Kamis, 05 November 2015

7 Cara Berdamai Dengan Rekan Kerja Agar Kamu Bisa Lebih Dihormati

Bekerja di sebuah instansi tidak hanya urusan mencari nafkah saja. Setiap hari kerja, kamu harus datang ke tempat kerjamu untuk melaksanakan beban tugas yang diberikan oleh atasan. Tentunya, kamu tidak bekerja sendirian. Sebagai karyawan, kamu akan bertemu dengan rekan-rekan kerjamu di kantor. Bagi yang bisa menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan rekan kerjanya, maka pekerjaan seberat apapun akan terlewati dengan mudah. Hal ini karena rekan kerja akan mudah bekerjasama dan membantumu menyelesaikan tugasmu.

Namun, apa jadinya saat kamu merasa tidak cocok dengan teman sekantor? Setiap hari, ada saja yang tidak pas di hati dan bikin cek cok. Sudah capek hati karena rekan tak mau kompromi, pekerjaan pun tersendat karena tak ada yang bisa diajak bekerja sama. Double deh, stress-nya! Hmm, kalau gini keadaannya, tentu kamu akan merasa tidak nyaman dan tidak betah di kantor. Tiap senin datang, yang ada kamu mengeluh habis-habisan menunggu weekend datang.

Baca Juga : 12 Hal Yang Harus Kamu Hindari Saat Berada Di Tempat Kerja

Hal ini nggak bisa kamu diamkan lama-lama, Guys! Harus ada penyelesaian agar kamu bisa bekerja dengan tenang tanpa ada "gangguan" semacam itu. Suasana kerja yang nyaman akan mendorongmu lebih produktif. Nah, Izwie punya beberapa cara buat kamu yang ining berdamai dengan rekan kerjamu. Dengan mempraktekkan 7 cara ini, kamu akan dihormati oleh siapa saja yang bekerja denganmu nantinya. Check this out!

1. Jangan Mudah Terpancing Emosi, Tenang adalah Kuncinya

Saat rekan kerjamu menyulut masalah atau mengatakan hal yang  memancing emosi, tarik nafas dalam-dalam dan berusahalah untuk menjawab ketegangan itu dengan nada bicara yang menenangkan. Ketenanganmu saat menghadapi masalah akan membuahkan keputusan yang bijak untuk membuat masalah tersebut cepat selesai.

2. Sebisa Mungkin, Hindari Memulai Konflik

Hindari membuat konflik! Teman kerjamu mungkin juga memiliki masalah yang sama peliknya denganmu. Jangan membuatnya marah atau emosi sehingga menyulut konflik di antara kalian. Ingat, damai itu lebih indah daripada terus bekerja dalam suasana tegang.

3. Mengalah Kadang Dibutuhkan, Untuk Melunakkan Hati "Musuh"

Siapa bilang mengalah itu kalah? Justru dengan mengalah, kamu akan memenangkan pertarungan. Rekanmu akan merasa bersalah sendiri dan dia bahkan akan meminta maaf tanpa diminta. Lunakkan hati lawanmu dengan mengalah. Mengalahnya untuk menang ya, bukan untuk ditindas terus-terusan.

4. Jaga Senyum, Kamu Mungkin Bisa Jadi Happy Virus di Kantor

 Cara berdamai dengan rekan kerja diawali dengan suasana nyaman dan tenang. Kamu bisa membawa virus bahagia (happy virus) dengan tersenyum dan tertawa setiap hari. Miliki sense humor yang baik, sehingga kamu bisa meredakan ketegangan yang terjadi di kantormu. Anggap saja kalian sedang bermain, jadi tidak terlalu stress memikirkan pekerjaan.

5. Berikan Perlakuan yang Menyenangkan Pada Mereka yang Menjahatimu

Trik lainnya menjadi agen perdamaian adalah memberikan perlakuan yang menyenangkan, meski kamu telah dijahati. Hal ini akan membuatmu jadi orang yang memiliki sikap ksatria dan disegani teman maupun rivalmu.

Baca Juga : 10 Kebiasaan Yang Bisa Membuatmu Lebih Dihormati

6. Balas Dendam Bukan Pilihan, Kamu Akan Mulia dengan Memaafkan

 Seperti di poin 5, apabila kamu dijahati, tidak lantas kamu harus membalas dendammu. Maafkanlah mereka dengan tulus, toh membalas dendam tidak akan menyelesaikan masalah malah akan memperpanjang masalah. Kematangan emosi dan kedewasaanmu sangat dibutuhkan di sini. Jadilah pemaaf!

7. Bekerjalah dengan Hati, Keikhlasanmu Akan Mengetuk Pintu Hati

Sesuatu yang dilakukan dengan hati, maka akan sampai ke hati. Saat kamu bekerja tim, selalu lakukan dengan hati ikhlas dan lapang dada. Tidak mengapa kamu tidak "tampil" di depan, kamu cukup bekerja dengan baik di balik layar. Tuhan tahu, siapa yang telah bekerja keras dan bekerja setulus hati. Kamu akan mendapat balasannya kelak.

Baca Juga : 11 Perbedaan Antara Orang Sibuk Dan Orang Produktif Yang Jarang Dipahami Oleh Orang Lain

Nah, itulah beberapa tips dari Izwie supaya kamu jadi betah dan nyaman di kantor tanpa berkonflik dengan teman sekerja. Semoga bermanfaat!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: