar menutupi ketidaktahuan dan kelemahannya. Mungkin kamu pernah mendengar pepatah mengatakan bahwa malu bertanya sesat dijalan. Dan orang-orang yang sok pintar mungkin akan lebih banyak memiliki pemikiran yang sesat bukan.

7. Meremehkan

Meremehkan segala sesuatu yang ada dihadapannya merupakan poin ke enam dari pembahasan kali ini. Orang sok pintar selalu meremehkan segala sesuatu, termasuk meremehkan orang-orang yang ada disekitarnya. Hal ini terjadi karena mereka memiliki dasar pemikiran bahwa mereka selalu merasa bahwa dirinya adalah orang yang paling benar dan pintar.

8. Tidak Disiplin

Dari kebiasaan sifatnya yang sering meremehkan segala sesuatu, orang sok pintar lebih cenderung untuk menjadi tidak disiplin. Mereka tidak pernah menghargai waktu dan hanya mencari cara untuk menutupi kekurangannya dengan cara apapun. Dari waktu ke waktu mereka hanya membuat janji-janji tanpa berusaha untuk menepatinya

9. Tidak Mau Menghadapi Masalah

Orang yang sok pintar lebih enggan untuk menghadapi atau memecahkan masalah hidupnya. Mereka lebih pandai untuk menghindari masalah dengan berbagai alasan-alasan hebatnya.

10. Mereka Tidak Memikirkan Atau Mengakui kesalahan Mereka

Bagi orang yang sok pintar memang sesuatu yang mustahil jika mereka memikirkan atau mengoreksi kesalahan-kesalahan diri sendiri. Hal ini karena mereka selalu menganggap bahwa dirinya yang paling benar. Dan kalaupun mereka disalahakan atas kesalahan yang pernah mereka buat, mereka lebih suka untuk mencari kambing hitam.

Nah berikut beberapa ciri-ciri orang sok pintar yang mungkin tidak kamu pahami. Kamu mempunyai pendapat lain? silahkah berkomentar ya sobat Izwie...
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: