Selasa, 24 November 2015

Ketahui 12 Ciri-ciri Pemimpin Yang Baik

Setiap orang memang dituntut untuk menjadi pemimpin terutama memimpin diri sendiri. Ini penting, karena siapapun orangnya tidak akan bisa menjadi pemimpin yang baik jika mereka tidak mampu memimpin diri mereka sendiri.

Kalaupun kamu tidak ingin menjadi seorang pemimpin untuk orang lain, setidaknya kamu harus memahami 12 ciri-ciri pemimpin yang baik di bawah ini untuk memimpin dirimu sendiri agar bisa menjadi lebih baik.

1. Mereka Membuat Orang Lain Menjadi Lebih Baik

Ciri-ciri Pemimpin Yang Baik
Seorang pemimpin baik tidak hanya fokus untuk terus menjadi atasan dari bawahan mereka. Sebaliknya, mereka ingin menciptakan lebih banyak pemimpin yang baik. Mereka menyadari bahwa menjadi seorang pemimpin itu ada batasnya, dan setiap orang berhak untuk menjadi pemimpin. Yang terpenting bukan siapa yang menjadi pemimpin tetapi apa yang dihasilkan oleh seorang pemimpin.

2. Mereka Memberdayakan Orang

Kepemimpinan bukanlah posisi yang istimewa atau kekuasaan. Sebagai seorang pemimpin yang baik seharusnya membantu dan membimbing pengikutnya agar bisa mencapai tujuan. Bukan semata-mata membuat orang lain tunduk pada keinginan dan agenda mereka sendiri.

3. Mereka Memiliki Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional adalah satu hal paling penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Tanpa adanya kecerdasan emosional, orang-orang yang paling cerdas, terampil atau ambisius sekalipun. Mereka akan sulit mencapai kesuksesan.

Baca Juga : 10 Hal Yang Dilakukan Oleh Orang Memiliki Kecerdasan Emosional

4. Mereka Menggunakan Logika

Logika adalah prinsip-prinsip untuk menalar berbagai hal. Logika sering di abaikan oleh kebanyakan pemimpin karena perasaan intuisi, yang artinya; mereka lebih memahami sesuatu tanpa menggunakan penalaran rasional dan intelektualitas. Meskipun intuisi itu penting, namun memahami dan menciptakan sesuatu melalui proses logis juga jauh lebih penting karena itu adalah landasan kinerja untuk menuju keberhasilan.

5. Mereka Fokus Pada Solusi Bukan Masalah

Seorang pemimpin memang akan selalu dihadapkan dengan berbagai masalah dan tekanan. Dan yang membedakan antara pemimpin baik dan tidak; seorang pemimpin yang baik selalu fokus pada solusi bukan masalah. Setiap mereka menghadapi berbagai masalah, mereka akan menganalisa untuk menemukan solusi yang terbaik.

6. Mereka Tidak Berhenti Untuk Belajar

Ketika sudah menjadi pemimpin bukan berarti mereka harus berhenti untuk belajar. Seorang pemimpin yang baik, mereka tidak akan berhenti untuk belajar. Baik belajar melalui kegagalannya, keberhasilannya, orang-orang disekitarnya maupun bawahannya.

7. Mereka Lebih Banyak Mendengarkan Dari Pada Berbicara

Kepemimpinan adalah pelajaran seumur hidup, terlebih untuk memimpin diri sendiri. Dan di dunia ini tak seorangpun dapat belajar dari berbicara. Bisa dibilang orang-orang yang pernah menjadi pemimpin sukses, mereka memiliki kebiasaan lebih banyak mendengar dari pada berbicara.

Dengan lebih banyak mendengar dari pada berbicara, kita akan mendapatkan banyak gambaran dan keuntungan ketika mencoba untuk mengatasi masalah.

8. Mereka Berkomunikasi Secara Efektif

Setiap pemimpin pasti tidak akan lepas dari yang namanya berkomunikasi. Pemimpin yang baik sebagian kegiatannya dihabiskan untuk berinteraksi dengan orang lain. Entah itu akan mempengaruhi atau menginspirasi orang penting, bawahannya atau orang-orang disekitarnya, Sorang pemimpin yang tidak bisa berkomunikasi secara efektif, mereka tidak akan bisa menjadi pemimpin yang baik.

9. Mereka Percaya Diri & Tanggung Jawab

Salah satu atribut terpenting dari seorang pemimpin besar adalah integritas. Sebagai seorang pemimpin yang baik, dia akan percaya dengan keyakinan mereka, bahkan ketika saran yang mereka berikan tidak di dengar oleh siapapun. Mereka siap untuk bertanggung jawab penuh dan menanggung resiko apapun termasuk mengeluarkan biaya sendiri.

10. Mereka Penuh Kasih

Sebagai pemimpin yang baik, mereka harus tahu kesejahteraan orang di sekitar mereka. Kita ambil contoh yang mudah, dan ini mungkin akan terjadi di perusahaan manapun. Ketika seorang bos mampu berbuat penuh kasih pada anak buahnya, bisa dipastikan mereka akan menjadi karyawan yang loyal dan itu akan sangat berpengaruh pada perusahaan.

Baca Juga : 15 Ciri-ciri Orang Yang Memiliki Mental Kuat

Begitupun dengan pemimpin yang baik, mereka akan mampu menghasilkan pengikut yang setia karena mereka telah melakukan pendekatan dengan penuh kasih pada hubungan mereka.

11. Mereka Berani Mengakui Kesalahan & Minta Maaf

Saya sangat setuju dengan ucapan "kebenaran itu hanya milik tuhan & nabi-pun pernah berbuat salah". Jadi di dunia ini tak ada seorangpun yang tidak pernah berbuat salah termasuk pemimpin besar sekalipun. Jadi pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mau mengaku kesalahan dan berani untuk meminta maaf atas kesalahan yang telah mereka perbuat.

12. Mereka Tidak Takut Untuk Mengambil Keputusan Yang Besar

Suatu keputusan yang besar memang selalu ada keterkaitan dengan resiko yang besar. Yang jelas, seorang pemimpin yang baik tidak akan takut untuk mengambil keputusan yang besar, namun mereka juga tidak akan ceroboh. Mereka benar-benar menimbang resiko sebelum mereka mengambil keputusan. Mereka sangat memahami bahwa kegagalan dalam mengambil keputusan itu lebih buruk dari pada melakukan perbuatan yang buruk.

Baca Juga : 11 Perbedaan Antara Orang Sibuk Dan Orang Produktif Yang Jarang Dipahami Oleh Orang Lain

Ada banyak cara untuk menjadi pemimpin yang baik, daftar di atas merupakan suatu hal yang baik untuk kamu ketahui. Jika dibandingkan dengan ciri-ciri di atas, daftar karakteristik pemimpin apa yang ingin kamu tambah?

Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar:

  1. 12 tipe pemimpin yang sempurna, andai saja bener-bener ada di dunia nyata ini :D

    BalasHapus