Senin, 18 April 2016

10 Manfaat Menangis Yang Wajib Kamu Ketahui

Sehebat apapun manusia di dunia, pasti akan pernah mengalami berbagai momen yang bisa membuatnya menangis. Entah itu sesuatu yang menyedihkan ataupun yang menggembirakan. Yang jelas orang kuat bukanlah orang yang tidak pernah menangis, tetapi orang yang tetap tegar ketika menghadapi berbagai cobaan hidup, ciee kok jadi bijak gini ya :).

Oke kembali ke topik, walaupun ada beberapa orang yang gengsi untuk menangis (khususnya para laki-laki) karena mereka tidak ingin terlihat lemah. Tetapi sebenarnya menangis sangatlah baik untuk pikiran, tubuh di jiwa kita lho. Penasaran? Agar lebih jelas dan gamblang mari kita simak 10 manfaat menangis di bawah ini;

1. Melindungi Mata Dari Iritasi

Manfaat Menangis
Tahukah kamu bahwa air mata tidak hanya di produksi ketika kamu menangis saja lho. Air mata akan terus diproduksi setiap waktu agar mata terlindungi dari berbagai partikel berbahaya seperti debu, pasir, kotoran dan masih banyak lagi. Ini juga menjadi alasan kenapa kita bisa menangis ketika mengiris bawang. Air mata memungkinkan mata untuk terlindungi dari dari iritasi termasuk gas yang dihasilkan oleh bawang.

2. Membunuh Bakteri

Tak hanya mampu melindungi dari iritasi, menangis juga bisa membunuh bakteri yang merugikan. Air mata bisa mencuci bakteri di mata karena air mata mengandung lisozim, merupakan hormon yang juga terdapat pada susu manusia dan air liur. Ketika kamu menangis, lisozim akan dilepaskan dan mampu membunuh 90% bakteri yang terdapat di mata kita.

3. Melepas Racun

Ketika kamu menangis, itu menandakan bahwa tubuh kamu sedang mengalami stres. Dengan menangis, secara tidak sadar kamu sudah membersihkan tubuhmu dari kortisol. Kortisol merupakan hormon yang memiliki keterkaitan dengan stres dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Jika hormon kortisol terus menumpuk pada tubuhmu, kamu akan memiliki masalah kesehatan seperti; imsonia, menurunnya sistem kekebalan tubuh, dan permasalahan berat badan khususnya perut buncit.

Jadi menangislah bila harus menangis, jangan pernah ditahan-tahan. Toh itu juga berdampak baik bagi tubuh dan jiwamu.

4. Meningkatkan Kesehatan Secara Keseluruhan

Seperti yang sudah kamu pelajari di atas, menangis juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Air mata yang disebabkan karena emosional mengandung kadar albumin protein 25% dan membatu meregulasi metabolisme. Selain itu, menangis juga dapat membantu untuk mengatasi masalah kesehatan fisik secara umum, seperti; tekanan darah tinggi, obesitas dan diabetes.

5. Meningkatkan Komunikasi

Jika seseorang yang berada di dekatmu tiba-tiba menangis, tentunya secara naluri kamu akan tahu bahwa ada sesuatu yang salah. Dengan begitu kata-kata tidak diperlukan untuk mengkomunikasikan informasi ini. Menangis juga bisa menjadi pertanda bahwa mereka sedang mengalami masalah yang berat atau sedang tersakiti, dan tanpa menangis mereka justru sulit untuk di deteksi karena mereka bisa sedang berpura-pura seperti tidak terjadi apa-apa pada dirinya.

6. Lebih Kreatif

Kreatif
Apakah kamu seorang seniman, penari, penulis atau apapun itu yang selalu ditutut untuk kreatif? Jika benar, mungkin kamu tahu rasanya bagaimana perjuangan untuk menciptakan sesuatu yang unik dan banyak disukai oleh banyak orang. Hal ini memang sangat sulit, dan bahkan kamu akan sering di tikam dari berbagai arah hingga membuatmu tersakiti dan bisa jadi kamu akan kehilangan kretifitas karena ada banyak tekanan.

Jika semua tekanan sulit untuk diatasi, menangis bisa dijadikan cara untuk melepas semua beban itu. Setelah perasaanmu menjadi lega, tentunya kamu akan bisa berfikir lebih jernih dan ide-ide kreatifmu bisa muncul lebih baik.

7. Menghadapi Emosi

Orang-orang yang menyatakan bahwa mereka tidak akan menangis kemungkinan besar mereka tidak akan bisa melakukan hal itu pada suatu kondisi tertentu. Setiap orang mempunyai kelemahan hingga pada suatu saat mereka akan menangis dengan sejadi-jadinya dan menangis bukanlah sesuatu yang memalukan. Menghadapi krisis emosional memang sangat sulit untuk ditangani; menahan air mata karena ingin terlihat kuat saat emosional membutuhkan usaha lebih dan ini hanya akan membuat kita mengalami stres.

8. Meningkatkan Mood

Saat menangis, kita akan melepaskan hormon tertentu dan mampu memberikan efek yang sangat positif pada suasana hati secara keseluruhan. Dalam sebuah studi yang pernah dilakukan di Florida pada tahun 2008, menunjukkan bahwa 90% dari orang-orang yang menangis saat mereka merasakan stres, melaporkan bahwa dirinya mengalami pengingkatan yang signifikan dalam suasana hatinya.

Dengan menangis, sama halnya kita melepaskan beban yang ada dalam tubuh kita. Setelah itu mood kita cenderung menjadi lebih baik.

9. Meningkatkan Visi

Bagi kamu yang pernah bekerja lembur, pastinya pernah merasakan bagaimana rasanya mewujudkan sebuah visi dan tiba-tiba merasa kehilangan kemampuan untuk fokus. Hal itu tak lain karena mata kamu mengalami dehidrasi akibat sudah bekerja sepanjang hari. Dengan menangis, selaput mata akan terhidrasi dan merevitalisasi kinerja mata kamu secara keseluruhan.

10. Berdamai Dengan Kesedihan

Kehilangan anggota keluarga, teman, hewan atau apapun yang kita cintai adalah sesuatu yang sangat menyakitkan dan terkadang lebih sulit untuk diatasi. Dalam situasi tersebut, kata-kata tidaklah cukup. Kadang-kadang satu-satunya hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeluk seseorang yang kamu sayangi dan membiarkan air mata mengalir.

Itu tadi 8 manfaat menangis yang perlu kamu ketahui. Tentunya dalam hidup ini kamu pernah menangis bukan, dan apakah kamu mempunyai pendapat lain seputar manfaat dari menangis yang pernah kamu rasakan? jika ada silahkan berbagi melalui kolom komentar...
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: