Tuesday 5 April 2016

Tips Agar Kamu Lebih Dekat dengan Keluarga

Tips Agar Kamu Lebih Dekat dengan Keluarga - Kesibukan seringkali membuat hubungan dalam sebuah keluarga menjadi renggang. Baik itu ayah, ibu, atau sebagai anak, semua memiliki aktivitas masing-masing yang membuat jarang bertemu.Meski begitu, sudah seharusnya kita meluangkan waktu quality time bersama keluarga minimal satu minggu sekali. Nah, jika posisi kita sebagai anak misalnya, tentunya kita harus membagi waktu dengan baik, memisahkan antara urusan sekolah/kuliah, belajar, berkumpul bersama teman-teman, me time juga untuk keluarga. Jangan mentang-mentang orang tua sibuk, kamu ikut-ikutan tidak punya waktu untuk sekedar bertegur sapa dengan mereka ya, Sobat Izwie!

Usahakan untuk menempatkan keluarga menjadi prioritas utama dalam hidupmu. Berikut ini Izwie akan berbagi tips agar kamu lebih dekat dengan keluarga. Simak yuk!

Merayakan Pencapaian-Pencapaian Walaupun Kecil

Tips Agar Kamu Lebih Dekat dengan Keluarga
Jangan menunggu moment ulang tahun atau aniversary saja, kamu bisa mulai membiasakan untuk merayakan pencapaian-pencapaian anggota keluargamu meski hanya hal yang kecil. Misalnya, kakakmu yang baru dapat lisensi mengemudi atau adikmu yang baru masuk TK. Apapun itu, rayakan. Kebahagiaan satu anggota keluarga, adalah kebahagiaan bagi seluruh anggota keluarga.

Sarapan Bersama Sebelum Berangkat Beraktivitas di Pagi Hari

Waktu sarapan di pagi hari bisa jadi 'quality time' yang sempurna sebelum berangkat beraktivitas sepanjang hari. Inilah kesempatanmu untuk bertatap muka, saling menyapa keluargamu dengan kondisi pikiran yang fresh sehingga keakraban lebih terjalin. Jangan lupa saling menyemangati sehingga memberi energi tambahan saat beraktivitas nanti.

Menonton Acara Televisi Favorit Keluarga

Quality time berikutnya adalah dengan menonton acara TV favorit di ruang keluarga. Atau bisa juga menonton film yang sudah lama ingin ditonton lewat DVD. Kamu bisa menonton sambil membahas apa yang sedang di tonton, makan cemilan juga tertawa bersama. Tertawalah bersama dengan sesama anggota keluarga tanpa jaim. Kamu bebas berekspresi sesuka hati, toh itu keluargamu sendiri.

Sesibuk Apapun, Jangan Lupa Saling Memberi Kabar

Jika sama-sama sibuk beraktivitas di luar rumah dan tidak sempat bertemu, setidaknya harus meluangkan waktu untuk memberi kabar. Toh sekarang sudah semakin mudah misalnya dengan membuat grup khusus anggota keluarga. Simpel tapi tetap terhubung. Atau jangan sungkan untuk menelepon ayah ibumu, menelpon pacar saja rajin, sama orang tua juga dong? Perhatian kecil efeknya besar juga lho.

Rencanakan Liburan

Rencanakan dari sekarang untuk liburan bersama, minimal satu tahun sekali bersama seluruh anggota keluarga tanpa kecuali. Pilih waktu yang semuanya bisa ikut, misal saat weekend atau long weekend di akhir tahun. Bahkan, tak mengapa jika kamu harus ambil cuti demi berkumpul dengan keluarga. Apalah arti uang, jika kerja capek-capek tidak bisa menikmatinya bersama keluarga tercinta.

'Ngopi' adalah Waktu Terbaik

Moment terbaik lainnya adalah saat ngopi atau ngeteh dan bisa mengobrol santai sepusanya. Pilih waktu yang tepat, misalnya sore hari atau saat hari libur. Saat itu, hindari semua hal yang berbau pekerjaan atau urusan lainnya diluar keluarga. Saatnya kamu berbagi cerita yang menyenangkan sambil menyeruput kopi dan mengunyah cemilan. Hindari segala macam bentuk obrolan yang mengandung perselisihan pendapat apalagi yang memicu pertengkaran. Saatnya merilekskan pikiran.

Jauhkan Gadget Selagi Berkumpul dengan Keluarga

Tips yang paling penting dari semua tips di atas, saat berkumpul dengan keluarga, jauhkan gadget-mu baik itu smartphone, tablet, laptop dan alat komunikasi lainnya terutama yang berhubungan dengan social media. Fokuslah dengan apa/siapa yang ada di depanmu. Semua yang ada di dunia maya atau ada di dalam layar mungil itu tidak sebanding dengan waktu berhargamu dengan keluarga. Matikan layarmu, dan hiduplah di dunia nyata!

Itulah tips agar kamu lebih dekat dengan keluarga. Tips yang sederhana, bukan? Tapi rasakan efeknya saat kamu mulai mempraktikkannya. Selamat mencoba, salam sayang untuk keluargamu ya!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: