Tuesday 17 November 2015

9 Cara Berdamai Dengan Keadaan - Bagi Menantu Perempuan Yang Tinggal Serumah Bersama Ibu Mertua

Setelah menikah, biasanya pasangan muda memiliki pilihan tempat tinggal untuk melanjutkan kehidupan rumah tangga barunya. Bagi yang sudah mapan, tinggal di rumah sendiri pasti menjadi pilihan pertama. Jika belum punya, biasanya mereka akan mengontrak rumah. Alternatif lainnya adalah dengan tinggal bersama orang tua, baik orang tua sang suami maupun orang tua istri.

Namun, untuk beberapa kasus adakalanya pasangan muda harus tinggal bersama orang tua suami karena suaminya anak tunggal misalnya. Otomatis sang istri harus mengikuti langkah suami untuk tinggal bersama orang tua suami. Itu berarti menantu perempuan akan tinggal bersama mertua. Biasanya, ini menjadi problema tersendiri bagi sang istri karena ia harus merasakan "indahnya" berbagi cinta suami dengan ibu mertua. Dengan kata lain, cinta suami pasti akan terbagi, baik untuk istri maupun untuk ibunya.

Cara Berdamai Dengan Keadaan

Nah, jika tidak ditanggapi dengan positif, maka rawan sekali terjadi konflik di antara menantu perempuan dan ibu mertua. Masalah sepele pun bisa jadi runyam jika menantu perempuan tidak berusaha mengolah konflik yang terjadi. So, kamu butuh tips untuk berdamai dengan keadaan di rumah mertua supaya kehidupan pernikahanmu bisa langgeng tanpa ada perpecahan.

Kali ini Izwie punya tips yang wajib kamu simak. Selamat membaca!

1. Adaptasi: Selalu Butuh Waktu Untuk Menyesuaikan Diri di Tempat Baru

Seperti halnya saat kita sekolah, kuliah, kos, kerja, dan sebagainya, tempat yang baru kita tinggali pasti banyak ketidaknyamanan di sana. Berusahalah untuk beradaptasi dengan lingkungan rumah mertuamu, karena tanpa adaptasi kamu pasti tidak betah tinggal di sana. Memang berat dan butuh waktu, tapi bukan berarti tidak bisa, kan?

2. Anggaplah Beliau Sebagai Ibumu Sendiri, Dia Akan Menganggapmu Anaknya Sendiri

Mungkin tidak 100% benar, namun jika kamu bisa memposisikan ibu mertua bukan sebagai "orang lain" di sisimu, maka beliau pasti juga akan merasakan kasih sayangmu sebagai anak. Ia akan menganggapmu sebagai anaknya sendiri, sehingga hubungan kalian terasa sangat dekat. Seperti bukan lagi antara menantu dan mertua.

3. Jangankan dengan Ibu Mertua, Anak Kembarpun Pasti Ada Konflik

Konflik dalam rumah tangga itu biasa. Konflik dengan keluarga pasti selalu ada, bahkan antar saudara kembar! So, mencari solusi atau pemecahan dari konflik itu adalah yang utama. Jangan memperkeruh dengan emosi dan kemarahan berkepanjangan.

4. Kunci 1: Pahami Karakternya!

Kunci untuk meraih hatinya adalah dengan menyelami karakter ibu mertua. Sebagai menantu, kamu harus banyak mengalah untuk betul-betul memahami apa yang diinginkan oleh ibu mertuamu. Jangan lelah untuk mengetahui karakternya, karena dengan itulah kamu bisa berdamai dengannya.

5. Berpikir Positif, Semua yang Terjadi Pada Hidup Kita adalah Buah Pikiran Kita Sendiri

Bisa jadi, masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan kita timbul akibat prasangka buruk yang kita miliki. Solusinya, selalu berpikir positif (apalagi terhadap mertua) dan rasakan energi positif itu akan menjalar dan membuat hubungan kita dengan mertua jadi semakin baik.

6. Hormati Ibu Mertua, Tanpa Jasanya Suamimu Tidak Ada

Apabila kita tidak menyukai sifat dari ibu mertua, selalu tenangkan diri dan ingatlah bahwa kamu harus selalu menghormati ibu mertuamu. Tanpa jasa beliau yang mengandung, melahirkan, dan merawat anaknya, maka suamimu tidak akan ada seperti saat ini. So, hormatilah dia seperti kamu menghormati suamimu dan ibu kandungmu.

7. Kunci 2: Jangan Ragu Untuk Berbagi Kisah Dengannya

Banyak orang bilang jika menantu dan ibu mertua tidak bisa sedekat anak dengan ibu kandungnya. Namun, kamu bisa mematahkan anggapan tersebut dengan telaten mengajak ngobrol ibu mertua setiap hari. Bicara tentang apa saja, tentang keluarga, masa kecil suami, pekerjaan, resep masakan, sampai hal-hal sensitif pun bisa kamu bicarakan dengan ibu mertua. Ibu mertua akan merasa dihargai dan dibutuhkan sehingga ia tidak canggung untuk berbagi kisah denganmu.

8. Lakukan Tugas Rumah Tangga Serapi Mungkin, Hatinya Akan Melunak Dengan Usahamu

Hal ini mungkin sepele, namun berefek besar. Kerjakanlah tugas-tugas rumah tangga serapi mungkin. Bangun pagi, lalu kerjakan perkerjaan rumah seperti menyapu, memasak, mengepel, mencuci, dan sebagainya. Jika tidak bisa semuanya, cukup kerjakan sebagian asalkan bisa maksimal. Bahkan, jika kamu punya pembantu, tetap lakukan pekerjaan rumah agar hati ibu mertuamu melunak seiring dengan usahamu.

9. Berdoalah. Hanya Tuhan yang Mampu Memberi Keajaiban Setelah Semua Upaya Sudah Dilakukan

Jika semua usaha sudah kamu kerjakan namun kamu tetap tidak nyaman tinggal bersama mertua, berdoalah agar hatimu tenang. Doakan pula mertuamu supaya bisa berkompromi denganmu. Siapa tahu, dengan doamu Tuhan akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidupmu. Bersabarlah, tidak ada masalah yang tidak ada ujungnya.
TAGS
#Hubungan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: