Kamis, 03 Desember 2015

10 Manfaat Teh Hijau Yang Perlu Kamu Ketahui

Aku adalah peminum teh hijau dan sangat suka meminum teh hijau. Pada awalnya aku suka meminum teh hijau bukan karena rasanya, tapi banyak yang memberi tahu bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan yang lebih penting bisa membantu menjaga berat badanku. Setelah aku benar-benar merasakan dampak baik dari teh hijau, aku mulai mencari manfaat apa saja yang terkandung dalam teh hijau.

Manfaat Teh Hijau

Manfaat Teh Hijau
Sobat izwie, ternyata di China teh hijau ini sudah dijadikan obat selama ribuan tahun dan saat ini sudah banyak digunakan di seluruh benua Asia karena manfaatnya. Berbeda dengan teh hitam, teh hijau memiliki manfaat yang lebih baik karena cara mengolahnya-pun juga berbeda. Teh hitam diolah dengan cara agar bisa berfermentasi, sedangkan teh hijau cenderung untuk menghindari fermentasi. Dengan begitu, teh hijau lebih bisa mempertahankan jumlah maksimum zat polifonal dan antioksidan.

Tak beda jauh dengan zat antioksidan, zat polifonal juga mampu berperan untuk melindungi sel tubuh akibat radikal bebas dengan cara mengikatnya. Dan untuk lebih jelasnya, berikut 10 manfaat teh hijau yang perlu kamu ketahui;

1. Anti Virus & Bakteri

Zat antibakteri yang kuat pada teh hijau membuat minuman ini menjadi efektif dalam mengobati segala sesuatu mulai dari flu hingga penyakit serius seperti kanker. Bahkan dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa teh hijau telah terbukti mampu menghambat penyebaran berbagai penyakit.

2. Kanker Esofagus

Kanker esofogus merupakan jenis kanker yang terjadi di esofagus (saluran yang menghubungkan tenggorokan ke lambung). Tentunya orang yang rutin meminum teh hijau akan terhindar dari resiko terserang penyakit kanker jenis ini. Tetapi juga tidak menuntut kemungkinan mampu membunuh sel jenis kanker lain tanpa merusak jaringan sehat di tubuh kita.

3. Diabetes

Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi teh hijau sangat dianjurkan. Teh hijau mampu mencegah lonjakan hormon insulin yang berdampak pada penumpukan lemak. Itu artinya teh hijau mampu mengatur kadar glukosa dalam tubuh dan memperlambat kenaikan gula darah yang terjadi setelah makan.

4. Penyakit Jantung & Tekanan Darah Tinggi

Karena teh hijau bisa bekerja pada pembuluh darah, hal ini akan membantu para penderita jantung menjadi lebih rileks dan tekanan darahnya bisa lebih stabil. Dengan begitu sangat memungkinkan untuk terhindar dari penggumpalan darah yang merupakan penyebab utama penyakit serangan jantung. Selain baik untuk penderita tanjung, teh hijau juga mampu mengurasi resiko tekanan darah tinggi.

5. Depresi

Membuat tubuh menjadi rileks merupakan manfaat dari teh hijau. Hal itu karena teh hijau mengandung theanine (kandungan asam amino alami yang berada dalam daun teh). Ini merupakan zat yang bisa memberikan efek penenang dan menjadi manfaat besar bagi peminum teh sepertiku.

6. Menjaga Berat Badan

Sesuai dengan pengalaman yang sudah dijabarkan di atas. Teh hijau memang bisa bermanfaat untuk menjaga atau menurunkan berat badan karena mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Disamping itu, kandungan zat polifenol yang terkandung dalam teh hijau mampu mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan mengubah makanan menjadi kalori.

7. Kolesterol

Tahukah kamu bahwa dalam tubuh kita terdapat kolesterol baik(HDL) dan kolesterol jahat(LDL). Tidak berbeda jauh dengan bakteri dan tentunya yang baik akan memberi dampak yang baik pula bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi teh hijau, hal ini dapat mengurangi kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan rasio kolesterol baik.

8. Alzheimer dan Parkinson

Alzheimer dan parkinson merupakan penyakit yang berhubungan dengan otak. Yang membedakan, alzheimer berhubungan dengan melemahnya daya ingat, sedangkan parkinson merupakan kerusakan sel saraf pada otak bagian tengah yang mengatur fungsi pergerakan tubuh sehingga akan berdampak pada kelumpuhan. Dan dari hasil penelitian, teh hijau mampu melindungi sel-sel otak dari kematian dan mampu meregenarasi sel-sel otak yang sudah rusak.

9. Perawatan Kulit

Pada poin ini yang paling kusuka. Ternyata teh hijau juga mampu menjaga kulit dari penuaan dini. Hal ini karena antioksidan dan aktivitas anti-inflamasi mampu mengurasi resiko kerusakan kulit akibat sengatan matahari.

10. Gigi & Tenggorokan

Dari hasil penelitian, antioksidan kimia yang bernama catechin dalam teh hijau mampu menghancurkan bakteri dan virus yang bisa menyebabkan infeksi pada tenggorokan dan gigi.

Penjelasan di atas hanya beberapa saja dari sekian banyak manfaat dalam teh hijau. Jika ingin mencoba manfaat dari teh hijau tetap saja jangan terlalu berlebihan dua sampai tiga cangkir sehari merupakan takaran yang ideal. Dan jika kamu sensitif terhadap cafein, sebaiknya satu cangkir sehari karena teh juga mengandung cafein. Teh hijau juga mengandung tanin yang dapat mengurangi penyerapan zat besi dan asam folat, jadi sangat tidak ideal bagi ibu-ibu yang sedang hamil.

Berikut beberapa pengalaman dan manfaat meminum teh hijau yang dapat disampaikan. Apakah kamu memiliki pengalaman lain? silahkan berbagi melalui komentar.
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: