Thursday 28 January 2016

5 Cara Menjalani Binis Sampingan Agar Lebih Menyenangkan

Kebutuhan yang mendesak seringkali memaksa seseorang untuk bekerja ekstra di luar pekerjaan utamanya. Ada banyak pekerjaan sampingan, baik itu sebagai pekerja paruh waktu maupun menjalankan bisnis sampingan. Namanya saja bisnis sampingan, tentunya kita hanya mengalokasikan 'sisa waktu' di luar pekerjaan utama. Bisa jadi saat waktu luang, sepulang bekerja ataupun saat hari libur. Lumayan kan, bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari?

Sobat izwi, meskipun bisnis sampingan, kita harus tetap menjalani bisnis tersebut dengan total. Jika tidak serius, justru akan menambah masalah dalam hidup kita. Jangan sampai kamu dibuat repot sendiri dengan adanya bisnis sampingan yang kamu jalani sehingga mengganggu aktivitas utama kita. Cobalah untu mencari cara-cara yang lebih menyenangkan agar terhindar dari stres saat menjalani bisnis sampingan. Nah, kali ini Izwie sudah merangkum 5 Cara Menjalani Bisnis Sampingan Agar Lebih Menyenangkan. Yuk, simak selengkapnya!

1.Lakukan Bisnis yang Sesuai dengan Bidang, Minat dan Passion

Saat memutuskan jenis bisnis yang akan kamu jalani, bisa kamu mulai dengan menjalankan bisnis yang sesuai dengan bidang, minat serta passionmu. Hal ini akan mempermudah bagimu saat menjalaninya. Bisnis yang sesuai minat akan mendorong semangatmu untuk melakukan yang terbaik. Berbeda dengan menjalankan bisnis yang bukan bidangnya, akan terasa lebih berat. Bahkan kamu akan merasa ogah-ogahan. Jika itu sesuai degan passionmu, kamu akan lebih enjoy sehingga hasilnya pun memuaskan.

Baca Juga : 7 Tips Memulai Bisnis Dari Hobimu

Misalnya kamu hobi mendesain baju, kamu bisa mulai mendesain baju untuk diproduksi dan dijual ke orang lain. Atau kamu hobi memakai make-up? Cobalah membuat video tutorial memakai make-up kemudian upload di youtube atau blog. Siapa tahu bisa menjadi bisnis, kamu bisa menjual produk make-up, skin care, dst. Juga berpeluang untuk mendapatkan banyak tawaran kerjasama promosi produk atau mengendorse alat make-up padamu. Menarik, bukan?

2. Jual Ke Orang Terdekat dan Membangun Jaringan Pelanggan

Bisnis sampingan tidak perlu 'ngoyo' alias bekerja terlalu keras untuk mendapatkan hasil yang banyak. Kamu bisa memulai dengan menawarkan produk ke orang-orang terdekat di sekitarmu. Jika produkmu terbukti bagus, maka kamu akan mendapatkan kesempatan untuk promosi gratis dengan testimoni yang mereka berikan. Semakin banyak testimoni yang bagus masuk, maka kesempatan untuk memperluas jaringan dan mendapatkan pelanggan akan semakin terbuka lebar. Meraih kepercayaan pelanggan jadi PR utama kamu. Selanjutnya, orderan yang datang akan semakin lancar.

3.Buat Target-Target Kecil Agar Bisnis Tidak Menjadi Beban

Menetapkan target-target yang besar dan tinggi tentu saja boleh. Namun, semakin tinggi target bisnis yang harus kamu penuhi, bisnis jadi terasa makin berat seolah menjadi beban berat. Kamu akan cenderung cepat bosan saat menjalankan bisnis, akhirnya mudah menyerah. Nah, untuk menyiasatinya kamu bisa memecah target besarmu menjadi poin-poin target yang lebih kecil.

Baca Juga : 7 Modal Utama Yang Harus Kamu Ketahui Ketika Ingin Menjadi Pengusaha Sukses

Tujuannya, agar targetmu cepat terpenuhi dan berusaha menjalankan target berikutnya. Kamu akan lebih enjoy dan ringan karena mind set-mu juga ikut berubah. Menjalani bisnis sampingan jadi lebih menyenangkan, bukan?

4. Abaikan Komentar Negatif yang Menjatuhkan

Bisnis apalagi sampingan, seringkali mendapat cemooh dari orang-orang disekitar kita. Sehingga, kitapun gampang terpengaruh oleh komentar negatif yang cenderung menjatuhkan tersebut. Padahal, yang tahu seluk beluk bisnis yang kita jalani adalah kita sendiri. Kamu berhak memutuskan apakah menerima komentar negatif tersebut mentah-mentah lalu membuatmu down, atau menepis komentar negatif tersebut dengan sikap yang optimis. Buktikan bahwa bisnismu memang layak untuk dijalankan, menghasilkan, serta bisa berkembang lebih besar lagi. Anggaplah komentar tersebut sebagai semangat untuk melakukan yang terbaik. Jadi, abaikan komentar negatif yang bersifat menjatuhkan. Show must go on!

5.Atur Waktu yang Tepat Untuk Menjalankannya

Bisnis sampingan juga memerlukan waktu untuk dapat menjalaninya dengan baik. Pilihlah waktu yang tepat untuk menjalankannya, jika kamu memiliki pekerjaan tetap tentu pekerjaanmu lebih utama. Jangan coba-coba untuk mencuri-curi waktu jam kantor untuk menjalankan bisnis sampingan. Karena kamu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal dari keduanya. Fokuslah pada apa yang ada didepanmu. Atur waktu yang tepat, buatlah jadwal misalnya setelah pulang dari kantor, satu jam sebelum berangkat ke kantor, atau saat akhir pekan. Kuncinya mengatur waktu sebaik mungkin.Usahakan menjalani bisnis dengan konsisten dan kontinyu sehingga hasilnya tampak dan memuaskan.

Baca Juga : 15 Tanda Bahwa Kamu Sudah Siap Untuk Memulai Usaha Sendiri

Nah, itulah 5 Cara menjalani bisnis sampingan agar lebih menyenangkan. Jika kamu memiliki cara tersendiri, bisa kamu share di sini ya! Semoga bermanfaat!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: