Selasa, 08 Desember 2015

12 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Agar Bisa Menjadi Penulis Sukses

Setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk menjadi sukses begitupun dengan seorang penulis. Dan ketika kita bertemu dengan penulis-penulis berbakat baik itu penulis novel, puisi, buku, skenario dan lain-lain. Kebanyakan dari mereka akan memiliki kebiasaan yang sama.

Saat kamu ingin menjadi seorang penulis yang sukses, berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan.

1. Menulis

Penulis Sukses
Tentu saja, untuk menjadi seorang penulis yang sukses kita harus menulis. Namun yang terpenting, kita harus terbiasa untuk menulis di setiap hari setidaknya 20 - 60 menit. Entah itu di cicil 10 menit sebelum berangkat kerja, waktu jam istirahat atau menjelang tidur. Yang terpenting usahakan untuk terbiasa menulis di setiap hari.

Baca Juga : Ketahui 10 Manfaat Menulis Diary Untuk Mendukung Kesuksesanmu

2. Buat Jurnal Atau Catatan

Tidak hanya untuk para pernulis, jurnal merupakan faktor penting dalam mendukung suatu kesuksesan siapapun. Dengan terbiasa mencatat skejul harian, kamu bisa mendokumentasikan hal-hal penting dalam hidupmu, mengelola emosi, dan mampu mengambil keputusan yang baik. Selain itu, kamu tidak akan kehilangan ide-idemu ketika langsung mencatatnya. Aku sendiri selalu melakukan hal itu, dan karena aku menggunakan smartphone, aku lebih suka menggunakan aplikasi Google Keep. Disamping mudah dan bisa di sinkronisasi, aplikasi ini juga dapat di buka melalui komputer.

3. Carilah Pelajaran Dalam Segala Hal

Hidup kita akan dipertemukan dengan berbagai momen. Ketika kita menemukan suatu hal yang buruk pada diri kita sendiri, ini merupakan kesempatan yang baik. Tanyakan pada diri sendiri, apa yang dapat dipelajari dari peristiwa buruk ini dan bagaimana cara merangkai peristiwa ini agar bisa menjadi dasar tulisan yang baik. Semua orang akan menghadapi berbagai peristiwa, tetapi seorang penulis yang terampil akan dapat menemukan sesuatu yang brilian untuk menjadi bahan bagi tulisan mereka.

4. Perbanyak Membaca

Bagi seorang penulis, banyak membaca buku sangat diperlukan. Dengan membaca kita akan lebih bergairah, mendapat banyak masukan dan tentunya kita juga bisa belajar melalui tulisan orang lain. Bahkan ketika menemukan tulisan yang buruk, tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat kamu pelajari dari hal itu.

5. Cobalah Hal Baru

Ketika ingin menjadi penulis yang sukses, janganlah takut untuk mencoba hal-hal baru. Belajarlah keterampilan baru, apapun itu asalkan bermanfaat untuk masadepanmu kenapa tidak. Kamu bisa berpatisipasi dalam hobi baru, traveling untuk mengenal lokasi baru, orang baru dan budaya baru. Semua itu akan mampu menjadi inspirasimu ketika ingin menghasilkan karya tulis yang menakjubkan.

Baca Juga : 14 Alasan Kenapa Traveling Bisa Menjadi Faktor Pendukung Kesuksesan

Berbicara tentang inspirasi, cobalah untuk pergi ke museum, konser musik, menonton film dan teater. Selalu carilah cara-cara baru untuk mendapatkan inspirasi dan dukungan dari seniman lain. Kamu tidak akan pernah tahu kapan sebuah lukisan, foto, lagu atau film akan menjadi inspirasi tulisanmu.

6. Jangan Batasi Kreativitasmu

Saat kamu menulis, dalam pikiranmu mungkin akan banyak suara-suara seperti "sebenarnya aku tidaklah pandai menulis" atau "aku tidak yakin akan menjadi seorang penulis yang sukses". Jika kamu terus beranggapan seperti itu, sampai kapanpun kamu tidak akan menjadi penulis sukses. Mulai sekarang buang semua hal itu, jangan pernah menilai diri sendiri dan jangan pernah membatasi kreativitasmu. Dari pada memikirkan hal itu, bukankah lebih baik untuk terus menulis dan belajar.

7. Temukan Cara Untuk Terus Berkembang

Dalam dunia tulis-menulis, jangan sampai kamu berfikir bahwa kamu telah mencapai kesempurnaan. Tidak perduli seberapa banyak penghargaan yang pernah kamu dapatkan, yang terpenting kamu harus terus belajar dan berkembang.

8. Jangan Menyerah Pada Penolakan & Kritikan

Memahami bahwa karya seni adalah karya yang subyektif, tentunya pasti akan ada penolakan dan kritikan. Jika kamu memahami, banyak di luar sana para penulis yang sudah sering menerima penolakan & kritikan atas karya tulis mereka, bahkan para penulis berbakat sekalipun. Yang membedakan, mereka tidak pernah menyerah karena hal itu. Mereka justru menjadikan kritikan sebagai bahan untuk membenahi diri.

9. Perhatikan Tulisan

Cara yang terbaik agar kita bisa menghasilkan tulisan yang baik adalah dengan sering memperhatikan dan mempelajari tulisan. Baik itu pada acara TV, film, status jejaringan sosial dan masih banyak lagi. Pernahkan kamu memperhatikan status teman yang menggunakan tata bahasa dengan buruk? Jika pernah, bagaimana pikiranmu bekerja menanggapi hal itu? Dengan sering memperhatikan tulisan yang berada disekitarmu, akan membuatmu terus belajar dan bukan tidak mungkin kamu akan menemukan ide-ide yang baik untuk tulisanmu.

10. Dengarkan Saran dari Penulis Lain

Tidak beda jauh dengan poin nomor 7. Ada banyak cara agar kita bisa terus berkembang dalam dunia tulis-menulis. Entah itu mengikuti seminar, membaca buku tata cara menulis, membaca blog dan lain-lain. Belajar dari kebijaksanaan penulis yang kamu kagumi merupakan cara terbaik untuk bisa terus berkembang menjadi lebih baik.

11. Jadilah Diri Sendiri

Janganlah kamu sekali-kali membandingkan dirimu dengan penulis lain. Jangan pernah mencoba untuk menjadi penulis terkenal seperti Raditya Dika atau Andrea Hirata. Setiap orang memiliki pengalaman unik dan prespektif sendiri. Jadi ketika kamu ingin menjadi penulis yang sukses, tulislah sesuatu dengan gaya bahasa dan ceritamu sendiri. Dan ketika kamu sudah memahami hal ini janganlah berhenti untuk menulis dan berkarya.

12. Ikuti Obsesimu

Tulislah apa yang ingin kamu tulis dan ikuti obsesimu. Jangan hanya fokus untuk menulis karena ingin menjual pemikiranmu melalui tulisan yang diterbitkan oleh penerbit buku. Tetapi tulislah tentang hal-hal yang membuatmu menjadi lebih bersemangat tanpa membatasi kreativitasmu. Menulis bukan tentang seberapa banyak uang yang akan kamu dapatkan, tetapi tentang sesuatu hal yang kamu sendiri juga akan senang menulisnya dan membacanya.

Baca Juga : 10 Hal Yang Hanya Penulis Online Profesional Yang Akan Mengerti

Berikut 12 hal yang harus kamu lakukan agar kamu bisa menjadi seorang penulis yang sukses. Kamu seorang penulis? Apakah kamu mempunyai pendapat lain yang lebih bermanfaat, jika punya silahkan berbagi melalui kolom komentar.
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: